Connect with us

Locafest.co.id

[Review] Anime Movie: Kimi No Na Wa / Your Name

Anime

[Review] Anime Movie: Kimi No Na Wa / Your Name

Makara kemarin iseng-iseng buka animekompi buat cari rujukan anime baru, alasannya ialah jujur aja belakangan ga ada anime yang menarik hati. Kangen pengen nonton makanya cari-cari info eh tiba-tiba mata melihat link ‘Kimi no Na Wa / Your Name’ udah ada aja. Tanpa pikir panjang eksklusif deh download.

Kimi no Na Wa? Apa itu?

Bagi kalian penggemar anime, saya yakin anime ini semenjak diumumkan menjadi animemovie yang paling ditunggu-tunggu. Iya ga?  Kalau saya iya banged!
Sejak pertama diumumkan, Kimi no Na Wa / Your Name sudah masuk dalam list anime movie yang HARUS saya tonton. Kenapa?
MAKOTO SHINKAI!!!!!!!!!

Siapa yang tidak kenal anime director satu ini? Bagi kalian penggemar anime niscaya mengenalnya. Dia ada dibalik anime movie yang mematahkan hati berjuta penggemar anime lewat 5 Centimetre per Second. Karya lainnya yang saya tonton antara lain The Garden of Words, Children Who Chase Lost Voices, The Place Promised in Our Early Days dan Dareka no Manazashi. Semuanya recomended banged!
Karena saya sangat menyukai karyanya dengan dongeng yang unik dan artwork yang indah, jadi dikala Kimi No Na Wa diumumkan, saya benar-benar bersemangat.

Kimi No Na Wa masuk ke bioskop Jepang pada Agustus 2016 dan menduduki puncak box office jepang (sampai artikel ini ditulis, sudah tayang ahad ke-4 dan masih ada di posisi no 1) mengalahkan movie-movie yang tayang bersamaan termasuk Aozora Yell yang sedang saya tunggu-tunggu hahahaahahahha.
Tidak hanya itu, rating MAL anime ini sangat mengesankan, 9,40! WOW!!!!
Bahkan mengalahkan FullMetal Alchemist Brotherhood, Gintama dan Steins Gate yang sudah ada diposisi puncak selama beberapa tahun ini! Hebat ga tuh?! Aku aja kaget banged. Kada admin animekompi sih, Kimi No Na Wa ialah anime dengan rating tertinggi sedunia.

Makin ingin tau donk, sebagus apa sih ceritanya kok sanggup eksklusif menduduki posisi 1 di MAL.
Makara tanpa membaca spoiler saya mulai menontonnya hari ini. Aku hanya spoiler dari teaser-teaser yang rilis, saya tidak membaca sinopsis singkat di manapun, supaya pengaruh kagetnya baiklah kan ya. kekekkeekkekeke.
Nah, ternyata memang tidak mengecewakan. Aku sangaaaaaaat menyukai anime ini *nangis*
Untung Makoto sensei tidak mengakhirinya menyerupai 5cm/s HAHHAHAHAHAHA.

Disini saya akan menciptakan review singkatnya dan mungkin akan ada spoiler ending LOL.

 
Once a while, when I wake up, I find myself crying, I can never recall, but there’s sensation that I’ve lost something, lingers for long time after I wake up.
I’m always searching for something, for someone.

Di awal anime, saya sedikit bingung, ini anime perihal apa dan bagaimana ceritanya. Tapi mengalir begitu saja, bahkan saya sanggup menebak apa yang terjadi selama 1/3 awal. Tukar Jiwa.

Miyamizu Mitsuha tinggal di desa Itomori bersama nenek dan adik perempuannya, Yotsuha. Ayahnya masih hidup tapi mereka memutuskan tinggal terpisah alasannya ialah ayahnya tidak mau menjadi penerus kuil sehabis ibu mereka meninggal dan malah terjun ke dunia politik. Mitsuha tidak menyukai hal itu.
Suatu pagi, Mitsuha terbangun sehabis bermimpi. Ia melihat badannya dan meraba payudaranya. Hal ini dilihat oleh adiknya dan adiknya mengerutkan kening. Sarapan menyerupai biasa, nenek dan adiknya menyampaikan jikalau hari ini Mitsuha terlihat normal.

Ia ke sekolah menyerupai biasa, dalam perjalanan ia bertemu dengan sahabatnya Natori dan Teshigawara/Tessie. Mereka melihat Mitsuha mengikat rambutnya menyerupai biasa dan di kelas juga Mitsuha kembali ke Mitsuha biasanya. Mitsuha sendiri gundah dengan tatapan dan perkataan Natori. Ia juga menemukan hal ajaib di bukunya, ia tidak ingat kapan ia menulis ‘who are you?’ di bukunya.
Masih dalam kebingungan membolak-balik buku, Mitsuha di panggil oleh guru dan ia berdiri. Guru menyampaikan jikalau hari ini Mitsuha normal alasannya ialah sudah ingat dengan namanya sendiri. Mitsuha gundah lagi.

Saat jam makan siang, Mitsuha, Natori dan Tessie bicara bertiga. Natori menyampaikan jikalau kemarin Mitsuha benar-benar aneh. Ia bahkan lupa kawasan duduk dan namanya, ke sekolah dengan rambut acak-acakan, pokoknya mereka merasa itu bukan Mitsuha.
Tessie bahkan menyampaikan jikalau Mitsuha menyerupai kerasukan sesuatu. Mitsuha tentu tidak percaya meski ia juga sangat bingung.

Sebagai cucu dari pemilik kuil, Mitsuha harus melaksanakan beberapa upcara ritual untuk kuil mereka. Malam itu ia dan adiknya melaksanakan upacara untuk menciptakan sake tertua di dunia dan beberapa orang yang lewat berhenti untuk menonton, termasuk Natori dan Tessie.
Melakukan tugasnya sebagai cucu pemilik kuil sangat berat baginya, meski ia tidak mengeluh. Tapi menyerupai malam itu, ia berteriak menyampaikan jikalau ia bosan dengan kehidupannya di desa dan berharap pergi ke Tokyo suatu hari nanti dan menikah disana.

Di kawasan lain di Tokyo, seorang anak pria terbangun jatuh dari kawasan tidur. Ia menatap kedepan, ia tidak berada di kamarnya. Ia merasa asing. Ia bahkan menyentuh anunya alasannya ialah merasa ada yang mengganjal dan melihat ke cermin. Ini bukan wajahnya.
Itu ialah Mitsuha yang terperangkap dalam tubuh seorang anak laki-laki. Meski diliputi kebingungan, Mitsuha berfikir itu hanya mimpi dan ia menjalani kehidupan anak pria itu, menyerupai ke sekolah dan bekerja sambilan juga. Ia menciptakan orang-orang disekitarnya kebingungan, orang itu mengenalnya dengan baik tapi ia tidak mengenal mereka. Teman-temannya mencicipi perubahan pada Anak pria yang berjulukan Taki itu. Taki yang mereka kenal gampang tersinggung dan perjaka banged berkembang menjadi feminin dan juga sedikit pemalu. Bahkan lupa nama, lupa dimana kawasan kerja paruh waktunya juga LOL.
Mitsuha berfikir ini mimpi dan mungkin akan segera berakhir, tapi sayang sekali, mimpi itu tidak berakhir sebelum malam tiba.

Saat tiba di rumah ia mengecek ponsel Taki dan menemukan diary disana. Taki ialah pria yang suka menulis diary harian di ponsel, jadi Mitsuha yang ada dalam tubuh Taki juga melaksanakan hal yang sama. Karena Taki menanyakan siapa dirinya, ia menulis namanya di telapak tangan Taki.

Saat semuanya kembali normal, masing-masing menemukan goresan pena di tangan mereka dan mereka memulai hari-hari normal mereka lagi. Tentu saja para sobat menjadi gundah alasannya ialah mereka kembali normal. Taki kembali menjadi Taki yang dulu dan menemukan hal-hal ajaib selama Mitsuha dalam tubuhnya, menyerupai diary dengan banyak emoticon, juga hubungannya dengan Okudera, senpai di kawasan kerjanya yang ia taksir menjadi lebih dekat, hanya saja ia harus mendapatkan bahaya dari senior lain yang juga naksir Okudera.

Mitsuha juga mengalami hari yang sama. Saat berdiri ia melihat goresan pena di tangannya, juga Yotsuha yang membangunkannya dan menyampaikan hari ini Mitsuha tidak memegang dadanya lagi LOL.
Ia ke sekolah dan melihat kenapa orang-orang memnadanginya. Natori menyampaikan jikalau kemarin Mitsuha sangat ajaib dan kita melihat flashback Mitsuha yang biasanya feminin menendang meja alasannya ialah beliau digosipkan dikelas.

Lalu Taki dan Mitsuha di kawasan masing-masing mulai menyadari jikalau selama ini, hal yang mereka alami bukanlah mimpi, melainkan kenyataan yang entah kenapa menciptakan mereka bertukar jiwa dikala mereka tertidur. Kejadian ini tidak terjadi setiap hari, tapi 2 kali seminggu dimana pertukarannya biasanya hanya sehari. Mereka tak sanggup berkomunikasi jadi mereka menulis aturan-aturan yang harus mereka lakukan selama pertukaran, pada dasarnya sih biar kehidupan mereka terlihat normal jadi jangan melaksanakan hal-hal yang aneh. Meski begitu masing-masing menolak alasannya ialah kepribadian orisinil mereka juga ga sanggup berubah. XD

Suatu hari, dikala Taki ada di tubuh Mitsuha, nenek mengajaknya ke suatu kawasan untuk mempersembahkan sake tertua buatan Mitsuha. Perjalanan sangat jauh, ke gunung. Dalam perjalanan, nenek menceritakan perihal musubi yang saya rasa ialah inti dari anime ini. Disini nenek menyampaikan jikalau itu nama tuhan pelindung desa tapi sanggup diartikan banyak hal. Salah satunya ialah pedoman waktu. Intinya semua yang terhubung. Aku kurang paham bab ini sih HAHAHHAHAHA.
Makara kawasan tujuan mereka itu di lembah bekas kawah gunung, dimana mereka meletakkan sake buatan Mitsuha disana.

Tiba-tiba keduanya terbangun keesokan harinya sehabis nenek menyampaikan pada Taki yang ada dalam tubuh Mitsuha jikalau ia sedang bermimpi. Taki meneteskan air mata dikala ia terbangun dan ia tak tahu kenapa.
Sama hal nya dengan Mitsuha, ia tiba-tiba meneteskan air mata dikala bersiap ke sekolah.
Hari itu ialah hari kencan Taki dan Okudera senpai yang diatur Mitsuha.
Selama berkencan, Taki tidak merasa tenang, padahal ia menyukai Okudera. Ia bahkan sempat berhenti dikala melihat sebuah lukisan yang menyerupai dengan pemandangan yang ia lihat dikala berada di tubuh Mitsuha.
Okudera tampaknya menyadari jikalau Taki yang hari ini berbeda. Ia menyampaikan jikalau ia menyukai Taki, ia bahagia alasannya ialah Taki lebih lembut dari biasanya, tapi Taki hari ini tidak menyampaikan jikalau TAki menyukainya.

Taki masih galau akan sesuatu. Ini menyerupai ia merindukan seseorang. Ia memutuskan menelpon orang itu Mitsuha. Tapi tidak pernah tersambung.

Sementara itu Mitsuha yang galau alasannya ialah Taki berkencan hari ini memotong rambutnya.
Ia terlihat menyerupai gadis yang patah hati. Tessie menyadarinya tapi Natori tidak yakin akan hal itu. Hari itu ialah matsuri di desa mereka dan semuanya berangkat melihat festival. Hari itu juga ialah hari yang sama dimana komet akan melintas di Jepang dan tentu saja warga desa juga ingin menontonnya.
Mitsuha dan sahabatnya menemukan kawasan yang anggun untuk melihat. Sangat indah, bahkan dikala kometnya terbelah, hal itu merupakan pemandangan yang indah, sangat indah. Sampai saya tahu jikalau itu ialah sebuah bencana.

“That days when starts came falling, it was almost as if a scene from a dream. Nothing more, nothing less than a beautiful views.”

Sejak hari itu, Mitsuha dan Taki tidak pernah bertukar jiwa lagi. Taki juga tidak tahu alasannya kenapa. Sebenarnya penulis sudah menyampaikan tanda-tandanya disini, alasannya ialah di Tokyo, kawasan Taki berdiri, kita tak melihat komet. Kita sudah diberi petunjuk jikalau waktu mereka berbeda.
Taki menjalani harinya menyerupai biasa. Sekolah, bekerja, pulang dan bergitu seterusnya. Ia mulai merindukan Itomori dan Mitsuha. Ia menggambar pemandangan yang ia ingat satu per satu dan hingga pada batas dimana ia tak sanggup menahannya, ia memutuskan mencari kawasan itu.

Ditemani oleh Okudera dan temannya Fujii yang tiba-tiba muncul di stasiun dikala ia akan berangkat, mereka mulai mencari desa Mitsuho. Masalahnya ialah Taki tidak tahu dimana dan apa nama desanya. Satu-satunya petunjuk yang ia pnya ialah gambar yang ia buat, ia hanya ingat pemandangan yang ada disana. Makara mereka benar-benar mencarinya seharian dengan susah payah, bertanya kesana kemari apakah ada warga yang tahu dimana letak desa itu.
Meski Fujii dan Okudera mengingatkan jikalau sanggup jadi itu hanya mimpi, tapi Taki tetap merasa pengalamannya selama ini bukan mimpi.

Saat mereka istirahat untuk makan malam, pemilik kedai ternyata tahu desa itu. Ia yakin jikalau itu desa Itomori dan perlahan Taki mengingat jikalau itu memang nama desanya. Tapi semuanya menjadi kebingungan. Taki menyampaikan kejadiannya 2/3 ahad lalu, tapi Itomori ialah desa yang sudah musnah/hancur 3 tahun kemudian alasannya ialah komet.
Untuk memastikan, mereka ke lokasi dan Taki terkejut desa memang sudah tidak ada lagi. 3 tahun lalu, dikala komet melintas dan pecah, pecahannya jatuh ke bumi dan memusnahkan desa, 500 lebih warga meninggal alasannya ialah peristiwa itu. Taki masih meyakinkan jikalau ia tidak bermimpi dan ia akan menunjukkan diari yang ditulis Mitsuha di ponselnya. Tapi diari itu semuanya menghilang. Teman-temannya meyakinkan Taki mungkin ia hanya bermimpi dan pemandangan desa yang ia ingat ialah dikala ia menonton isu komet itu.

Mereka kembali dan menginap disana. Mereka juga mengecek nama-nama korban komet itu dan Taki menemukan nama Mitsuha disana. Ia termasuk salah satu korban yang meninggal 3 tahun kemudian alasannya ialah komet itu. Meski begitulah kenyataannya, Taki masih tidak menerima. Malam itu dikala Taki masih tak sanggup tidur dan masih membaca dokumen untuk menemukan petunjuk, Okudera tiba menemaninya. Okudera melihat gelang yang digunakan Taki, gelang dari anyaman kain. Taki menyampaikan ia lupa ia sanggup dari siapa, tapi ia selalu memakainya sebagai jimat.
Ia juga menyampaikan pada Okudera jikalau seorang penganyam menyampaikan padanya jikalau benang ialah perwujudan dari pedoman waktu. Terurai, terhubung, kadang terurai, kadang terhubung lagi. Itulah yang disebut waktu. Lalu Taki teringat kawasan itu dimana mereka mempersembahkan sake pada dewa, ia berfikir untuk pergi kesana untuk menunjukan jikalau selama ini ia tidak bermimpi.

Taki pergi ke gunung sendirian dan berhasil mencapai kawah. Ada. Tempat itu masih ada. Selama ini ia tidak bermimpi. Ia memutuskan pergi ke gua dimana mereka meletakkan persembahan.
Ia menemukan sake Mitsuha disana, separuh jiwa Mitsuha ada disana. Ia mengingat musubi, dimana pedoman waktu terhubung dan berharap dengan meminum itu ia sanggup mengembalikan waktu.

Lalu apa yang akan terjadi?
Apakah Taki sanggup kembali ke masa kemudian dan mengembalikan waktu?
Apakah ia sanggup menyelamatkan Mitsuha?
Akankah mereka bertemu kembali meski waktu mereka berbeda?

 “I feel like I’m always searching for something, for someone.”

Anime ini sanggup dibilang cukup menegangkan lho. Aku sama sekali tidak menebak jikalau komet itu akan membawa bencana. Opening dimulai dengan komet dan bahkan di teaser dan poster, kometnya terlihat sangat indah. Ternyata malah membawa bencana.
Awlanya ku pikir ini akan menjadi movie menyerupai mencari diri dimasa kemudian alias reinkarnasi. ternyata salah HAHAHHAHAA.
Artwork-nya jangan ditanya deh. Meski saya masih menonton file dvdrip, keindahannya udah kelihatan, apalagi dikala bluray-nya nanti rilis, wih. Pokoknya harus download yang HD ini wkwkkwkwkww. Sayang untuk bluray masih harus menunggu 6 bulan lagi ya? HAHAHHAHAH.
Adegan komet dan langit malam benar-benar sangat indah. Desa Itomori juga. Scene memang lebih banyak di Itomori sih, alasannya ialah tokoh utamanya ialah Mitsuha.
OST-nya jangan ditanya deh! KEREN!
Aku suka semua OST dalam anime ini. Sedang dalam list untuk di download XD
BGM songnya juga indah lho. Aku suka mereka memasukkan OST di sela-sela menyerupai dikala Mitsuha dan Taki tahu mereka benar-benar bertukar jiwa, waktu berlalu dengan cepat dan mereka masukkan OST disana^^
Opening Song-nya juga baiklah punya. Pantes betah di bioskop nonton ini ya. Ga ada part yang boring, biasanya bakalan ada part dimana kita merasa boring jikalau menonton movie, nah ini ga ada sama sekali. Mata dimanjakan dengan artwork yang baiklah punya, sinematografinya juga keren! Khas Makoto Shinkai sih
Nah, meski semua orang memuji movie ini, pendapat saya pribadi masih ada kekurangan. Tapi ini just personal opinion aja sih. 
Pertama endingnya ada yang kurang. Ini hanya preferensi saya soal happy ending. saya menunggu lagi selesai berharap ada scene tambahan, ternyata nggak ada. Mereka hanya bertemu lagi dan berkenalan dengan nama masing-masing meski ga kelihatan juga sih LOL.
Aku pikir bakalan ada mereka kencan atau bagaimana. Tapi mungkin Makoto sensei ingin yang menyerupai ini, so baiklah lah ya XD
Bukan endingnya ga memuaskan sih, tapi lebih ke harapan pribadi ada ‘something’ gitu.
Kedua, alasan kenapa mereka bertukar jiwa. Ini saya yang nggak mengerti atau mungkin saya melewatkan sesuatu. Kenapa? Kenapa mereka sanggup bertukar jiwa dan kenapa mereka berdua yang dipilih?
Jika ini movie perihal reinkarnasi, maka hubungannya ialah alasannya ialah mereka punya masa kemudian yang belum terselesaikan atau lain sebagainya. Nah ini movie menunjukkan kekerabatan keduanya sehabis bertukar jiwa dan hingga selesai tidak dijelaskan kenapa mereka bertukar jiwa. Kenapa mereka yang dipilih dan apa alasan mereka bertukar jiwa?
Biasanya kan ada alasannya dan ini saya ga mengerti kenapa HHHAHAAHHAHAHA
Overall, story-nya udah keren banged sih. 
Ada juga bab dimana kita sanggup melihat flashback bagaimana Mitsuha menyampaikan jikalau ia menyukai Taki. Aku terkejut pada part itu, ternyata Mitsuha pernah sekali ke Tokyo untuk menemui Taki T_____T
Adegan yang paling saya sukai ialah adegan di puncak gunung. Ugh! Indah banged deh dikala mereka dari waktu berbeda di kawasan yang sama mencari satu sama lain, mereka sanggup mendengarkan bunyi masing-masing tapi tak sanggup melihat wujud masing-masing :’)
Saat mereka mencoba mengingat nama masing-masing itu juga membuatku tersentuh. Mereka mencoba tidak melupakan dan mengingat nama masing-masing tapi sayang sekali, meski mereka mencoba mengingatkanya, mereka karenanya melupakannya. Tapi ada bab di hati kecil mereka jikalau bekerjsama mereka merindukan sesuatu, mencari sesuatu dan mencari seseorang.
Adegan kereta api dan berselisih jalan 100% mengingatkan saya pada 5cm/s dan saya sempat takut banged! Bagaimana jikalau ini berakhir menyerupai 5cm/s? Meski itu selesai yang aktual tetap sama menyakitkan.
Dan untung saja Makoto Shinkai berbaik hati kali ini wkkwkwkww.
SKOR:
Story: 8,7/10
Artwork: 10/10
Music: 10/10
Character: 10/10
Opening: 10/10
Ending: 8/10

Continue Reading

More in Anime

To Top