Connect with us

Locafest.co.id

[Review] Anime Series: 3-Gatsu No Lion / March Comes In Like A Lion (2016)

Anime

[Review] Anime Series: 3-Gatsu No Lion / March Comes In Like A Lion (2016)

Waaah, rasanya sudah usang sekali semenjak terakhir saya menonton anime series, kapan ya terakhir? hehehhehehe.
Aku sempat menonton Orange anime, tapi nggak selesai, alasannya ialah waktu itu saya mengikuti-nya secara airing tapi alasannya ialah harus nunggu per minggu, saya karenanya menyerah. Rencananya sih nunggu tamat, tapi ternyata malah nggak tersentuh HAHAHAHA.
Nah, alasannya ialah itu, ada banyak anime yang menarik perhatian aku, tapi saya ingin menunggu hingga tamat dulu.
Salah satunya ialah anime ini, 3-Gatsu no Lion a.k.a March Comes in Like a Lion.


Sebenarnya, alasannya ialah manga-nya juga akan dijadikan live action movie, saya ingin menunggu live action-nya dulu gres menonton animenya, alasannya ialah menyerupai biasa, kalau baca manga or nonton anime dulu gres live actionnya, ‘biasanya’ ada kekecewaan tersendiri. Tapi ternyata saya malah download animenya dan nggak sabar buat nonton HAHHAHAHHAHA. Gara-gara animekompi nyediain batch-nya (langsung download 22 episode LOL).
Karena udah download, dan memang lagi pengen sesuatu yang fresh karenanya nonton deh animenya.
Awalnya, saya berfikir ini anime tipe slice of life biasa gitu, alasannya ialah di deskripsinya dikatakan si male lead yang nggak bersosialisasi hidupnya berubah sehabis bertemu dengan 3 abang adik. Makara saya pikir animenya akan menceritakan kehidupan si tokoh utama dan keluarga itu, slice of life gitu. Dan ternyata saya salah besar HAAHHAHAHAHAHA.
Memang sih ada slice of life-nya tapi sayang sekali jauh dari yang saya harapkan dan saya malah kecewa T_____T

Satu hal yang niscaya ialah bahwa saya sama sekali tidak mengerti dengan shogi. Makara sangat sulit mengikuti anime ini alasannya ialah hampir 80% mengenai shogi dan screentime 3 abang adik ternyata dikit bangeeeeeeeeeed. Kebanyakan adegan pertandingan shoginya hAHHAHAHAHAH. Alhasil saya yang nggak ngerti ya di skip skip bab itunya LOL.
Parah nih, itu pendapat pribadi saya aja sih, tapi terlepas dari itu, animenya asik, apalagi kalau adegan tokoh utama dan 3 abang adik.

3-Gatsu no Lion / Sangatsu no Lion / March Comes in Like a Lion ialah anime yang diangkat dari manga berjudul sama oleh studio Shaft yang tayang pada demam isu gugur 2016 sebanyak 22 episode. Anime yang ber genre game, slice of life, drama dan seinen ini, menceritakan wacana permainan shogi.
Alur anime ini ialah alur maju mundur, jadi awalnya saya pikir anime ini akan dimulai dengan pertemuan Rei dan 3 abang adik, tapi ternyata saya salah, dan ceritanya juga banyak flashback kehidupan Rei kecil yang diceritakan terpotong-potong selama 22 episode itu. Makara disini saya akan mencoba menceriatkannya secara berurutan, nggak sesuai dengan episode di animenya ^^

STORY

Rei Kiriyama ialah salah seorang pemain shogi muda yang menjadi pemain pro ketika ia masih duduk di dingklik SMP, dimana pada ketika itu hanya ada 5 orang yang menjadi pro diusia muda (yang duduk di dingklik SMP). Karena itu banyak yang memanggilnya si jenius / calon master masa depan. Meskipun permainan shogi Rei cukup hebat, tapi bukan berarti ia tak pernah kalah, pada dasarnya sih ia insan biasa gitu.
Rei duduk di dingklik Sekolah Menengan Atas ketika ini, tapi ia sudah bolos sekolah selama 1 tahun alasannya ialah pertama, ia malas kesekolah, ia nggak punya sahabat juga disana. Kedua, ia punya banyak sekali pertandingan setiap tahunnya.
Tapi semenjak bertemu dengan 3 abang adik keluarga Kawamoto, ia jadi ingin ke sekolah lagi.

Hmmmmmm, dimulai dari mana ya menceritakannya HAHHAHAHA.
Jadi, Ayah Rei dulu kalau nggak salah pemain shogi gitu, jadi Rei juga terpengaruh dengan bermain shogi. Ia suka bermain dengan ayahnya dan ia menikmatinya, melihat ayahnya berfikir serius untuk menang melawannya menciptakan ia tidak ingin kalah. Tapi suatu hari, ketika ia karyawisata, keluarganya mengalami kecelakaan. Ayah, ibu dan adiknya meninggal dunia.
Keluarga tidak ada yang mau merawatnya, mereka hanya memikirkan harta warisan dan bla bla bla. Saat itulah Rei bertemu dengan Kouda-san. Kouda ialah sahabat dan tentangan ayahnya. Kouda mengulurkan tangan padanya dan mengajaknya tinggal di rumahnya. Kouda mengangkat Rei menjadi anak dan membesarkannya menyerupai anak kandungnya sendiri. Ia tahu kalau Rei berbakat bermain shogi jadi ia makin menyukainya.
Hal itu mmebuat anak kandung Kouda jadi iri pada Rei dan tidak menyukai Rei. Saat pertandingan shogi tingkat dasar, Rei memenangkan peringkat pertama sementara anak Kouda-san, Kyoko dan Ayumu kalah oleh Rei.
Sejak itu, Ayumu menolak bermain shogi lagi sementara Kyouko benar-benar bergairah pada Rei, ia selalu mengejek Rei yang mengambil posisi anak kesayangan di keluarga mereka, murka para Rei yang memanggil ayahnya dengan ayah, pokoknya sih kalau saya lihat, pada dasarnya Rei dibully gitu, oleh Kyuoko.

Rei bekerjsama anak baik, ia mencoba tidak membebani keluarga Kouda dan ia melaksanakan pekerjaan rumah tangga menyerupai mencuci piring dan membantu membereskan rumah. Suatu hari ketika menonton TV, ia melihat seekor burung yang membawa sebuah telur ke sarangnya dan tentu saja jenis burung yang menetas berbeda dari induknya. Makin usang burung itu makin besar dan menguasai sarang, bahkan menjatuhkan telur si induk. Si induk tetap menyayangi burung itu dan memberinya makan, sehingga si anak burung tumbuh lebih besar dari induknya dan semakin usang seakan-akan si anak burung akan memakan induknya.
Disana Rei menyadari kalau ia terlihat menyerupai burung itu, ia membunuh belum dewasa Kouda (mengenai Shogi) dan lama-lama ia juga akan membunuh tuan Kouda sendiri. Disanalah ia memutuskan untuk mulai sangat serius dengan Shogi, memenangkan banyak pertandingan sehingga ia menjadi pemain shogi pro di usia sangat muda. Dengan keinginan sehabis uang terkumpul, ia akan keluar dari rumah itu dan hidup sendiri.
Pada ketika itu, dalam pikiran Rei adalah, kalau ia hidup sendiri, menghasilkan uang sendiri dan melaksanakan semuanya sendirian, maka ia akan cepat dewasa.
Dan begitulah ia keluar dari rumah dan menyewa daerah sendiri, dimana di rumah itu nggak ada perabotan sama sekali, hanya ada lemari dan futon.

Tapi nanti kita di beri hint oleh Akari kalau alasan Rei meninggalkan rumah ternyata bukan hanya alasannya ialah itu.

Dan Rei memulai hidup sendirian dimana hari-hari ia habiskan dengan latihan shogi di rumah. Untuk makanan, ia membeli di supermarket yang cukup jauh dari apartemennya, ia kebanyakan makan mi instant dan minum dari aqua botol.
Ia tidak ke sekolah dan fokus dengan pertandingan demi pertandingannya, dimana ia terlihat sangat serius tanpa tersenyum sedikitpun. Rei ialah anak yang sulit bersosialisasi.
Suatu hari, sehabis ia memenangkan pertandingan, ia diperas oleh para senior yang membencinya, mengajaknya ke kafe padahal ia masih 17 tahun, memaksa Rei minum-minuman keras dan meninggalkan Rei yang mabuk begitu saja.
Gadis yang bekerja di kafe itu melihat Rei yang mabuk di luar bar-nya dan membawanya pulang ke rumahnya. Ia tahu kalau Rei gres saja di peras oleh senior-seniornya dan ia merasa kasihan dan tak sanggup membiarkan Rei terlantar di luar.
Gadis itu ialah Akari KAwamoto, yang tinggal di rumahnya bersama 2 adiknya, Hina KAwamoto yang masih Sekolah Menengah Pertama dan Momo KAwamoto yang masih TK.
Dan disanalah Rei berkenalan dan bertemu dengan mereka.

Keluarga Kawamoto sangat baik padanya. Akari, Hina dan Momo tinggal bertiga dan diawasi oleh kakek mereka yang membuka toko manisan. Cucunya sering membantu di tokonya juga.
Mereka bertiga tidak punya orang tua, ibu dan nenek mereka sudah meninggal, tapi mereka tak pernah sekalipun membahas ayah mereka. Mereka bertiga sangat menyukai Rei dan sering meminta Rei makan di rumah mereka. Tapi bagi Rei, mereka ialah orang absurd dan rasanya tak yummy bila memanfaatkan kebaikan mereka. TApi Keluarga KAwamoto sering mengajaknya makan malam di rumah dan kadang justru memaksa Rei untuk makan disana, Rei kadang ingin membayar tapi tentu saja Akari menolak keras.
Dan begitulah, Rei menjadi dekat dengan keluarga Kawamoto, dimana ia merasa rumah keluarga KAwamoto menyerupai Kotatsu baginya, dimana sekali ia masuk, ia merasa sangat nyaman dan tak ingin keluar, tapi ia tahu kalau ia dihentikan melakukannya.

Adegan Rei dengan keluarga Kawamoto tidak terlalu banyak, mereka banyak menghabiskan waktu di rumah, makan bersama dan ngobrol bersama. Kadang Rei menginap juga disana, alasannya ialah ia sakit dan tak ada kabar jadi Akari dkk mengunjungi apartemennya.
Ada juga adegan Rei dan Nikaido yang mengajarkan Hina dan Momo untuk bermain shogi, Hina yang shock tahu kalau Rei ternyata sangat terkenal bahkan tampil di TV, alasannya ialah yang ia tahu, Rei itu ikut klub Shogi sekolah HAHAHHAHAHAHA.
Atau adegan dimana Hina yang menyukai seseorang di sekolah dan orang itu tertarik dengan Rei dan Rei mengajak ketemuan di rumah Hina dan menciptakan Hina kalang kabut. Atau Hina yang berusaha menyebarkan bekal untuk laki-laki itu tapi berakhir dengan tidak sanggup memberikannya.
Atau Hina yang belakang layar menangis sendirian alasannya ialah merindukan ibunya. Atau Hina yang merasa terganggu dengan adanya perempuan lain di kehidupan Rei.
Pokoknya saya menyukai adegan Rei dengan kekuarga Kawamoto, menghangatkan hati banged.

Tapi fokus anime ini ternyata ialah Rei dan shogi-nya.
Ada banyak pertandingan Shogi yang dilakukan Rei, melihat langkah yang ia ambil dan kebanyakan juga narasi anime ini ialah isi hati Rei.
Salah satu pertandingan yang berkesan berdasarkan saya ialah ketika Rei bertanding melawan Kai Shimada, dimana Rei tidak konsentrasi alasannya ialah ia sibuk memikirkan hal lain dan lama-lama ia menyadari kalau ia merubah contoh permainan dari menyerang ke bertahan dan ia bahkan tak menyadari kapan itu terjadi. Saat ia sadar, ia sudah meremehkan lawannya padahal Shimada-san ada di kelas A sementara ia ketika itu masih di kelas C.
Ia tentu saja kalah dalam pertandingan itu, daripada kecewa alasannya ialah kalah, ia lebih kearah aib alasannya ialah sudah meremehkan lawannya. Setelah pertandingan itu, ia menjadi anggota seminar dipelatihan shogi Shimada.

Karena di deskripsinya Rei ini sulit bersosialisasi, awalnya saya pikir semuanya nggak suka padanya dan ia tidak punya teman. Tapi ternyata, Rei itu dikelilingi oleh orang baik. Aku suka ketika Akari menasehatinya, jangan bilang kalau kamu hidup sendirian kalau masih ada orang yang mengkhawatirkanmu dengan tulus.
Mungkin Rei tidak menganggap mereka sebagai teman, tapi mereka menganggap Rei sebagai teman. Salah satunya ialah Nikaido, si gendut. Ia punya penyakit ginjal dan menganggap Rei sahabatnya + saingannya selamanya. Saat masih kecil, ia pernah bertanding dengan Rei dan ketika itu Rei sangat mengkhawatirkan Nikaido alasannya ialah ia kelihatan kepanasan alasannya ialah mereka bertanding dibawah terik matahari di demam isu panas di sebuah taman bermain. Karena kasihan dengan Nokaido yang sesak nafas, Rei kecil berusaha menuntaskan pertandingan secepat mungkin, tapi Nikaido selalu berusaha melawan dan melawannya sehingga Rei sadar kalau Nikaido sangat serius dengan pertandingan ini dan tak ingin kalah.
Setelah pertandingan itu, Nikaido sangat tertarik pada Rei dan karenanya ia sering tiba ke rumah Rei, bahkan menginap disana. Bagi Rei sendiri, Nikaido sangat menyilaukan, Nikaido tidak pernah ragu dan percaya diri kalau suatu hari ia akan ke puncak menjadi master Shogi. Sementara Rei sendiri bekerjsama termasuk anak yang tidak percaya diri, mungkin alasannya ialah ia punya banyak pikiran kali ya. atau alasannya ialah terlalu memikirkan sesuatu.
Teman yang lainnya dari persatuan shogi ada Smith, Shigeta, Issa, Yasui, Yokomizo dan lain-lain.

Yang menarik bagi saya + yang paling mengesalkan ialah Kyouko Kouda. Dia ialah abang tiri Rei. Dulu Kyouko sering membully Rei dengan kata-katanya dan ternyata sehabis Rei pindah rumah, ia masih melaksanakan hal yang sama. Karena Rei orang baik, ia selalu membukakan pintu untuk Kyouko.
Kyouko ini selalu tiba kalau Rei akan bertanding di pertandingan penting dan mulai mempengaruhi Rei untuk mengalah, dengan menyampaikan kalau lawannya akan pensiun lah setidaknya beri kemenangan atau lawannya yang menjadi emosional kalah murka dan sering mengacaukan rumah.
Rei tentu saja juga kepikiran dengan hal itu, tapi untung saja, ia bukan orang yang mau mengalah begitu saja.

Awalnya saya benci banged sama si Kyouko ini, tapi usang kelamaan sebenci apapun saya sama dia, kayaknya saya nggak sanggup mengabaikannya alasannya ialah Rei bekerjsama menyayanginya. Kyouko sendiri jatuh cinta pada Gotou, seorang pemain shogi kelas A yang pernah memukul Rei. Gotou sendiri sudah menikah tapi Kyouko tidak peduli. Ia membisu diam mengikuti Gotou terus dan hanya Rei yang tahu, jadi Rei merahasiakannya dari keluarga Kouda.
Dan pada karenanya saya tahu kalau Rei bekerjsama ada rasa sama Kyouko ini, ketika Akari menyebutkan kalau mungkin alasan Rei keluar dari rumah juga alasannya ialah gadis itu.
Dan secuil kenangan Rei ketika kecil, meski Kyouko jahat padanya tapi Kyouko bahkan pernah memberi payung pada Rei ketika hujan. Makara saya bingung, ini cewek baik nggak sih.
Di Live Action, yang akan memerankan karakternya ialah KAsumi Arimura dan saya pikir pas banged LOL

Di anime ini juga diceritakan kehidupan sekolah Rei. Melihat Hina yang bersemangat berangkat sekolah membuatnya ingin ke sekolah juga, meskipun di sekolah ia sama sekali tidak punya sahabat dan selalu makan sendirian.
Tapi guru wali kelasnya selalu perhatian padanya dan menjadi sahabat curhat Rei, meski Rei juga kesal padanya alasannya ialah sering menganggu Rei. Aku suka ketika gurunya bertanya kenapa Rei memutuskan kembali ke SMA-nya, mustahil hanya untuk makan sendirian di atap kan?
Rei bahkan tidak mengeryi kenapa ia kembali ke sekolah sehabis 1 tahun absen. Tapi Gurunya selalu membantu Rei untuk bersemangat dan ketika semester baru, ia bahkan mendirikan klub shogi untuk Rei dengan bergabung dengan klub apa sih namanya, penelitian kimia? HAHHAHAHA.

Sayang sekali disini nggak ada kisah cinta HAHAHAHHAHAHAA
Mungkin nanti di season 2, alasannya ialah Season 1 ceritanya masih mengambang. Rei sih kayaknya suka sama Kyouko. HIna masih suka sama temannya tapi kayaknya mulai suka sama Rei. Atau suka dalam hal lain? Hhehehhehehe.
Well, ini anime bukan romance sih ya.
Tapi animenya asik kok ^^

CAST:

Rei Kiriyama (seiyuu: Uchiyama Yumi)

Pemain pro shogi, yang mendapat gelar pro-nya ketika ia masih SMP. Sekarang ia 17 tahun dan duduk di dingklik SMA. Ia tinggal sendirian, mencari nafkah sendirian dan melaksanakan semuanya sendirian. Ia tipe yang tidak sanggup menolak ajakan orang lain. Baginya shogi ialah segalanya, ia tidak punya hal lain selain shogi alasannya ialah itu ia selalu berusaha menang disetiap pertandingannya, well, bukan berarti selalu ia menang juga.
Ia tidak cendekia berkomunikasi dengan orang lain, ia termasuk anak yang kaku. Ia bekerjsama dikelilingi oleh banyak orang yang menyayanginya tapi ia sellau berusaha menjaga jarak. Ia bertemu dengan keluarga Kawamoto secara tidak sengaja dan menjadi bab dari keluarga mereka. Ia sering menghabiskan waktu bersama keluarga Kawamoto dan mulai merasa nyaman dengan mereka. Tapi menyerupai biasa, ia masih menjaga jarak dengan mereka. Mungkin menurutnya ia dihentikan terlalu nyaman dengan mereka.

Setelah keluar dari rumah keluarga Kouda, ia tinggal sendirian di apartemennya yang kecil dan kosong. Kalau nggak salah, ketika episode 1, yang ada di apartemennya hanya futon, lemari dan papan shogi. Tapi usang kelamaan, barang mulai bertambah. Aku merasa kalau rumah rei ini menyerupai hatinya, awalnya kosong dan mulai terisi.
Sampai episode terakhir sih tampaknya tambahannya ialah sofa dan futon besar yang dibawa oleh Nikaido dan gorden kali ya. Kulkas udah ada belum sih di episode 1 HAHHAHAHAAH. Lupa.

Anime ini banyak membahas dirinya dan perubahan yang terjadi dalam dirinya, dari belum dewasa dan selangkah demi selangkan menjadi dewasa.

Kawamoto’s Family

Akari Kawamoto (seiyuu: Kayano Ai) – Dia ialah anak sulung keluarga Kawamoto dan menggantikan tugas ibu di rumah itu. Ia sangat cendekia memasak. Ia sangat baik dan tidak tahan kalau melihat sesuatu yang hidup di terlantarkan di jalan, termasuk REi ketika itu HAHAHHHA. Ia sering memungut kucing liar juga, makanya di rumahnya banyak kucing. IA bekerja 2 kali seminggu di kafe milik bibinya dan menjadi sangat terkenal di kalangan pelanggan, juga di persatuan shogi, tapi mereka nggak tahu kalau Rei dekat dengan Akari, kalau hingga ketahuan, habislah Rei LOL.Ia bekerja sambilan di kedai kakeknya, menciptakan manisan. Disanalah ia mendapat uang. Meskipun terlihat kuat, Akari bekerjsama hanya gadis yang lemah. Merawat dua adiknya menciptakan dirinya dihentikan terlihat lemah dihadapan mereka. Aku suka adegan ketika Hina, Momo dan kakek terjangkit flu alasannya ialah tertular oleh Rei yang sudah hampir sembuh, Rei meminta maaf dan berterima kasih alasannya ialah sudah merawatnya tapi Akari menyampaikan ia yang harus berterimakasih alasannya ialah Rei ada disini bersamanya, kalau mustahil ia akan menangis seharian merawat keluarganya.
Akari benar-benar gadis yang manis dan berjiwa keibuan.

Hinata Kawamoto (Seiyuu: Hanazawa Kana) – Puteri kedua keluarga Kawamoto, ia masih duduk di dingklik SMA. Kepribadian yang sangat ceria dan bersemangat. Ia menyukai anggota tim baseball sekolah mereka yang dulunya ialah sahabat SD-nya, Takahashi Yusuke dan bahkan ingin menyebarkan bekal ketika pertandingan, tapi karenanya ia tak sanggup memberikannya, untung ia tak memberikannya alasannya ialah rasanya sangat mengerikan.
Takahashi ternyata tertarik dengan Rei dan mengajak Rei berdiskusi lain kali, jadi mereka memakai rumah Hinata sebagai daerah berdiskusi yang menciptakan Hinata kepanasan alasannya ialah gugup. Belakangan Hina melihat Rei bersama seorang gadis dan ia tidak menyukai gadis itu. Saat tahu kalau gadis itu ialah abang tiri Rei, Hina tiba-tiba menjadi sangat bahagia heheehehe. Tapi Akari malah kahwatir sih hehhehe.
So, Hina mungkin suka sama Rei? Who know. Aku cuma harap Hina cepat lulus Sekolah Menengah Pertama dan masuk ke Sekolah Menengan Atas yang sama dengan Rei XD

Momo Kawamoto (seiyuu: Misaki Kuno) – Paling imut dan menjadi moodmaker di anime ini. Aku suka banged setiap kali scene Momo, kawaiii bangeeeeeeeeeed!!!! Dia anak bungsu keluarga Kawamoto dan sangat menyukai Rei. Ia sering bermain dengan para kucing di rumah. Ia memanggil Kyouko dengan penyihir dan takut padanya HAHAHAHHA. Ia sangat menyukai Nikaido, alasannya ialah NIkaido bundar menyerupai Tottoro HAHAHAHA.

Someji KAwamoto (Seiyuu: Chiba Shigeru) – Kakek Kawamoto bersaudara. Ia sering mampir dan main ke rumah Akari dkk. Ia membuka toko manisan (kayaknya bukan manisan sih, apa namanya ya pokoknya masakan tradisional jepang). Ia sangat menyayangi para cucunya dan bekerjsama menentang Akari bekerja di bar.Tapi Misaki, bibi Akari menyampaikan ia sengaja mempekerjakan Akari di kafe alasannya ialah kalau ia trus di rumah, Akari akan menjadi ibu-ibu hingga bau tanah nanti. Akari perlu udara segar dan berkenalan dengan orang lain. Tentu saja Bibi akan menjaga keselamatan Akari di bar, ia akan membunuh orang yang menyentuh keponakannya hehehhe.

Kouda’s Family

Masachika Kouda (seiyuu: Ookawa Tooru) – Dia ialah sahabat ayah Rei dan mengangkat Rei menjadi anaknya sehabis melihat keluarga Rei menolak merawatnya. Ia sangat menyayangi Rei menyerupai anaknya sendiri tapi bukan berarti ia tidak menyayangi anak kandungnya sehabis Rei masuk ke keluarga mereka. Sebenarnya ia memperlakukan mereka sama, tapi bagi Kyouko dan Ayumu, ayahnya menyerupai menganakemaskan Rei hanya alasannya ialah Rei lebih cendekia bermain shogi daripada mereka.
Setelah Rei pindah, ia selalu mengkhawatirkan Rei meski Rei menyampaikan ia baik-baik saja. Kouda-san tidak tahu kalau Kyouko jatuh cinta pada Gotou, salah satu muridnya dan berfikir selama Kyouko tidak ada dirumah, Kyouko tinggal bersama Rei. Rei kadang harus berbohong juga mengenai hal itu. Di episode 1 sendiri kita melihat kalau Rei mengalahkan ayah angkatnyanya dalam sebuah pertandingan.

Kyouko Kouda (seiyuu: Marina Inoue) – Baginya, dalam keluarganya shogi ialah yang paling utama, karenanya ia selalu berusaha bermain dengan baik. Tapi semenjak Rei tiba ke rumah mereka, ia merasa terancam. Ia memukul Rei ketika ia kalah dalam bermain shogi dan membuatnya di kurung diluar oleh ayahnya, semenjak itu, ia berfikir kalau ayahnya pilih kasih, padahal ayahnya hanya ingin memberinya pelajaran alasannya ialah dihentikan memukul lawan hanya alasannya ialah kalah.
Ia ialah anak yang keras kepala, ia selalu membully Rei dengan kata-katanya, bahkan sehabis Rei keluar dari rumah. Mungkin Rei ialah pelarian baginya, ia hanya sanggup menyampaikan hal kejam pada Rei seorang. Ia menyukai Gotou, murid ayahnya yang sudah menikah dan tinggal di rumah Gotou alasannya ialah istri Gotou sedang di rumah sakit. Tapi belakangan Gotou muak padanya dan meninggalkannya.

Ayumu Kouda – Kita hanya sanggup melihat ia ketika kecil, versi dewasanya tidak muncul. Dia menyukai shogi tapi semenjak kalah oleh Rei, ia berhenti bermain shogi. Ia bahkan tak tertarik dengan apapun lagi dan menghabiskan waktu di kamar menonton TV.

Perkumpulan Seminar Shogi Shimada

Kai Shimada (seiyuu: Shinichiro Miki) – Ia ada di level A. Ia bertanding dengan metode menyerang ketika melawan Rei. Ia tahu Rei menganggap remeh dirinya dan pada karenanya ia menciptakan Rei sadar. Ia tertarik pada Rei dan mengajaknya ikut perkumpulan shogi mereka dimana di perkumpulan mereka akan membahas taktik sekaligus latihan. Ia ialah lawan dari master shogi ketika ini dan sudah beberapa kali berhadapan dengan master shogi tapi tidak pernah menang. Ia bekerjsama gugup banged kalau harus bertanding di final memperebutkan gelas master, bahkan ia hingga skait perut saking gugupnya.
Pada karenanya ia kalah dan akan berusaha lagi lain kali. Ia ialah guru yang baik dan menurutku ia akan banyak membantu Rei nantinya.

Nikaido Harunobu (Seiyuu: Okamoto Nobuhiko) – Anak keluarga kaya. Ia mengalami gagal ginjal dan sering masuk rumah sakit. Satu-satunya penghibur baginya ialah shogi dan ia sering latihan di rumah sakit. Karena itu ia sanggup menang dengan gampang dalam pertandingan dan ia menganggap lawannya sangat lemah alasannya ialah kurang latihan, hingga ia melawan Rei dan Rei mengalahkannya. Rei membuatnya sangat bersemangat dalam bermain shogi dan sanggup dikatakan, dengan adanya Rei sebagai saingannya, ia menjadi lebih baik. Tntu saja tujuannya ialah emngalahkan Rei, tapi tujuan besarnya ialah mengalahkan master shogi. Rei sendiri menyampaikan kalau masih terlalu cepat bagi mereka, mereka masih di level C, tapi Nikaido orangnya berfikiran positif dan ia yakin duatu hari nanti ia akan menggapainya.
Nikaido yang selalu percaya diri kadang mempengaruhi Rei yang tidak percaya diri. Nikaido menganggap Rei sahabatnya meski Rei tidak. Ia tak peduli dan terus mendekati Rei, bahkan menginap di rumahnya dan makan bersama keluarga Kawamoto.

Shigeta Morio (seiyuu: Tsuda Kenjiro) – Aku nggak tahu banyak wacana dia, tapi yang terang ia ialah lawan sejati Nikaido, mereka berdua sering bertengkar. Wajahnya selalu terlihat kalau ia sedang marah, tapi itu ialah wajah normalnya HAHAHHAH.

Hayashida Takahashi (seiyuu: Sakurai Takahiro) – Guru walikelas Rei ketika kelas 1 SMA. Ia sangat menyayangi Rei, tentu saja dengan caranya sendiri. Ia sering mengejek Rei yang selalu makan sendirian, tapi ia selalu menemani Rei dan menjadi sahabat curhat Rei mengenai aneka macam masalah. Ia sangat ingin Rei punya teman, karenanya ketika Rei kelas 3, ia tidak menjadi wali kelas lagi, dan supaya sanggup terus mengawasi Rei, ia membentuk klub shogi di sekolah.

Niguchi Eisaku (seiyuu: Yuji Ueda) – Anggota klub penelitian kimia (?) di sekolah. Hayashida sensei memperkenalkan Rei dengannya ketika Rei harus menulis laporan ilmiah untuk menutupi nilainya yang kurang. Hayashida 1 tingkat di atas Rei, meskipun wajahnya bau tanah dan berkumis. Ia terlihat bersahabat dan cepat bersahabat dengan Rei. Rei juga nyaman dengannya. Saat kenaikan kelas, anggota klub Niguchi tidak mencukupi batas anggota klub (minimal 5 orang) alasannya ialah para senior sudah lulus dan klub mereka terancam bubar. Hayashida kemudian memberi wangsit untuk menggabungkan klub shogi yang anggotanya cuma 2 orang dan klub penelitian Niguchi.

Takahashi Yusuke (seiyuu: Hosoya Yoshimasa) – Teman Hinata semenjak kecil, tapi mereka sudah jarang bersama semenjak masuk Sekolah Menengah Pertama alasannya ialah Takahashi sibuk dengan klub-nya. IA masih Sekolah Menengah Pertama tapi tubuhnya besar dan tinggi. Ia mengagumi Rei dan sering bertanya trik bermain shogi yang sanggup ia gunakan sebagai pelajaran untuk latihan baseball-nya.

Other Casts

Touji Souya (seiyuu: Ishida Akira) – Master shogi yang tidak terkalahkan. Ia mendapat gelas master dengan usia termuda. Ia selalu memperlihatkan lisan yang sama. Ia terlihat menyerupai orang yang sulit didekati. Rei sendiri tidak pernah bicara dengannya, tapi ia pernah berselisih dan bahkan tak menyadari Souya ada disampingnya. Di season 1, kita belum tahu banyak wacana Souya, saya pikir ia akan menjadi lawan berat Rei nantinya.

Gotou Masamune (Seiyuu: Touchi Hiroki) – Pemain shogi level A. Ia tidak menyukai Rei dan selalu memperlihatkan wajah permusuhan dengan Rei. Rei juga tentu saja tidak menyukainya. Aku masih belum tahu alasan kenapa ia memukul Rei waktu itu. Ia memanggil Kyouko dengan sebutan stalker dan ia sudah muak dengan Kyouko meski Kyouko sangat mencintanya.

Misumi Tatsuyuki (seiyuu: Sugita Tomokazu) – Dia cukup bersahabat dengan Rei. KAlau nggak salah ia dipanggil Smith di perserikatan shogi. Ia memungut seekor kucing dan diberi nama Ichigo, semenjak itu ia terobsesi dengan Ichigo. Orang-orang berfikir kalau Ichigo it ialah pacar Smith HAHAHHAAH, termasuk Rei alasannya ialah Smith kelihatan lovey dovey dengan Ichigo.

Hanaoka – Pelayan Nikaido. Ia selalu tiba menjemput Nikaido dimanapun dan kapanpun. Ia sangat setia pada tuannya. IA selalu menyiapkan hadiah bagi orang-orang yang dekat dengan Nikaido.

Matsumoto Issa – salah satu pemain shogi. Sepertinya ia pernah melawan Rei. Aku lupa hahahaha. IA dekat dengan Smith dan menjadi sahabat Rei.

Matsunaga Shouichi – pemain shogi veteran yang akan pensiun. Ia pernah melawan Rei. Saat itu Kyouko mempengaruhi Rei untuk kalah sebagai hadiah pensiun Matsunaga-san. Tapi pada karenanya Rei memenangkan pertandingan dan itu menciptakan Matsunaga sadar kalau ia tidak sanggup melepaskan shogi. Ia akan terus bermain alasannya ialah ia menyayangi shogi.

Yokomizo Okuyasu – pemain shogi, tampaknya ia pernah melawan Rei, atau Smith ya? Aku lupa HAHHAHAAHAH. Dia tampaknya sering ikut berkumpul membahas pertandingan juga.

Junguuji Takanori – Sepertinya ia kepala klub shogi. Ia suka jalan-jalan dan berkelana, terakhir ia memancing dan pulang membawa ikan besar. Ia menyukai Rei dan baik padanya. Dia satu-satunya yang tahu kalau Rei dekat dengan Akari-chan yang terkenal dikalangan pemain shogi.

Tsuji Takeshi – pemain shogi yang pernah melawan Rei. Ia kelihatan agak narsis HAHHAHA.

Oke, itu ia sekilas review wacana anime 3-gatsu no Lion yang gres saja tayang dan menarik perhatianku. Seperti yang saya katakan, ini anime banyak permainan shoginya, alasannya ialah tokoh utama kita memang pemain shogi sih. Jadi, kehidupan di klub shogi banyak di tampilkan. Meskipun saya kecewa alasannya ialah adegan dengan keluarga Kawamoto nggak sebanyak yang saya harapkan, tapi anime ini bikin ingin tau banged lho.
Aku sudah cek season 2-nya akan tayang demam isu gugur 2017, huhuhuhu masih lama, sekitaran Oktober nanti. Dan saya sangat menantikan season 2 nya. Why?

Makara ceritanya, saking penasarannya dengan kelanjutan anime ini, apalagi galau mengenai kisah cinta si Rei, saya memutuskan membaca manganya HAHAHHAHAHHA. Sayang sekali ternyata manganya belum tamat ya, dan saya excited banged dengan season 2 alasannya ialah sesuatu yang saya harapkan terjadi HAHAHAHHAHA.
Di season 2 nanti akan ada banyak adegan Rei dan keluarga Kawamoto dan bagaimana Rei berubah dari anak laki-laki berwajah murung menjadi laki-laki yang cukup sampaumur untuk melamar seseorang LHAHAH

Aku spoiler dikit ya, jadi di season 2 nanti, Rei akan naik peringkat ke B-1. Ia juga sempat melawan master Saoya, menjadi kandidat King selanjutnya. Ia mengetahui rahasia masa kemudian Souya juga dan ternyata Rei sama sekali tidak tahu kalau Nikaido itu sakit-sakitan, jadi ia shock ketika tahu Nikaido pingsan di pertandingan dan mengetahui mengenai penyakit Nikaido. Hal itu memotivasi ia untuk memenangkan pertandingan, tapi tentu saja pada karenanya ia kalah. Wew, lawannya Souya gitu lho.

Tapi yang menciptakan saya ingin tau ialah Rei dan Hinata. Di season 2 nanti, kita akan melihat bagaimana Rei menyadari perasaannya pada Hina. Tapi jangan khawatir, romance-nya nggak hiperbola sama sekali, tapi terasa banged feel-nya. HIna di bully di sekolah dan ia merasa tersiksa tapi itu tidak membuatnya berhenti ke sekolah, ia ingin menghadapinya dan memperlihatkan seberapa berat ia dibully, ia tidak akan berhenti sekolah. Hal ini jugalah yang menciptakan Rei juga ingin lebih berjuang lagi untuk memenangkan pertandingan. IA menyadari kalau selama ini Hina selalu ada ketika ia kesulitan dan disisinya, alasannya ialah itu kali ini ia ingin membalasnya. Rei tidak pernah menyampaikan ia menyukai Hina, tapi kita tahu dari tindakannya dan bagaimana ia menarasikan dalam hatinya, kalau ia benar-benar menyukai gadis itu dan menentukan gadis itu sebagai satu-satunya untuknya.

Adegan yang paling saya sukai ialah sekolah Hina karyawisata di Kyoto dan Rei ada pertandingan di kota sebelah, selesai pertandingan ia pribadi berangkat ke Kyoto dan menemui Hina. OMGGGGG!!! Disana Rei menyadari kalau cintanya sudah terlalu besar pada gadis itu huhuhuhuhuhuhu. Karena ia khawatir Hina akan menangis sendirian alasannya ialah tidak punya teman.

Hina nantinya berjuang masuk ke Sekolah Menengan Atas yang sama dengan Rei dan ia berhasil. Ia memotong rambutnya ketika merelakan cinta pertamanya, Yuusuke. Ia menjadi lebih imut dan dewasa. Di  manga ada adegan ayah Kawamoto bersaudara tiba dan ingin tinggal satu rumah dengan mereka dan Rei benar-benar melindungi keluarga KAwamoto. Ayah mereka kesal alasannya ialah Rei orang luar dan Rei menyampaikan kalua ia bukan orang luar alasannya ialah ia punya niat untuk menikahi HInata suatu hari nanti. KYAAAAAAAAAA. Rei melamar Hinata secara tak pribadi di depan semua anggota keluarga, ia bahkan belum menyampaikan pada HIna secara pribadi jadi HIna shock donk ya HAHHAHAHAHA. Pokoknya ngakak banged deh, saya suka banged Rei sama sekali tidak bercanda ketika menyampaikan hal itu. Aku awalnya berfikir mungkin untuk melindungi keluarga KAwamoto makanya ia menyampaikan hal menyerupai itu, tapi hingga selesai ia yakin dengan keputusannya dan tampaknya hatinya memang untuk Hina.

Aaaaaaaccccckkk, makanya saya nungguin banged season 2.
Ada banyak hal yang menciptakan doki-doki di season 2. Tapi saya nggak tahu sih ya, hingga dimana mereka akan memotong season 2 nanti. Tapi saya harap sih semuanya dimasukin aja wkwkkkwkw.
Untuk season 1 sendiri, mereka mengambil sekitar 40an chapter di manga (kalau nggak salah ya, sekitar segitu). Sedangkan manga yang sudah di sub english sendiri ada 126 chapter, terakhir saya baca hingga disitu hehehehehe.

 

Story: 4/5
Sebenarnya anime ini sangat menarik, tapi alasannya ialah saya nggak ngerti dan nggak tertarik dengan shogi, jadi saya agak sulit mengikutinya.
Mungkin alasannya ialah ekspektasi awal saya ialah slice of life semacam kehidupan Rei dan Kawamoto bersaudara, tapi mereka malah lebih banyak menampilkan pertandingan shogi, jadi saya agak kecewa HAHAHHAAHHA.
Aku berharap di season 2 ada lebih banyak adegan keseharian Rei di sekolah dan di rumah keluarga Kawamoto. Tapi tampaknya akan sulit, alasannya ialah Rei sendiri menyampaikan kehidupan pemain shogi ialah bertanding dan latihan, jadi memang banyak bertanding dan latihannya HAHAHAHAA.

Artwork: 5/5
Aku suka banged sama artwork anime ini. Salah satu anime favorite saya ialah Honey and Clover, mangaka yang sama dengan 3 gatsu no lion. Aku rasa itu juga salah satu alasan saya ingin menonton anime itu. Tapi sayang sekali ceritanya Honey and Clover lebih menarik berdasarkan aku.
Aku suka banged dengan artwork di tepi sungai dalam anime ini. Seperti kata Rei, ia menentukan apartemen di situ ialah alasannya ialah ada sungai besar yang berhadapan dengan jendela rumahnya, seakan-akan ia ada dalam air. Artwork anime ini sangat indah ^^

Music: 3/5
Bukannya nggak bagus, tapi mungkin alasannya ialah kurang sesuai dengan selera saya aja.
Biasanya saya sangat menantikan opening dan ending sebuah anime. Dan ternyata saya hanya menyukai OP kedua dari anime ini. Setidaknya itu yang cocok dengan selera saya dan masuk ke hati aku, melodinya HAHAHHAHA

Opening: 4/5
Adegan pembuka episode 1 anime ini agak membingungkan  tapi berhasil menciptakan kita pengen nonton kelanjutannya.

Ending: 3/5
Memang sih akan ada season 2, tapi ending season 1 benar-benar bukan menyerupai ending sebuah anime.Gimana ya, kayaknya kesan endingnya kurang gitu, tapi ya mungkin memang sengaja kalinya. Dan saya gres nyadar adegan ending ketika Rei kecil darmawisata dan makan sendiri, tampaknya pulang dari sanalah ia menemukan keluarganya meninggal dunia T__T

Continue Reading

More in Anime

To Top