Connect with us

Locafest.co.id

[Review] Chinese Movie: Fleet Of Time (2014)

C-Movie

[Review] Chinese Movie: Fleet Of Time (2014)

Fleet of Time (2014) yakni salah satu dari Chinese / Taiwanese coming of age movies yang ada dalam list tontonan aku. Seperti yang saya katakan beberapa waktu lalu, saya sedang berburu Chinese / Taiwanese coming of age movie alasannya yakni kehabisan Japanese youth movie HAHHAHAHA.
Ternyata sehabis dicoba, meski pun tidak terkenal dan endingnya juga banyak yang tidak happy ending, saya menyukai ceritanya. Dan Fleet of Time yakni salah satunya 🙂


Fleet of Time dalam chinese movie yang rilis pada Desember 2014 berdurasi 119 menit yang disutradarai oleh Zhang Yibai. Menjadi box office ketika ahad pertama movie ini tayang, Fleet of Time diangkat dari novel terkenal berjudul sama karya Jiu Yehui. Dibintangi oleh Eddie Peng, Ni Ni, Wei Chen, Zhang Zi Xuan, Zheng Kai dan cast lainnya, movie ini berkisah ihwal sekelompok anak Sekolah Menengan Atas pada tahun 1990an, masa-masa Sekolah Menengan Atas mereka, persahabatan, kisah cinta dan masalah-masalah lainnya yang terjadi.
Ini yakni movie dengan alur maju mundur, jadi memang harus teliti banged hehehhehehe.

Fleet of Time sendiri banyak mendapat kritikan meskipun sangat terkenal pada ketika itu, yang katanya salah pilih bintang film lah, nothing new lah, terlalu banyak nostalgia lah, dramanya lebih elok lah, tapi memang benar kata orang, jangan menilai sebuah movie/drama buruk atau buruknya dari pendapat orang lain sebelum mencobanya sendiri. Sebelum menonton movie ini, saya sempat searching juga, ternyata novel-nya sendiri diangkat menjadi drama dengan judul Back In Time dan katanya dramanya jauh lebih elok dari movie-nya kecuali endingnya. Well, kalau dipikir-pikir dengan baik, drama punya 16 episode sedangkan movie hanya 119 menit, tentu saja drama akan mengungkit lebih banyak mengenai kisahnya dan momennya juga akan lebih banyak, makanya kisah drama terasa lebih kuat. Tapi berdasarkan saya yang gres menonton movie-nya, movie-nya sama sekali lumayan dan berdasarkan saya elok :))

Tapi ya itu tergantung pendapat orang-orang sih ya, beda orang beda pula pendapatnya 🙂

STORY

” Even after so many years, I still remember. That moment when she turned to me. It was that moment when I fell for her.”__Chen Xun

Fleet of Time diawali dengan seorang gadis berambut pirang berjulukan Seven yang ada di sebuah pesta dan menelpon seseorang menceritakan apa yang terjadi di pesta itu. Saat itu mereka sedang mengungkapkan hal memalukan yang belum pernah mereka katakan pada siapapun. Ia tertarik dengan seorang laki-laki mabuk yang menyampaikan kalau ia pernah sengaja tidak menjawab soal fisika demi menyamakan nilai dengan gadis yang ia sukai, gagal ujian demi sanggup satu universitas dengan gadis yang ia sukai.
Seven kemudian berakhir dengan berkenalan pada laki-laki yang berjulukan Chen Xun (Eddie Peng) itu dan tidur dengannya. Kemudian keduanya bertemu lagi dipesta janji nikah sahabat Chen Xun, Zhao Ye (Zheng Kai).

Seven sangat tertarik dengan kisah cinta pertama Chen Xun dan terus menanyai kapan ia jatuh cinta, pada siapa dan bagaimana. Di pesta janji nikah Zhao Ye sendiri, Seven ternyata disewa menjadi perekam program janji nikah dan tugasnya yakni merekam para sahabat pengantin laki-laki dan ia benar-benar sangat tertarik dengan kisah masa Sekolah Menengan Atas mereka, alasannya yakni mereka akrab semenjak SMA.
Karena Seven terus menanyainya mengenai masa Sekolah Menengan Atas mereka dan kisah cintanya, hal itu membawa Chen Xun mengingat kenangan masa SMA-nya, dimana ia pertama kali jatuh cinta pada seorang siswi pindahan bernama Fang Hui (Ni Ni).

Chen Xun, Zhae Ye, Qiao Ran (Wei Chen) dan Lin Jia Mo (Zhang Zhi Xuan) yakni sahabat di SMA, mereka berempat sekelas. Chen Xun dan Zhang Ye yakni anggota klub basket di sekolah mereka. Suatu hari ketika mereka sedang pemanasan, mereka melihat seorang gadis mengangkat dingklik dan semuanya tertarik pada gadis yang wajahnya tidak mereka kenal itu. Gadis itu yakni Fang Hui, siswi pindahan ke kelas mereka.

Fang Hui tidak bicara, ia gadis yang pendiam, bahkan sehabis beberapa usang sekelas, mereka jarang mendengarkan suaranya. Chen Xun sangat ingin tau dengan gadis itu dan membuat taruhan akan mengajaknya ngobrol, sayang dialog itu tidak terjadi, meski Fang Hui bicara sih, hanya beberapa kata. Tapi Jiamo agak kesal melihat temannya itu dan kesudahannya mengajak Fang Hui untuk makan dan bergabung bersama grup mereka. Meski makan satu meja dengan semuanya, Fang Hui tetap menutup dirinya, ia bahkan tidak bicara sepatah katapun meski yang lain bercanda. Chen Xun jadi tertarik dengannya.

Chen Xun menyukai Fang Hui, ia mendekati gadis itu dengan caranya sendiri, bahkan menjadikannya pengurus kelas bersama dirinya. Ia senang kesudahannya Fang Hui mau berbicara dengannya. Ia menyadari dirinya jatuh cinta pertama kali pada Fang Hui yakni ketika menemui Fang Hui sedang menulis di papan tulis, angin yang berhembus, cahaya matahari langit sore yang menyinari gadis itu, ia terpesona, dan momen ketika gadis itu menoleh padanya, ia jatuh cinta pada Fang Hui.
(aku suka banged cinematography movie ini, keren banged! Pencahayaannya bikin nostalgia banged).

Jatuh cinta untuk pertama kalinya, Chen Xun menjadi dekat dengan Fang Hui dengan cara yang berbeda. Suatu hari Fang Hui menyampaikan kalau ia selalu melewati lapangan basket ketika pulang sekolah dan semenjak ketika itu Chen Xun selalu memakai baju olahraga terbalik, ia menyampaikan pada Fang Hui kalau ia mengenakan baju olah raga terbalik. Kenapa? Agar Fang Hui dengan cepat mengenalinya hehheeehhe.
Dan tentu saja gadis itu tersenyum ketika melewati lapangan basket dengan sepedanya ^^

Suatu hari, ketika Fang Hui tiba di kelas, seisi kelas memandanginya dengan pandangan absurd dan menemukan kalau dipapan tulis ada siswa yang iseng menulis Fang Hui menyukai Chen Xun. Fang Hui sangat aib alasannya yakni hal itu, ia menangis di meja-nya dan tidak berbicara dengan siapapun. Ia bahkan pingsan ketika upacara bendera dan dibawa ke UKS. Lucunya, Chen Xun dan Qiao Ran berebut menggendongnya dan rebutan membelikan kuliner untuknya HAHHAHAHA. Disanalah saya menyadari kalau Qiao Ran juga menyukai Chen Xun.

Saat Qiao Ran membelikan makanan, Chen Xun dan Fang Hui tinggal berdua di UKS dan disanalah Chen Xun menyampaikan pada Fang Hui untuk tidak terganggu dengan hal yang terjadi pagi ini. Ia bertanya pendapat Fang Hui bagaimana jikalau besok ia menuliskan di papan tulis kalau Chen Xun menyukai Fang Hui. Fang Hui awalnya terkejut. Chen Xun mengaku kalau ia menyukai Fang Hui dan ia meminta balasan Fang Hui, Yes or No. Disaat yang sama dokter UKS bertanya pada Fang Hui yang membutuhkan balasan Yes or No juga dan jawabannya memang harus Yes sih. kesudahannya Fang Hui menjawab Yes, untuk pertanyaan dokter dan Chen Xun. awwwwww saya suka banged adegan ini HAHAHAHAHHA.

Dan semenjak itu dari saya sendiri mereka berdua resmi pacaran diam-diam, tapi ternyata mereka berdua masih ragu mereka ini pacaran atau enggak HAHAHH. Aku suka banged adegan ketika Fang Hui malu-malu pada Chen Xun semenjak kejadian itu, ketika ia membagikan buku, ia sengaja cepat-cepat melewati Chen Xun dan Chen Xun berjalan keluar dengan gaya santai sambil menahan senyum dan ternyata Fang Hui mengikutinya dan berjalan lebih cepat darinya dan menunggu diluar, kemudian mereka berjalan bantu-membantu sambil tersenyum. ADUUUUUUUUUHHHH Sweet banged!!!!!! Ditambah OST-nya keren banged, cocok!

Suatu hari malam pergantian tahun ke millenium 2000, 5 sekawan menghabiskan waktu bersama. Dan sempat terjadi pertengkaran di kawasan bermain sepatu roda. Disini lucu banged, melihat Chen Xun dkk yang melawan beberapa preman hingga terluka, Fang Hui tidak tega dan berteriak ia ingin putus dari Chen Xun. Lucunya, alasannya yakni nggak ada yang tahu kalau mereka pacaran, teman-temannya pada shock semua dan Chen Xun yang kaget alasannya yakni ternyata Fang Hui menganggap mereka pacaran malah menemukan energi  gres dan mengalahkan para preman HAHHAHAHAHA.

“Back then we didnt know what ‘forever’ meant. It was much later that I learned that forever is neither the past nor the future. The time we spent together, that was our ‘forever'”.__Chen Xun
 

Dan disana kita tahu sedikit masa kemudian Fang Hui. Dulu preman yang bertegkar dengan Chen Xun tadi yakni laki-laki yang menyukainya di sekolahya yang lama. Preman itu selalu menunggu di dekat rumahnya dan selalu mengikutinya, menyampaikan kalau beliau yakni wanitanya. Ia ketakutan tapi nggak sanggup minta tolong, sehingga suatu hari ada kejadian dimana seseorang meninggal alasannya yakni kejadian itu dan alasannya yakni itu lah beliau pindah ke sekolah Chen Xun dkk.
Malam pergantian tahun itu yakni malam dimana keduanya resmi berpacaran dan kissu pertama mereka sempurna 1 Januari 2000.

Setelah itu 5 sekawan selalu menghabiskan waktu bersama dan sangat bahagia, mereka juga menghabiskan waktu di pantai dan kita diperlihatkan kisah cinta lainnya, yaitu Zhao Ye yang ternyata belakang layar menyukai Jiamo. Tapi ternyata Jiamo menyukai Su Kai, kapten klub basket Chen Xun dkk. Jiamo tahu Sukai tidak menyukainya dan hanya menganggapnya junior, tapi Jiamo tidak mengalah dan terus mendekatinya bahkan hingga Sukai harus menolaknya secara paksa dengan mengembalikan barang yang diberikan Jiamo. Meski patah hati, Jiamo tidak sanggup memperlihatkan hatinya begitu saja pada orang lain, ia tetap menyukai Sukai.

Dan kita juga mengetahui kalau Qiao Ran menyukai Fang Hui. Ia menuliskan puisi ihwal bunga lilac dan seorang gadis. Ia membacakan di depan kelas, dimana puisi itu mendapat penghargaan dan seisi kelas kagum mendengarnya. Sementara itu Fang Hui menyadari kalau gadis yang dimaksud yakni dia, alasannya yakni ia masih menyimpan bunga lilac itu.

Hubungan Chen Xun dan Fang Hui juga mengalami rintangan ketika ayah Fang hui tahu anaknya pacaran, jadi Fang Hui takut gitu dan menjaga jarak dengan Chen Xun. Meski mereka masih bertemu sih, apalagi kalau kumpul bareng teman-teman dan apalagi ketika Zhao Ye tangannya patah HAHAHHA. Ini lucu banged adegan di rumah sakit, Zhao Ye manja XD XD
Lalu ada adegan dimana pertandingan basket antar Sekolah Menengan Atas dan tim mereka masuk ke final dan hari itu Chen Xun dkk bertanding tapi Fang Hui tidak ada disana alasannya yakni ayahnya menjemputnya. Ini seru banged, alasannya yakni mereka pake OST Slamdunk HAHHAHA.
Tapi nanti kita tahu kenyataan dibalik itu, bahwa Fang Hui ternyata tiba menonton pertandingan.

Mereka memasuki tahun ketiga mereka di SMA, ada foto tahunan dan mereka berlima membuat kenangan menulis sesuatu di pohon sekolah dan mereka juga mulai mempersiapkan tes masuk universitas. Chen Xun dan Fang Hui pernah berjanji akan masuk universitas yang sama. Sayangnya ketika ujian Fang Hui membuat kesalahan, ia kehilangan 13 poin alasannya yakni salah menjawab.
Saat mereka pesta kelulusan, Fang Hui masih kepikiran akan hal itu dan ia menyendiri, dimana Qiao Ran melihatnya dan menyatakan perasaannya secara tidak langsung. Hal itu membuat Fang Hui menyadari betapa ia mengasihi Chen Xun. Dan adegan mereka berbaikan kembali ini sangat indah. OST itu lhooooo, keren banged, jarang-jarang movie penuh dengan OST. Saat keduanya berpelukan, mereka bernaji akan selalu bersama, menikah, punya anak dan bersama hingga renta huhuhuhuhuhuhu.

Lalu mereka memasuki masa perkuliahan, dimana Chen Xun dan Fang Hui berhasil masuk ke Universitas yang sama tapi mereka menyadari kalau Universitas berbeda dengan SMA. Meski satu universitas, mereka beda kelas, berbeda sahabat dan berbeda jadwal, hal itu menyebabkan problem lagi. Sementara itu Zhao Ye gagal masuk universitas dan memutuskan berdagang pernah pernik, baju dan lain-lain disekitaran kampus. Jiamo sendiri masih terus berusaha mendekati Sukai yang masih terus menolaknya. Qiao Ran cukup berakal diantara mereka, berhasil lulus di salah satu universitas di Inggris, jadi ia meninggalkan mereka semuanya di Beijing.

Masalah Chen Xun dan Fang Hui sudah dimulai ketika penyambutan mahasiswa gres alias ospek dimana Chen Xun yang berakal menyanyi sangat terkenal dikalangan para siswi dan itu membuat Fang Hui tidak tenang. Makanya ia merahasiakan kalau ia dan Chen Xun pacaran. Meski kesudahannya teman-temannya tahu dan muncul gosip kenapa Chen Xun sanggup pacaran dengan Fang hui.
Lalu Chen Xun berkenalan dengan seorang gadis yang menyukai musik sama sepertinya, Xiao Tang dan ia menikmati pertemanan mereka. Dia sih mengibaratkan dirinya mirip burung yang terbang di angkasa dan Fang Hui yakni tanah dimana ia akan selalu menemukan kawasan pulang jikalau ia melihat Fang Hui dan ia mengibaratkan Xiao Tang mirip burung lain yang terbang bersamanya. Dan korelasi keduanya ini membawa tragedi baginya.

Dimana kedekatan Chen Xun dan Xiao Tang awalnya hanya berteman, tapi alasannya yakni mereka cocok, Chen Xun lebih sering menghabiskan waktu bersama Xiao Tang dan melupakan Fang Hui. Sampai suatu hari Fang Hui melihat keduanya makan bersama di kantin. Awalnya ia berniat melupakan hal itu, tapi semenjak itu ia menjadi makin khawatir, bahkan janji bertemu di ulang tahunnya dilupakan dan ia tidak sanggup juga melihat pertunjukan Chen Xun alasannya yakni Chen Xun lebih menentukan Xiao Tang daripada dirinya.
Mengetahui hal itu tentu saja Fang Hui sangat sakit. Ia kembali ke sekolah mereka yang usang dan menemukan goresan pena Chen Xun sebelum kelulusan di pohon. Ia menangis disana.

“If the past is worth holding on to, dont forgive each other so soon.”__Chen Xun

Setelah kejadian itu saya rasa Chen Xun tidak pernah menghubungi Fang Hui lagi, karenanya Fang Hui mencari tahu sendiri dan menemukan kalau Chen Xun sudah tinggal bersama Xiao Tang, ia bahkan menunggu semalaman di luar apartemen mereka berharap Chen Xun akan keluar, tapi hingga pagi tidak ada gejala Chen Xun keluar, jadi ia yakin keduanya tinggal bersama.

Dan untuk pertama kalinya sehabis sekian lama, malam piala dunia atau olimpiade ya, pokoknya gitu deh, Qiao Ran pulang ke Beijing dan mereka berlima berkumpul bersama lagi. Disana mereka masing-masing mengungkapkan rasa sakit hati mereka, dimana Fang Hui menanyakan sejauh apa korelasi Chen Xun dan Xiao Tang yang membuat pertengkaran antara Qiao Ran dan Chen Xun, karean Qiao Ran menyukai Fang Hui, tapi tahu kalau Chen Xun menyukainya jga, makanya ia menyerah. Ia kembali ke Beijing bukan untuk mendengar kalau Chen Xun menduakan T______T
Disanalah untuk pertama kalinya Chen Xun menyampaikan kalau dulu ia juga berusaha kulaih ditempat yang sama dengan Fang Hui dengan snegaja tidak menjawab soal ujian. Dan disini saya kesal banged, itu bukan alasan seorang laki-laki untuk selingkuh, seakan-akan beliau bilang dulu beliau juga berusaha bla bla bla. -__-“

 Setelah kejadian malam itu, Fang Hui tampaknya menjadi putus asa dan melaksanakan hal yang menyakiti dirinya sendiri. Ia tidur dengan sahabat satu asrama Chen Xun dan ia hamil. Pihak sekolah tahu beliau hamil dan menanyai siapa ayahnya tapi Fang Hui tidak menjawab dan Chen Xun mengaku kalau itu anaknya.
Setelah itu Fang Hui melaksanakan pengguguran dan menghilang.

CAST

Ni Ni as Fang Hui

Dia yakni gadis yang manis, pendiam, feminin dan membuat penasaran. Dia tidak terkenal tapi alasannya yakni menjadi anak baru, beliau menjadi sentra perhatian di hari kepindahannya. Ia stress berat alasannya yakni seorang preman yang menyukainya alasannya yakni itu ia takut di dekati pria. Tapi Chen Xun berhasil mendekatinya dengan cara yang tak biasa dan meski ketika itu ia belum yakin perasaannya, ia menyampaikan kalau ia menyukai Chen Xun.

Aku yakin kalau Chen Xun mencintainya lebih dalam dari dirinya sendiri diawal, tapi makin ke selesai cinta Fang Hui lebih besar pada Chen Xun. Padahal kisah cinta mereka sangat manis pas SMA, tapi begitu memasuki perkuliahan keduanya menjadi renggang dan bahkan tiba di jurang yang tidak sanggup diselematkan lagi. Aku bahkan resah ini alasannya yakni saling tidak percaya atau bagaimana. Tapi ketika saya menonton, saya kasihan banged sama FAng Hui. Meski ia bertanya apa salahnya pada Chen Xun, saya pribadi merasa kalau beliau tidak salah. Mungkin memang perasaan mereka yang memudar. Tapi tetap saja, saya tidak suka cara Chen Xun yang selingkuh.

Ditahun 2014, 4 sekawan sudah usang tidak bertemu dengan Fang Hui. Meskipun Zhao Ye mengirimkan permintaan janji nikah untuknya, ia tak yakin Fang Hui akan datang. Tapi mereka tahu Fang Hui kini ada di Perancis sedang melanjutkan pendidikannya dan Qiao Ran menyampaikan ia pernah melihatnya sekali, tapi ia tidak menyapa alasannya yakni tidak ingin mengganggu kehidupan gadis itu. Karena kalau ia muncul ia takut Fang Hui akan mengingat luka lamanya.

Eddie Peng as Chen Xun

Anggota klub basket sekolah. Ia tidak terkenal meskipun ia cukup berbakat dalam basket. IA sudah tertarik pada Fang Hui semenjak pertama kali melihatnya dan kesudahannya ia menyadari ia jatuh cinta pada gadis itu. Aku sangat menyukai caranya mendekati Fang Hui yang pemalu, dan bagaimana ia menyatakan perasaan dan awal pacaran dengan Fang Hui. Sangat manis.

Sayangnya sehabis masuk Universitas beliau berubah. Aku benci bangeeeeeeeeeeeeed!
Sejak ia kenal Xiao Tang, ia berubah. Mungkin alasannya yakni kesudahannya ia menemukan seseorang yang cocok dengan hobinya, menyanyi, jadi ia menemukan pelabuhan baru,. Sayangnya ia melupakan kekasihnya dan bahkan jarang memperlihatkan kabar. Pacar mana coba yang hening kalau kekasihnya melupakan ulang tahunnya padahal janjian ketemu. Aku shock banged alasannya yakni ia beneran jatuh cinta pada Xiao Tang dan bahkan tinggal bersama. Shock. Jika perasaannya memudar, harusnya beliau ngomong eksklusif pada Fang Hui. Bagaimanapun menduakan tak sanggup dimaafkan T__T

Ia pernah membuat lagu berjudul ‘Fleet of Time’, lagu yang ia ciptakan untuk Fang Hui, tapi hingga akhir, Fang Hui tidak pernah mendengar lagu itu.
Ditahun 2014 kesudahannya ia menyanyikan lagu itu di janji nikah Zhao Ye. Ia sangat ingin tau dengan Seven dan curiga siapa beliau alasannya yakni kenapa di persta janji nikah Zhao Ye harusnya tugasnya merekam aja, kenapa sangat tertarik dengan masa kemudian mereka.

Zhang Zi Xuan as Lin Jiamo

Gadis yang ceria dan tampaknya beliau yakni manajer klub basket atau mungkin hanya penyemangat alasannya yakni sahabatnya ada disana. Ia menyukai kapten klub basket Sukai dan tidak mengalah hingga masuk Universitas. Sepertinya cintanya memang hanya beliau dan beliau tidak sanggup mengasihi orang lain, meski tahu kalau Zhao Ye menyukainya. Tapi ia tidak bisa. Kalau mau sih beliau sanggup aja pacaran sama Zhao Ye alasannya yakni Zhao Ye terima aja kalau Jiamo masih kepikiran Sukai, tapi Jiamo tidak mau pacaran dengan orang yang tidak ia cintai, alasannya yakni orang itu akan terluka.

Jiamo yakni orang yang membawa Fang Hui masuk ke kelompok mereka. Mungkin alasannya yakni durasi kali ya, jadi kita nggak banyak melihat interaksi keduanya. Misalnya problem curhat atau bagaimana, jadi seolah-oelah mereka sahabatan tapi problem ditanggung sendiri dan nggak ada sesi curhatnya.

Ditahun 2014, ia tiba ke janji nikah Zhao Ye dan lucunya Zhao Ye masih-masih aja mendekatinya HAHHAHAAHHAA. Ia tampaknya menjadi editor dan saking sibuknya ia membeli hadiah janji nikah secara online ketika pesta hahahaha. Ia bertemu kembali dengan Su Kai di janji nikah Zhao Ye dan Su Kai yang keren dulu sudah menjelma laki-laki tidak keren dan lucunya lagi, istri Sukai menduakan sama pacar Jiamo HAHAHAHHAHAH. Sebenarnya scene 2014 ini ngakak banged lho XD

Zheng Kai as Zhao Ye

Zhao Ye yakni yang paling heboh diantara 5 sekawan. Diawal kita belum diliatin kalau beliau suka Jiamo, tapi ketika adegan di pantai keduanya duduk saling membelakangi dan menulis nama orang yang disukai. Zhao Ye menulis nama Jiamo tapi Jiamo malah menulis nama Sukai dan Zhao Ye sengaja menggantinya dengan namanya.

Ia tahu bagaimana Jiamo menyukai Sukai dan sangat cemburu melihat gadis itu selalu ada disekitar Sukai dan hatinya sakit melihat Sukai menolaknya. Tapi bagaimanapun Jiamo tetap menyukainya. Ia gagal masuk universitas dan demi tetap dekat dengan sahabatnya, ia jualan di kampus dan ia memanggil honey pada Jiamo seakan-akan ia pacarnya. Awalnya Jiamo terima aja, tapi lama-lama Jiamo kesal alasannya yakni beliau bukan pacar Zhao Ye. Dan itu juga menjadi penyebab pertengkaran ketika mereka minum di malam olimpiade. Padahal itu yakni pertemuan mereka pertama kali untuk sekian usang dan Zhao Ye sudah membawa gips yang mereka tulisi dulu untuk perayaan, sayangnya pecah tak berharga.

Di tahun 2014 semuanya berkumpul kembali di hari pernikahannya. Dia lucu banged sumpah, istrinya pencemburu dan beliau tak peduli istrinya cemburu melihat beliau dekat dengan Jiamo. Katanya sih ini terakhir kalinya HAHAHAHHA. Tapi meski istrinya cemburu, istrinya pengertian sih. Pernikahan mereka penuh dengan pertengkaran wkwkkwkwkw.

Wei Chen as Qiao Ran

Aku merasa semalin Chen Xun, beliau yakni orang yang paling dekat dengan Fang Hui. Terlihat kalau mereka berangkat sekolah bersama dan dai yakni orang yang menghapus papan tulis ketika itu. Aku masih ingin tau siapa yang menulis di papan tulis itu, apakah Qiao Ran atau Chen Xun sendiri. Tapi kayaknya sih Chen Xun.

Dia tahu Fang Hui menyukai Chen Xun, meski begitu secara tidak eksklusif ia menyatakan perasaannya, jikalau namanya yakni nama yang ditulis di papan tulis ketika itu dan bukna Chen Xun, apakah Fang hui akan menyukainya.
Hal ini yang membuat Fang Hui menyadari kalau ia sangat mengasihi Fang Hui dan Qiao Ran kesudahannya mengalah dan berangkat ke luar negeri. Meski begitu tentu saja perasaan tetap perasaan, bayangkan sakitnya ia mengetahui kalau Chen Xun menduakan T___T. Aku suka banged ketika kesudahannya bangkit dan memukul Chen Xun, menyampaikan ia pulang bukan untuk menemukan fakta bahwa Chen Xun selingkuh.

Di tahun 2014 beliau terlihat paling sukses diantara semuanya. Sepertinya ia masih diluar negeri sih. Dan beliau satu-satunya yang pernah melihat Fang Hui sehabis sekian usang meski ia tidak menemuinya secara langsung. Mengetahu Fang Hui baik-baik saja sehabis semua kejadian masa muda mereka membuatnya merasa tenang.

“I dont regret having such a wonderful dream. I only wish it world last longer.”__Fang Hui

Alur yang saya ceritakan diatas terlihat mirip alur amju kan? Untuk pecahan masa lalunya. Sebenarnya alurnya yakni maju mundur, jadi benar-bentar masa lalu, bentar-bentar masa depan. Harus diperhatikan memang ketika menontonnya. Dan saya menyukai bagaimana sutradara menampilkannya satu per satu dan membuat kita tidak bosan ketika menontonnya.
Karena sanggup dibilang pecahan masa lalunya manis dan melo sementara pecahan masa depannya ada komedinya.

Ini termasuk kisah cinta tragis sih berdasarkan aku, meski nggak ada yang mati tapi keputusan yang dibentuk Fang Hui terakhir itu sangat salah. Awalnya ia berniat balas dendam sih, kalau kau tidur sama si A saya boleh donk tidur sama si B. Sayangnya setidaknya Chen Xun melakukannya demi cinta dan Fang Hui tidak. Tapi saya tetap kesal pada Chen Xun, kenapa sih beliau tidak memperjuangkan Fang Hui? Sedih banged lho melihat cinta mereka berakhir begini, padahal manis banged awalnya.

Aku suka bangeeeeeeeeeeeeeed sama cinematography dan music director movie ini, sumpah!
Itu adegan masa lalunya indah banged, cara pengambilan gambarnya, pencahayaannya, keren banged, terasa aura nostalgianya. Dan pecahan yang slowmotion, pecahan yang di blur juga, pokoknya indah banged. Tipe saya banged. Dari beberapa movie China yang saya review belakangan saya paling suka yang ini XD
Dan OST-nya, aduuuhhhh. Ini beliau movie yang saya suka!
Aku termasuk orang yang mementingkan OST dalam movie atau drama, kalau OST-nya ga ada atau ga bagus, rasanya feeling ke movienya kurang. Dan sayang sekali biasanya movie jarang yang punya banyak OST, baik itu lagu ataupun yang instrumennya, dan movie ini keren banged, alasannya yakni dengan OST instrumennya menambah indahnya movie ini. Makanya terasa banged indahnya cinta pertama ketika adegan 15 tahun yang kemudian diputar XD

Yang saya sayangkan darii movie ini yakni endingnya. Meski ending movie jauh lebih baik dari drama, saya berharap setidaknya Fang Hui bertemu lagi dengan 4 sekawan ini. Sayangnya yang melihat Fang Hui diakhir hanya Chen Xun.  Well, setidaknya beliau baik-baik saja sih ya. Dan mungkin kalau beliau kembali ke Beijing dan bertemu semuanya, luka lamanya akan berdarah kembali, jadi memang sebaiknya beliau tidak perlu datang.

Feng Hui dangat tidak menyukai kalau Chen Xun meminta maaf padanya, bahkan hingga selesai ia tetap tidak ingin Chen Xun minta maaf padanya. Tapi saya ingin sekali melihat mereka bertermu dan Chen Xun meminta maaf sekali lagi padanya, kali ini dengan senyuman. Ada adegan dimana Chen Xun menyampaikan ia meratapi dengan apa yang terjadi, dan jikalau sanggup ia ingin mengulanginya dari awal lagi. Tapi bagaimanapun penyesalan selalu tiba diakhir dan tidak akan sanggup diperbaiki dari awal. Yang sanggup kita lakukan hanya melanjutkan hidup dan jangan biarkan terulang lagi. Genggam apa yang kau yakini dan kau anggap penting, dan jang gampang melepaskan, pikir lagi, jikalau kau melepaskannya apakah kau akan sanggup yang lebih baik dari itu?

Ini movie tidak disarankan bagi pencari happy ending XD
Tapi bagi yang suka movie-movie tema nostalgia maka ini sangat disarankan. Indah banged lho ^^
Menurut saya sih temanya biasa, kisah cinta masa Sekolah Menengan Atas tapi pembawaannya membuatnya berbeda. Memang sih ini tidak sesuai dengan kultur kita ya, tapi berdasarkan saya Chen Xun itu cukup andal alasannya yakni tidak pernah menyentuh Fang Hui selama mereka pacaran. Meski di tertawakan oleh teman-temannya tapi ia yakin apa yang ia lakukan benar. Sayang sekali mereka ditakdirkan tidak bersama :'(
Mungkin itu yang terbaik bagi keduanya. ^^

Skor:

Story: 9/10
Cinematography: 10/10
Character: 8/10
Opening: 8,5/10
Ending: 8/10
Music: 10/10

RECOMENDED!

Continue Reading

More in C-Movie

To Top