Connect with us

Locafest.co.id

[Review] C-Movie: Forever Young (2015)

C-Movie

[Review] C-Movie: Forever Young (2015)

Masih dalam rangka berburu coming-of-age chinese movie. Judulnya kok kayaknya seru gitu, Selamanya ‘Masa’ Muda. Cover-nya para penari balet, jadi saya pikir ini movie niscaya asik alasannya yaitu ihwal balet. Awalnya saya nggak terlalu memperhatikan covernya, ternyata sehabis nonton ketika saya perhatikan cocernya itu penari baletnya perjaka HAHAHAHHAHHAHA.

Melihat poster dan judul, tampaknya movie ini akan penuh dengan harapan para pemainnya. Dan pastinya ada persahabatannya. Movie ini mengambil tema persahabatan selama 4 tahun para tokoh utama dan masa-masa sebelum kelulusan universitas mereka. Makara disini nantinya ada banyak flashback juga. Sebenarnya saya mengharapkan ini movie ini indah, tapi coming of age chinese movie kenapa selalu ada bencana ya LOL.
Atau ini Cuma kebetulan movie yang saya pilih aja ya?

Forever Young dibintangi oleh bintang muda Zhang Huiwen dan Yi Feng Li.  Movie berdurasi 107 menit ini mengisahkan ihwal persahabatan para mahasiswa di tahun mereka terakhir di universitas.
Aku tidak begitu  mengenal pemainnya, jadi new face banged bagi aku. Aku suka dengan tokoh utama prianya, aktingnya bagus. Sayangnya tokoh utama wanitanya kurang ngena. Cantik sih, baletnya juga bagus, tapi aktingnya kurang, apalagi ketika adegan sedih, jadi kurang ngena rasanya.

Forever Young mengisahkan 4 sahabat yang tinggal di kamar asrama yang sama. Mereka bertemu semenjak pertama kali menjadi mahasiswa da bersama selama 4 tahun ini. Mereka mengambil jurusan tari. Di awal pertemuan mereka, mereka bertengkar satu sama lain alasannya yaitu berebut posisi kawasan tidur. Tapi di hari yang sama mereka baikan dan bersahabat. Mereka berempat mengambil jurusan tari, balet klasik.
Tokoh utama kita, Yanxi yaitu salah satu diantara mereka. Ia punya harapan mencar ilmu balet di paris dan mereka berempat berjanji akan sama-sama mencar ilmu di Paris suatu hari nanti. Mendekati kelulusan ini, harapan mereka semakin dekat. Mereka juga sudah tes untuk masuk ke sekolah balet di Paris.

Tapi suatu hari, Yanxi tidak sengaja mengetahui bila salah satu dari mereka tidak akan melanjutkan sekolah ke Paris. Tentu saja ia murka pada temannya itu. Tapi ternyata 2 temannya yang lain juga tidak berniat ke Paris untuk menari balet. Mereka berfikir ingin melaksanakan hal yang lain. Mereka menyukai balet, tapi tidak untuk profesi.
Yanxi merasa 3 temannya itu mengkhianati komitmen yang pernah mereka buat ketika pertama kali masuk universitas untuk terus gotong royong ke Paris. Padahal ia selalu yakin dengan komitmen mereka, ia bahkan gres tetapkan pacarnya alasannya yaitu ia akan ke Paris, merelakan cintanya. Disini Yanxi kelihatan sangat egois. Karena temannya tidak pergi ke Paris itu punya bantalan an kuat, alasannya yaitu keuangan dan lain sebagainya.

Hari itu yaitu hari ulang tahun Yanxi. Untuk pertama kalinya ia dan sahabatnya bertengkar hebat. Ulang tahun yang kelam baginya. Tapi yang namanya sahabat mereka tidak berlama-lama bertengkar. Mereka masih punya jadwal tampil di program malam kelulusan universitas mereka. Makara Yanxi mengirim pesan pada mereka untuk latihan. Saat itu 3 temannya sedang shopping dan mereka melihat makanan ringan manis ulang tahun dengan 3 penari balet diatasnya, mereka saling tersenyum dan membeli cake itu.
Mereka akan pulang ke asrama dengan Taksi. Tapi naas, malam itu taksi mereka mengalami kecelakaan dan tiga sobat Yanxi meninggal dunia. 

Yan Xi shock mendengar kabar itu, ia kehilangan pikirannya. Teman-temannya meninggalkan dirinya bersamaan. Apalagi ketika ia kembali ke asrama ia menemukan makanan ringan manis ulang tahun dari temannya disana, makanan ringan manis ulang tahun dengan 4 penari belat di atasnya. Ia makin merasa bersalah dan menganggap insiden itu kesalahannya. Kejiwaan Yanxi sangat tidak stabil. Pacar Yanci yang sebelumnya ia putuskan berjulukan Xu Nuo juga bertmena dengan 3 sobat Yanxi itu. Ia khawatir akan Yanxi dan menemaninya semalaman. Adegan sat Yanxi menyalakan lilin di makanan ringan manis dan ketika ia memakannya keren banged!

Malam itu Yanxi bermimpi ia jatuh ke air dan bunyi teman-temannya menyelamatkannya. Teman-temannya tidak ingin Yanxi ikut mati bersama mereka. Mereka menyukai balet sama menyerupai Yanxi, mereka meninggal juga bukan alasannya yaitu keinginan mereka. Mereka meminta Yanxi jangan mengalah meski mereka sudah tidak ada disana. Saat terbangun, Yanxi teringat akan komitmen mereka untuk tampil bersama di malam kelulusan dan ia tetapkan untuk latihan dan akan tampil sendiri.

1 bulan sebelum malam kelulusan, Yanxi terus latihan dan latihan ditemani oleh Xu Nuo. Xu Nuo setia banged menemani Yanxi ini. Disana kita melihat kilas balik bagaimana pertemuan Yanxi dan Xu Nuo pertama kali di bus, bagaimana Xu Nuo menyukai Yanxi, bagaimana mereka akibatnya pacaran dan ketika mereka pacaran, manis bangeeeeeeed.
Karena terlalu banyak latihan, Yanxi sangat kelelahan, ia bahkan berhalusinasi dan terjatuh dari panggung. Kakinya cidera dan butuh 6 bulan gres dapat sembuh. Yan Xi mengalah lagi, ia bahkan tak dapat mengambulkan komitmen mereka berempat. Melihat kekasihnya sangat terpuruk, Xu Nuo tak dapat tinggal diam. Ia menemui 3 sahabatnya dan meminta mereka menari bersamanya, mengambulkan harapan 4 sahabat untuk menari bersama di panggung kelulusan. Tapi tentu saja 3 temannya menolak, bagaimana mungkin laki-laki menari balet dan itu memalukan.

Xu Nuo sama menyerupai Yanxi, memiliki 3 sahabat satu kamar asrama, mereka bertemu semenjak pertama masuk universitas dan membentuk sebuah band. Xu Nuo yaitu vocalist band-nya, ia punya bunyi yang indah dan ada grup band lain yang tertarik padanya, tapi ia tak mau mengkhianati teman-temannya, meski teman-temannya memang tidak sebagus grup band yang mengajaknya. Karena Xu Nuo sangat setia kawan, akibatnya 3 temannya bersedia membantu Xu Nuo untuk mengabulkan ajakan pacarnya. DAn dimulai lah latihan balet 4 laki-laki yang sama sekali tidak tahu apa-apa ihwal balet. Ada yang tangannya sering keseleo lah, sering terluka, buta arah dan bahkan mabuk ketika berputar-putar. Tapi mereka melakukannya dengan serius, bahkan membawa peralatan grup band mereka ke ruang latihan, takut-takut ada yang tiba dan mereka dapat beralasan mereka latihan grup band disana. Untungnya instruktur balet Yan Xi dkk mengetahui duduk perkara mereka dan bersedia membantu mereka latihan balet menarikan tarian ‘four little swans’.

Singkat dongeng kelompok grup band yang menginginkan Xu Nuo mengetahui rahasia itu dan mulai membuatkan informasi mengenai mereka yang menari, bahkan mengambil gambar dan menempelkannya di papan pengumuman. Teman-temannya sangat aib dan mulai bertanya-tanya kenapa mereka harus melaksanakan ini. Mereka satu per satu mulai meninggalkan Xu Nuo. Masalah makin parah ketika mereka mendengar Xu Nuo menyanyi untuk grup band lawan mereka yang artinya Xu Nuo mengkhianati mereka, meski itu hanya salah paham. Teman Xu Nuo murka dan melampiaskan pada Yanxi menyampaikan bila mereka berserakan alasannya yaitu harapan terbelakang Yanxi, meski Yanxi sebetulnya tidak tahu mengenai Xu Nuo dkk yang latihan diam-diam. Teman Xu Nuo bahkan menyampaikan rahasia bahwa Yanxi tidak akan dapat menari di Paris alasannya yaitu ia tidak lulus audisi. Yanxi shock.

Impian terakhir Yan Xi musnah sudah ketika ia tahu ia tak akan dapat ke Paris untuk menari. Ia minta putus dari Xu Nuo. Waktu berlalu, Xu Nuo ditinggalkan pacar dan sahabatnya ketika ia berusaha yang terbaik untuk mereka. Tapi ia tidak menyerah, demi harapan Yan Xi dan teman-temannya. Ia tetap latihan balet dan ketika istirahat ia menulis lagu untuk dinyanyikan di malam kelulusan. Dan pada akibatnya malam kelulusan tiba. Kesalahpahaman Xu Nuo dan teman-temannya akibatnya berakhir. Teman-temannya tiba membantunya dan mereka menari ‘four little swans’ malam itu, mereka menari dengan baik, meski ditengah bermetamorfosis tarian grup band rock HAHHAHAHHA. Dan sehabis itu, mereka menampilkan lagu ciptaan Xu Nuo untuk Yanxi, memintanya melupakan semuanya dan melangkah maju ke depan.

Ending movie ini yaitu ketika mereka lulus dari Universitas. Tapi sehabis itu nggak diliatin lagi bagaimana nasib Yanxi, apakah ia akan terus menari atau bagaimana. Kayaknya sih ia akan terus menari balet dan Xu Nuo bersama band-nya.
Ini movie sebetulnya bagus dan sangat lucu, saya ngakak banged melihat Xu Nuo dkk menari balet dan bagaimana mereka bersembunyi dari orang-orang HAHAHAHA. Tapi sayangnya ada beberapa bab dari movie ini yang tidak dapat disampaikan dengan baik, atau mungkin akunya yang kurang paham. Misalnya saja ada adegan Xu Nuo dan Yanxi di bus malam hari, ia membawa Yanxi kesana dan menasehati YAnxi, saya nggak ngerti maksudnya apa. Apakah alasannya yaitu pertama kali mereka bertemu yaitu di bus? LOL.

Story 4/5
Cerita movie ini cukup menarik, mengangkat kisah persahabatan dan pengorbanan, masa-masa sebelum mereka lulus dari dingklik kuliah. Persahabatan mereka sangat indah, saya suka banged sama Xu Nuo. Dia pacar yang sangat baik dan setia, dan ia juga sahabat yang setia, sayangnya teman-temannya meragukannya. Ia selalu berusaha melaksanakan yang terbaik, tapi kesalahpahaman menciptakan teman-teman dan pacarnya meninggalkannya. Di movie ini banyak adegan lucunya, jadi dijamin ngakak pas nonton.

Acting/Character 3/5
Seperti yang saya katakan diatas, female lead movie ini aktingnya kurang WAH. Harusnya adegan Xu Nuo putus dengan Yanxi itu murung banged lho. Tapi ceweknya pas nangis kurang mendalami jadinya kurang ngena. Padahal cowoknya udah keren banged aktingnya. Tapi yaaaah begitulah. Tapi nari baletnya bagus sih si cewek dan manis juga LOL
Kalau untuk huruf lain, saya oke-oke aja.

Cinematography 4/5
Untuk pengambilan gambarnya lumayan. Mereka menunjukkan suasana kampus yang indah dan ruang latihan balet, juga ketika grup band Xu Nuo tampil dengan indah. Selain itu pemilihan warnanya cerah gitu, jadi yummy aja melihatnya.

Music 3,5/5
Musiknya not bad lah, ada banyak adegan yang punya BGM. Tentu saja alasannya yaitu 4 tokoh utama kita anggota grup band jadi banyak juga mereka nyanyi. Paling suka ketika mereka nyanyi goodbye di hadapan YAnxi ketika malam kelulusan.

Opening 4/5
Opening movie ini termasuk cepat dan saya awalnya galau juga mau dibawa kemana. 4 tokoh utama cewek disini ppuler di sekolah dan 4 tokoh utama laki-laki disini juga terkenal alasannya yaitu anggota band. Kita diperlihatkan persahabatan mereka berdelapan diawalmovie.

 Ending 3/5
Aku sangat menantikan ending dimana 4 tokoh utama menari balet tapi saya kecewa alasannya yaitu duraisnya dikit bangeeeeeeeeed, padahal menurutku puncaknya tuh disana, mereka bagus nggak narinya. Dan endingnya juga pas kelulusan, rasanya ada sesuatu yang kurang. Kita bahkan nggak tau mau dibawa kemana lagi habis itu HAHHHAAHHA. 

Overall sih movienya bagus, hanya saja pesan yang dapat diambil kurang gitu. Dan tokoh utama wanitanya egois banged HAHAHAHHAAH. Aku ngerti sih kenapa rating di imdb-nya rendah. Tapi bila kalian cari movie persahabatan yang bikin ketawa, ini cocok^^
Recommended!

Continue Reading

More in C-Movie

To Top