Connect with us

Locafest.co.id

[Review] Dorama Special: Wagaya / Our House (2015)

Dorama

[Review] Dorama Special: Wagaya / Our House (2015)

Wagaya / Our Home yaitu sebuah SP Drama yang tayang di stasiun TV TBS dan MBS untuk perayaan tahun gres 2015. Aku sudah usang banged mendownload drama ini, semenjak tahun 2015 tapi mengendap di hardisk alasannya yaitu nggak ada subtitlenya. Beberapa waktu yang kemudian saya iseng search di d-addict ternyata subtitlenya sudah rilis. Aduh seneng banged!

Alasan utama saya tertarik pada drama special ini yaitu alasannya yaitu Osamu Mukai. LOL.
Aku kan dulu fans berat Osamu Mukai, saya mendownload hampir semua drama dan movienya. Hal itu sempat memudar sih, cuma gara-gara saya menonton Gegege No Nyobo beberapa waktu lalu, saya jadi baper Osamu Mukai lagi. Makanya saya tertarik lagi menonton drama ini 😂
FYI, meski namanya drama, ini drama hanya 1 episode karenanya namanya drama special.

Wagaya / Our Home tayang pada 4 Januari 2015 disutradarai oleh Hajime Takezono (Summer Rescue) dan naskahnya ditulis oleh Man Izawa. Drama berdurasi lebih dari 1 jam ini dibintangi oleh Osamu Mukai (Gegege no Nyobo, Yellow Elephant, Honey and Clover), Eri Murakawa (My Bos My Hero, Rookies, Little DJ), Kyozo Nagatsuka (Crisis, Hanamoyu), Yuko Tanaka (Mare, Hibi, Dearest), Mikako Ichikawa (Chiisana no Kyojin, Yae No Sakura, Shin Godzilla) dan cast lainnya.

Seperti judulnya, Wagaya / Our House / Rumah Kita, drama ini mengangkat tema keluarga yang berdasarkan saya cukup unik dan menyentuh. Well, semua drama atau movie  tentang keluarga memang niscaya menyentuh. Makara yang ingin menonton jangan lupa tissu-nya. Tapi saya lebih suka kekerabatan abang adik di drama ini dari pada kekerabatan anak dengan orang bau tanah HAHAHAHHAHA. Karena kekerabatan abang adik disini mengingatkan saya dengan adikku lol.
Selain itu pemandangan di drama ini manis banged. Pemandangan pedesaan daerah tinggal orang tua, atau gunung fuji yang dari sisi mana saja selalu indah.

SINOPSIS
spoiler alert

Ippo Sakuragi (Osamu Mukai) yaitu seorang laki-laki yang bekerja dibidang jasa. Pekerjaan ini dapat dibilang unik, dimana klien akan menelpon perusahaan melalui website mereka untuk meminta bantuan. Bantuan yang dimaksud disini yaitu sobat curhat, menyewa untuk melaksanakan sesuatu dan lain sebagainya.
Misalnya kalau kita pengen nonton konser dan nggak sempat mengantri tiket, mereka memperlihatkan jasa orang untuk mengantrikan tiket; kalau kita merasa kesepian, kita dapat menelpon perusahaan itu untuk meminta jasa sobat curhat, dibayar per jam; atau kita ingin reuni, disuruh bawa pacar tapi kita ga punya, kita dapat menyewa jasa mereka. Intinya sih begitu.

Ippo sendiri sudah cukup usang bekerja di perusahaan kecil itu selama ia tinggal di Tokyo. Prinsipnya sih jangan terbawa perasaan dengan pekerjaannya. Ia sering disewa seorang nenek untuk sobat curhat sekalian memasak untuk si nenek atau bermain kartu dan lain sebagainya. Nenek itu sudah menganggap Ippo menyerupai cucunya sendiri, tapi Ippo taat aturan, diluar jam kerjanya ia biasa menjaga jarak, bahkan kalau si nenek meminta jam tambahan, ia menolak, meski ditawari warisan oleh sang nenek.

Di lain daerah di Tokyo, Honoka Sakuragi yang bekerja sebagai tour guide memakai jasa perusahaan Ippo, alasannya yaitu ia tak yakin itu perusahaan baik, ia berbohong mengenai namanya. Kebetulan Ippo yang ditugaskan untuk menemui Honoka dan keduanya sama-sama shock ketika melihat wajah masing-masing, alasannya yaitu mereka berdua yaitu abang beradik.
Meski sama-sama tinggal di Tokyo, keduanya sudah putus kontak semenjak usang dan tak saling berhubungan, alasannya yaitu Ippo mengganti nomornya.
Honoka menyampaikan kalau ia akan menikah dan menciptakan kakaknya terkejut. Hal itu membawa Ippo kembali ke kenangan masa kecilnya bersama Honoka. Ia dan Honoka selalu bermain bersama setiap ekspresi dominan panas, adik kecilnya yang selalu mengikutinya dibelakang kini sudah berjalan dihadapannya dan akan memulai kehidupan baru, hal itu membuatnya tidak percaya.

Tapi pertemuan itu menciptakan keduanya kangen rumah dan memutuskan pulang ke rumah mereka yang jaraknya 2 jam dari Tokyo. Di rumah masa kecil mereka, ibu tinggal sendirian, bercocok tanam. Ayah Ippo & Honoka meninggalkan rumah ketika Ippo dan Honoka masih kecil. Ippo dan ayahnya dulu sangat dekat, ayahnya yaitu seorang koki dan kabarnya ayahnya pergi ke San Fransisco. Saat ayahnya pergi dari rumah Ippo sempat menahannya tapi ayahnya tetap pergi. Sementara dalam ingatan Honoka, hanya punggung ibunya yang memasak ketika ayah mereka meninggalkan rumah. Ia tidak punya banyak ingatan ihwal ayah mereka.

Honoka memberikan pada ibunya mengenai ia yang akan menikah dan ibunya pribadi dapat menebak kalau Honoka hamil dan menciptakan Ippo shock berat. Ia tak percaya adik kecilnya yang imut begitu lol. Honoka membenarkan, sehabis menikah ia akan tinggal bersama ibunya hingga ia melahirkan, ia sudah setuju dengan calon suaminya.
Tapi masalahnya yaitu Honoka berbohong mengenai ayahnya, ia tidak menyampaikan pada pacarnya kalau ayahnya kabur dari rumah, jadi dalam pertemuan keluarga nanti ia ingin ayahnya ada bersama mereka.

Ippo dan Honoka bertanya mengenai ayah mereka pada ibu dan ternyata ibu tahu banyak mengenai ayah mereka. Ayah ternyata tidak meninggalkan Jepang, melainkan masih di Jepang dan ibu mengetahui kalau ayah tinggal bersama seorang wanita. Ippo shock lagi mendengarnya. Ibu juga menyampaikan kalau rumah mereka ini yaitu milik ayah, karenanya ia akan selalu membuka pintu kapan ayah kembali dan ia akan selalu menunggu suaminya.
Ippo masih dendam dengan ayahnya alasannya yaitu kejadian masa lalu, tapi demi adiknya ia mulai mencari ayahnya dibantu oleh Remi Kadowaki (Mikako Ichikawa). Remi pernah menyewa Ippo sebagai sobat curhat alasannya yaitu gres diputuskan tunangannya dan sempat menjadi pelampiasan kemarahan Remi. Remi tertarik pada Ippo yang tampan dan berpendirian alasannya yaitu Ippo dengan tegas menolak undangan Remi untuk tidur meski ia membayar mahal. Keduanya kemudian menjadi bersahabat dan sering menghabiskan waktu bersama, terutama ketika mencari ayah Ippo.

Tapi sayang sekali, pada jadinya mereka tidak dapat menemukan ayah Ippo sementara hari pertemuan keluarga Honoka dan pacarnya semakin dekat. Pada jadinya Ippo memakai jasa perusahaannya sendiri untuk menyewa paman kenalannya yang akan berperan sebagai ayah mereka. Paman ini sudah sangat pengalaman dan ia kelihatan sangat lihai. Dan datang ketika hari pertemuan kedua keluarga, semuanya berjalan cukup lancar hingga tiba-tiba mereka diganggu dengan kehadiran Ayah kandung Ippo dan Honoka. Keluarga Sakuragi sempat panik melihat ayah disana dan Ippo dengan cepat dan tanggap pribadi mengamankan situasi.

Ibu sempat keluar sebentar menemui suaminya dan mengajaknya pulang ke rumah. Tapi Ippo menolak dengan keras, ia belum dapat memaafkan ayahnya. Ayah sendiri menyampaikan kalau ia tidak akan kembali ke rumah kalau anak-anaknya tidak menginginkannya. Pada jadinya ayah kembali meninggalkan rumah. Honoka sangat kesal alasannya yaitu ia belum sempat bertemu dengan ayahnya, alasannya yaitu ia harus menemani keluarga suaminya. Ia sangat murung dan memohon pada kakaknya, permohonan terakhir kali sebagai seorang adik, alasannya yaitu ia tidak punya banyak kenangan bersama ayah mereka, jadi sebelum menikah ia ingin mereka menghabiskan waktu berempat sebagai keluarga.

Ippo sangat mencintai adiknya dan memutuskan untuk mengabulkan permintaan itu. Ia kembali menemui ayahnya dan ketempat anggota keluarga melaksanakan perjalanan sehari di Tokyo menyerupai keluarga normal lainnya. Dalam perjalanan itu, Ippo berusaha menahan rasa bencinya pada ayahnya. Tapi begitu malam tiba, ia bertengkar dengan ayahnya alasannya yaitu duduk masalah pekerjaan. Ippo menyalahkan ayahnya kenaoa ia belum punya pekerjaan tetap hingga sekarang, alasannya yaitu tak ada yang ingin mempekerjakan seorang anak tanpa ayah dan ayahnya membalas kalau Ippo hanya menciptakan alasan saja, seharunya Ippo melawan memperlihatkan kalau tanpa seorang ayah ia dapat kuat.
Ippo sangat murka pada ayahnya alasannya yaitu sehabis kepergian ayahnya hidupnya sangat menderita dan ayahnya mengakibatkan alasan alasannya yaitu ia kehilangan ayah ketika usia 3 tahun, jadi ia tak dapat menjadi ayah yang baik.

Pertengkaran ayah dan anak itu ternyata mengungkap rahasia masa lalu, alasan bahwasanya kenapa ayah Ippo meninggalkan rumah. Aku cukuo shock dengan alasan itu alasannya yaitu saya nggak menyangka. Awalnya saya pikir ayah Ippo menduakan atau sakit parah tapi ternyata…… tonton aja ya hehehehehehe.

Ini drama special sangat menarik, saya sangat menyukainya. Aku suka kekerabatan Ippo dan Honoka. Mereka kelihatan bersahabat meski sering bertengkar. Bagaimana ibu yaitu seorang ibu yang berpengaruh yang selalu mengkhawatirkan anak-anaknya, apakah makan dengan cukup, apakah hidup dengan baik. Juga seorang ayah yang rahasia selalu mengawasi anaknya dari jauh. Dan bagaimana meski anak penuh kebencian, tapi di hati terdalam ia mencintai ayahnya.

Karena ini drama keluarga, jadi drama ini juga diakhiri dengan adegan keluarga. Aku tersentuh alasannya yaitu keluarga mereka kembali bersatu. Honoka dan Ippo juga jadi sering pulang ke rumah, menciptakan rumah mereka menjadi lebih ramai dari biasanya. Sebuah rumah penuh kenangan dan kehangatan.
Satu yang saya sayangkan yaitu kita ga dapat melihat anaknya Honoka lahir, saya pengen liat Ippo jadi paman yang sayang banged sama ponakan hehehehehe

SKOR:

Story: 4/5
Acting: 4/5
Cinematograohy: 4/5
Music: 3/5
Opening: 4/5
Ending: 4/5

Continue Reading

More in Dorama

To Top