Connect with us

Locafest.co.id

[Review] Anime Movie: Bungaku Shoujo / Book Girl (2010)

Anime Movie

[Review] Anime Movie: Bungaku Shoujo / Book Girl (2010)

Lagi kangen anime movie dan nggak tahu lagi harus nonton yang mana, alhasil lari ke sebuah movie usang berjudul Bungaku Shoujo / Book Girl / Literatur Girl. Awalnya saya pikir ini movie akan menceritakan ihwal seorang gadis yang sangat menyukai buku, memang sih disini ada seorang gadis yang menyukai buku, tapi bukan ia tokoh utamanya, justru movie ini mengisahkan ihwal orang lain. Menarik.

Book Girl ialah anime movie yang rilis pada tahun 2010, diproduksi oleh studio Production I.G yang diangkat dari sebuah light novel berjudul sama. Movie berdurasi 1 jam 40 menit ini bergenre misteri, drama, romance, school. Director movie ini ialah Shunsuke Tada yang menggarap anime series Kuroko no Basket, Tsubasa Shunraiki, Starmyu dan lain-lain.

SINOPSIS

Bungaku Shoujo menceritakan ihwal Amano Touko, si gadis sastra yang sangat menyukai buku. Ia hobi membaca novel dan menjadi anggota satu-satunya klub sastra. Ia duduk di tahun kedua SMA. Tapi ada yang gila dengan gadis ini, ia memakan kertas, kertas dari novel yang ia baca. Menurutnya rasa kertas tiap novel itu berbeda-beda dan ia menyukainya. Hal ini tak sengaja dilihat oleh Inoue Konoha, siswa tahun pertama, ketika Touko memakan kertas di bawah pohon magnolia.

Untuk menjaga rahasianya, Touko memaksa Konoha masuk ke klub sastra. Meski ditolak tapi Touko tetap memaksanya masuk. Ia menciptakan Konoha menulis cerita-cerita pendek yang nantinya akan ia baca dan ia jadikan cemilan. Dan 2 tahun berlalu semenjak ketika itu. Sekarang Konoha sudah duduk di kursi kelas 2 Sekolah Menengan Atas dan Touko di kursi kelas 3 SMA. Konoha masih menulis dongeng untuk Touko sebagai cemilannya, meski kadang Konoha tampak tak bersemangat menulis.

Selain di klub sastra, kehidupan Sekolah Menengan Atas Konoha biasa-biasa saja. Ia bertemu kembali dengan sobat SMPnya Akutagawa yang mangkir sekolah beberapa usang alasannya ialah ibunya masuk rumah sakit. Kemudian seorang gadis penjaga perpustakaan yang menyukainya dan berusaha lebih bersahabat dengannya. Konoha sih tampak oke-oke aja dengan hal itu.

Tapi duduk masalah dimulai ketika klub sastra dikirim surat kaleng yang berisi sebuah gambar. Awalnya Touko berfikir itu ialah siswa yang tertarik menjadi member baru, tapi ternyata tidak. Bahkan sudah 5 kali mereka dikirimi surat yang sama dan gambar yang sama. Sampai alhasil mereka memergoki pelakuknya dan gadis itu menyampaikan ia hanya iseng, tapi rahasia si gadis menyampaikan kalau ia disuruh mengirim gambar itu oleh seseorang berjulukan Inoue Miu. Mendengar nama itu, Konoha sangat terkejut, ia kelihatan ketakutan.

Touko tidak percaya itu hanya perbuatan iseng, ia mengajak Konoha kemudian mencari arti gambar itu yang ternyata terdapat salam sebuah novel Miyazawa Kenji, Night on the Galactic Railroad. Dan perlahan-lahan kita mulai kembali kemasa kemudian Konoha yang bekerjasama dengan novel itu. Tapi mereka mengungkitnya sepotong demi sepotong.

Saat menjenguk gadis yang menyukainya di rumah sakit, Konoha bertemu dengan sobat masa SMP-nya Asakura Miu. Pertemuan ini mengubah kehidupan Konoha alasannya ialah ia dihantui rasa takut dan bersalah akhir bencana masa lalu. Pengirim surat bergambar itu ternyata ialah Miu, ia sudah usang meminta Akutagawa memberitahukan Konoha kalau ia kembali ke kota itu tapi akutagawa ternyata tak pernah mengatakannya pada Konoha.

Apa yang bergotong-royong terjadi?
Singkat cerita. Miu dan konoha dulu ialah sobat SD, Miu anak pindahan dan sulit bersosialisasi. Tapi Konoha bisa berinteraksi dengannya dan Miu menyukainya. Miu selalu punya khayalan dalam kepalanya alasannya ialah suatu ketika ia ingin menjadi penulis novel. Sementara Konoha selalu excited mendengarkan dongeng Miu. Mereka bersama hingga SMP. Suatu hari, ada perlombaan menulis novel, Miu dan Konoha ikut. Konoha menulis hanya untuk kesenangannya saja, tapi ternyata ia memenangkan perlombaan itu. Karena ketika itu penulis perempuan lebih diminati, jadi Konoha menyamar menjadi penulis perempuan berjulukan Inoue Miu. Konoha memberitahukan hal itu pada Miu dan malah menciptakan Miu kesal padanya. Miu mencoba bunuh diri dari atap sekolah alasannya ialah hal itu. Sejak igu ia menghilang dan dirawat alasannya ialah lukanya parah.

Pertemuan kembali tentu mengingatkan Konoha pada bencana masa lalu. Ia tidak mengerti kenapa Miu melompat ketika itu, apakah alasannya ialah ia memenangkan lomba atau bagaimana. Usut punya usut ternyata Miu sudah usang kehabisan materi dongeng untuk Konoha dan ia memalsukan karya Kenji Miyazawa, alasannya ialah itu Miu selalu melarang Konoha membaca novel Miyazawa Kenji. Saat mengikuti. lomba, Miu mengirimkan berkas kosong alasannya ialah ia tidak punya pandangan gres menulis, ia pikir mustahil anak Sekolah Menengah Pertama menjadi pemenang, tapi ternyata Konoha menang. Ia sangat membenci Konoha alasannya ialah hal itu.

Sekarang Konoha kembali padanya dan ia tidak mau melepaskan konoha. Selama ini Miu selalu mengancam siapapun yang mendekati Konoha, termasuk Touko. Miu akan menciptakan orang-oranf buruk di hadapan Konoha. Miu dulunya ialah anak dari keluarga broken home. Ia dibenci di rumah dan satu-satunya temannya ialah Konoha. Hanya Konoha yang mengakuinya. Karenanya ia tidak mau Konoha di rebut, oleh novel ataupun orang lain.

Konoha sendiri alasannya ialah rasa bersalah ia tidak bisa mengabaikan Miu. Apalagi ketika Miu mencoba bunuh diri untuk kedua kalinya dan meski ia selamat, Miu sengaja menabrakkan diri ke kendaraan beroda empat dan ia terluka lagi bahkan ingatannya kembali ke ingatannya ketika SD. Demi Miu Konoha berjanji akan selalu disampingnya. Konoha bahkan berhenti dari klub sastra dan bahkan berhenti sekolah. Teman-temannya tentu saja khawatir pada Konoha alasannya ialah mereka tahu kalau Miu hanya berpura-pura.

Pada alhasil yang menuntaskan duduk masalah mereka ialah Touko. Touko yang membantu Konoha untuk mencari tahu apa bergotong-royong harapan Miu, alasannya ialah Miu menyampaikan kalau ia sama dengan Campanella, jadi mereka mencari tahu apa sebebenarnya keinginan  Campanella kenapa keluar dari kereta malam itu. Touko bisa dibilang penyelamat Konoha sih ya, alasannya ialah ia selalu ada untuk Konoha. Saat Konoha ingin keluar dari klub, Touko menyampaikan kalau ia akan selalu menunggu Konoha. Cerita yang Konoha buat untuknya ia tak akan pernah melupakannya. Dan ia menunggu dongeng selanjutnya di novel buatan Konoha nantinya, meski Konoha menyampaikan kalau ia sudah berhenti menulis.

Ini movie seru banged. Meski saya nggak pernah membaca Night on the Galactic Railroad dan nggak tahu mengenai Giovanni dan Campanella, saya bisa mengikuti dengan baik alasannya ialah disini kita diajak melihat sedikit mengenai kisah Giovanni dan Campanella yang seakan-akan dengan Miu dan Konoha.

Awalnya saya pikir ini movie ringan, ternyata berat eui. Aku benciiiiiiii sebenci bencinya sama Miu. Aku sama sekali nggak kasihan dengan dia, bahkan meski masalalunya begitu, bahkan jikalau ia jadi baik di akhir, pokoknya saya benci banged. Ini pertama kalinya saya benci banged sama abjad anime movie. Puncaknya sih ketika ia menyampaikan kalau Konoha ialah anjingnya yang hanya boleh melaksanakan perintahnya. UGHHHHHHH.
Paling suka adegan cewek yang suka sama Konoha itu alhasil ambil tindakan dengan menyiram si Miu dengan air HAHAHAHHAHAHA rasain!

Tapu kalau nggak ada Miu ini anime nggak seru justru tokoh Miu disini paling kelihatan menonjol meski muncul di pertengahan. Aku benci banged sama Konoha pas ia mau berhenti sekolah biar cuma bisa 24 jam bareng Miu. HELLOOOOO.
Tapi maklum sih, Miu dua kali melaksanakan percobaan bunuh diri di hadapannya.

Ending movie ini menggantung banged. Nanggung. Tapi ya its okay, meski cuma kaki, kita tahu kalau cewek yang tiba ke rumah Konoha itu ialah Touko. Hanya saja saya nggak tahu apa pekerjaan Touko sehabis dewasa. Mungkin jadi editor kali ya. Dan Konoha tetap menulis novel dengan nama Inoue Miu, penulis wanita. Adiknya bahkan nggak tahu kalau Inoue Miu itu kakaknya.
Tapi saya agak ragu juga sih, alasannya ialah pas mereka Sekolah Menengan Atas kayaknya banyak yang menyangka kalau Inoue Miu itu ialah Miu. Jangan-jangan yang tiba ke rumah Konoha si Miu. ANDWEEEEEEEEEEE

Pokoknya ini movie seru. Wajib ditonton kalau berdasarkan aku. Karena memang anime movie itu jarang banged ya. Biasanya anime berseries sambungannya ke movie, jadi kalau nggak nonton seriesnya rasanya ga asik gitu, sementara beberapa orang malas nonton series, pengen sekali tamat aja wkwkkwkw.
Tapi anime ini ada OVA juga kalau nggak salah 3 episode, saya nggak tahu sambungan ini atau sebelum movie ini. Meski nggak nonton OVA-nya, movienya sendiri udah manis kok, nggak membingungkan.

Skor:

Story: 4/5
Cinematography: 4/5
Artwork: 3/5
Music: 3,5/5
Opening: 4/5
Ending: 2,5/5

Continue Reading

More in Anime Movie

To Top