Connect with us

Locafest.co.id

[Review] J-Drama: Kingyo Club / Goldfish Club (2011)

Dorama

[Review] J-Drama: Kingyo Club / Goldfish Club (2011)

Jatuh cinta dengan sebuah still drama, terjadi lagi. Nggak ada niat sama sekali menambah tontonan drama, alasannya masih banyak yang belum ditonton, kemarin entah kenapa dikala membuka google, saia menemukan sebuah still drama dan eksklusif tertarik. Hanya dengan sebuah gambar, saia jadi sangat tertarik untuk menontonnya, padahal sama sekali nggak kenal siapa mereka dan apa judulnya HAHHAHAHAH.


Ya, gambar diatas yaitu gambar yang membuat saya mendownload dan menonton NHK Drama tahun 2011 ini. Aku mengecek blog yang mengupload gambar itu dan menemukan kalau drama ini berjudul ‘Kingyo Club/Goldfish Club’. Langsung cek asianwiki untuk mengecek pemainnya dan semuanya wajah gres bagi aku, kecuali Irie Jingi yang ternyata pernah main di Strobe Edge dan Seigi no Mikata XD. Aku tertarik begitu saja, tapi ternyata sangat sangat sulit mencari link-nya, apalagi yang HD T_____T
Biasanya idws yaitu lembaga drama terlengkap, tapi sayang sekali, nihil. Aku sempat shock kok sanggup disana nggak ada HAHHAHAHAH.
Dan akhirnya, terpaksalah saia menonton melalui gooddrama ^^

Komentar di asianwiki ada yang menyampaikan ini drama underrated, jadi saya makin penasaran. Maksudnya yaitu dramanya bagus, tapi ga terkenal / ga banyak yang tertarik. Dan sesudah menontonnya saya mengerti. Dari pada dibilang kisah cinta dua anak SMA, ini drama lebih berat dari yang saya bayangkan. Aku tahu ini drama bukan pure romance, tapi saya pikir bakalan manis, ternyata dramanya cukup gelap, penuh emosi tapi tetap membuat saya senyam senyum sendiri HAHAHHAHAHA.
Dramanya keren XD
Dan siap-siap tissu deh XD

Story

Kingyo Club a.k.a Goldfish Club menceritakan wacana dua anak Sekolah Menengan Atas yang punya persoalan masing-masing, bertemu dan menemukan kalau mereka bersama, mereka merasa punya tempat, merasa nyaman dan merasa senang dengan cara mereka sendiri.

Haru Hiiragi (Irie Jingi) yaitu siswa tahun ke-3 di SMA-nya. Ia terkenal di sekolah, cerdik dan tampan. Banyak anak wanita yang naksir padanya, tapi ia bukan tipe yang gampang bersahabat dan selalu terlihat cuek. Ia merasa kehidupan SMA-nya sangat membosankan, tidak ada yang menarik. Sejak keluar dari klub basket, ia selalu bolos dan menghabiskan waktunya membaca di sebuah gudang yang sebetulnya para siswa dihentikan masuk ke sana. Ia menyebabkan itu sebagai daerah rahasianya.

Koto Harukawa (Yuiko Kariya) yaitu siswi tahun pertama di Sekolah Menengan Atas yang sama, ia gadis yang pendiam dan tidak memperlihatkan emosi apa-apa. Dihari pertama masuk sekolah, ibunya membuat keributan dengan mabuk dan ia mulai diganggu / dibully oleh sahabat sekelasnya. 3 sahabat sekelasnya selalu membully-nya, membawanya ke belakang sekolah, menumpahkan sesuatu padanya (susu, cat dlsb), membuang sepatunya ke daerah sampah, mencoret buku-bukunya, meninggalkan pesan maut untuknya dan lain sebagainya. Tapi Koto tidak pernah melawan, ia membisu saja mendapatkan semuanya dan hal itu juga tidak menghentikannya untuk tiba setiap hari ke sekolah dan menghadapi hal yang sama setiap hari, hanya alasannya ia anak dari seorang ibu yang bekerja di kafe dan ia tidak tahu siapa ayahnya.

Suatu hari, dikala Haru bersantai di daerah rahasianya, ia mendengar bawah umur membully Koto. Haru awalnya tidak peduli, tapi alasannya berisik, ia keluar dan menyuruh mereka berhenti. Pertemuan pertama itu singkat tapi mengena. Haru dan Koto saling bertatapan dengan pikiran masing-masing, tanpa sepatah kata-pun. Sejak dikala itu, Haru mulai tertarik pada gadis yang di-bully tapi tidak melawan itu.
Hari berikutnya ia menemukan Koto di bully kembali dan menyarankan ia melapor pada guru, tapi Koto tidak merespon. Bahkan Haru tidak sanggup tidak peduli pada gadis yang bangkit di atap sekolah yang seolah akan bunuh diri itu.

Karena Haru tidak sanggup hirau pada Koto, ia mulai mendekati Koto, mengajaknya bicara dan membantunya kalau ada kesulitan. Ia bahkan tak tahu kenapa ia mengajak Koto pulang bersamanya, makan cemilan dan bahkan singgah di festival. Keduanya bermain menangkap ikan mas dan mendapatkan dua ikan mas, merah dan hitam. Haru juga membawa Koto ke daerah rahasia-nya dan menyampaikan kalau Koto boleh tiba kapan saja kesana. Mereka berdua memelihara ikan mas disana dan alasannya itulah judul drama ini Kingyo Club, mereka berdua membuat sebuah klub rahasia, klub ikan mas :’)

Tapi tentu saja hanya alasannya Koto bersahabat dengan senior, bully tidak selesai, justru semakin parah. Koto semakin dibenci alasannya mereka memanggilnya gadis yang mencari perhatian pria, pelacur menyerupai ibunya dan lain-lain. Aku heran deh bully menyerupai ini, guru-nya kemana ya? O_0

Tapi persoalan bukan hanya itu. Haru sendiri memiliki dua sahabat, Sho Yanagihashi (Yoshizawa Ryo) dan Kayoko Kida (Erina Mizuno). Sejak awal kita sanggup melihat kalau Kida menyukai Haru dan Haru sendiri hanya menganggapnya teman. Selama ini Kida baiklah oke aja alasannya meski mereka tidak pacaran ia tetap menjadi gadis paling bersahabat dengan Haru. Tapi semenjak Haru dan Koto berteman, ia menjadi cemburu. Gadis yang baik kemudian menjadi jahat. Nenek sihir!

Koto sendiri di kelas-nya didekati oleh Takaya Motoi (Kurihara Goto), sahabat sekelasnya yang ganteng dan selalu membantunya. Tapi Koto memang terlihat tidak ramah, bawaan wajahnya memang begitu. Motoi sendiri menyukai Koto dan ingin Koto bergantung padanya. Tapi Koto hanya menganggapnya teman. Meski sudah di tolak, Motoi masih mendekati Koto dan bahkan memaksanya. Wajah ganteng bermetamorfosis iblis. Aku benci banged sama Motoi, semenjak awal hingga akhir, i wont forgive him!

Koto dan Haru meski banyak rintangannya, mereka semakin bersahabat dan menemukan daerah dihati masing-masing. Haru yang biasanya tidak tertarik dengan apapun mulai merasa kalau Koto istimewa dan untuk pertama kalinya ia ingin melindungi seseorang dengan sepenuh hati. Koto sendiri merasa ia tidak punya tempat, baik di rumah mau pun di sekolah dan Haru menyebarkan daerah baginya, di klub diam-diam mereka, jadi ia merasa punya daerah untuk pulang, untuk merasa nyaman, terang kalau Haru sangat special baginya. Tapi Koto yaitu tipe yang tidak ingin merenggut kebahagiaan orang demi dirinya.

Cast


Irie Jingi as Haru Hiiragi

Siswa senior tahun ketiga di SMA-nya. Ia terkenal dikalangan para siswi tapi tidak tertarik dengan mereka. Dia malas sekali masuk kelas dan menentukan bolos di daerah rahasianya. Tidak ada yang tahu daerah rahasianya itu dan Koto yaitu orang pertama yang ia bawa kesana.

Sebelum ini, Haru yaitu anggota klub basket yang ditendang keluar alasannya dituduh melaksanakan perbuatan tak senonoh pada manajer klub basket. Orang tuanya menikah lagi, ia tinggal berdua dengan ibu tirinya sementara ayahnya dinas di luar negeri. Ia tidak ramah pada ibu tirinya dan selalu menolak makan, bahkan bento yang ia bawa tak pernah ia makan.
Tapi semenjak bertemu dengan Koto dan melihat bagaimana kehidupan Koto, ia mulai baik dan mendapatkan ibu tirinya. Karena meskipun bukan ibu kandungnya, ibu tirinya sangat baik padanya, kalau dibandingkan dengan perlakuan ibu Koto pada puteri kandungnya.

Haru tidak tahu kenapa ia tertarik pada Koto dikala melihatnya di bully. Ia biasanya tidak bersahabat dengan orang asing, tapi ia tak sanggup mengalihkan pandangannya dari gadis itu. Ia semakin usang ingin tau dengan gadis itu dan perlahan mulai melihat kenapa Koto selalu terlihat berwajah muram, tidak tersenyum, tidak menangis dikala dibully, tidak memperlihatkan perasaan apapun dan menasehatinya mengenai ibunya. LAma kelamaan cinta muncul dalam dirinya dan ia mengkonfirmasi sendiri kalau ia menganggap Koto lebih dari pada sekedar sahabat satu klub rahasia.

Haru yaitu laki-laki yang bertanggungjawab, ia tidak meninggalkan Koto sendirian dikala gadis itu mulai menjauhinya alasannya suatu hal. Ia selalu berusaha membantu Koto kalau terjadi sesuatu, ia tak sanggup membiarkan gadis itu sendirian. Tapi ia hanya seorang anak Sekolah Menengan Atas yang tidak sanggup melawan orang cukup umur dan itu membuatnya frustasi. Salah satu adegan favorite saya yaitu dikala Haru menangis sendirian di pinggir sungai alasannya tidak sanggup melindungi daerah rahasianya bersama Koto.

Yuiko Kariya as Harukawa Koto

Dilahirkan dari seorang ibu yang bekerja di bar, ia tidak tahu siapa ayahnya. Ia menuliskan kalau ia tak memiliki struktur keluarga (anak yatim piatu) padahal ia memiliki ibu dan membuat Haru bertanya kenapa. Ibu Koto tidak menyukai puterinya sendiri alasannya menurutnya alasannya ia melahirkan Koto ia tidak bahagia, apalagi Koto yaitu anak dari laki-laki yang mengkhianatinya. Koto selalu dianggap remeh ibunya sendiri dan rumah mereka menyerupai sebuah penjara bagi Koto, ia tak sanggup bernafas disana.

Meski di bully disekolah setiap hari, Koto tidak pernah bolos hanya alasannya takut dibully. Meski ia tidak punya daerah dirumah maupun di sekolah, ia tetap tiba ke sekolah meski menemukan sepatunya ditempat sampah atau ia diseret ke belakang sekolah, dikunci di lemari, disiram dengan cat dan lain sebagainya, menurutnya, ia hanya harus menaggung itu selama 3 tahun. Karena itu ia tidak pernah menangis.
Ia tak pernah menyampaikan apapun pada orang dewasa, ia menanggungnya sendirian. Bukan alasannya ia sanggup menanggungnya, bukan alasannya ia tidak takut, bukan alasannya ia tidak terluka, ia hanya tak ingin menjadi beban orang lain. Kaprikornus ia selalu menyembunyikan perasaannya.

Sejak bertemu dengan Haru, Koto merasa ia punya tempat. Klub Ikan mas yang mereka buat yaitu daerah dimana Koto merasa nyaman disana, hanya dengan duduk dan memberi makan ikan mas. Ia menganggap Haru yaitu pahlawannya, ia merasa hal paling membahagiakan dalam hidupnya hingga kini yaitu diselamatkan oleh haru dan Haru yaitu orang yang menganggapnya ada, menyebarkan sebuah daerah untuknya. Koto sangat menyukai Haru.

Tapi Koto bukan orang yang mementingkan kebahagiaannya sendiri. Makanya dikala ia tahu kalau Kida menyukai Haru dan menyampaikan ia merebut Haru darinya, Koto merasa tidak yummy dan meninggalkan Haru. Ia menuliskan surat untuk Kida yang menyampaikan kalau ia sangat sangat menyukai Haru dan berharap Kida membuatnya bahagia.

Erina Mizuno as Kayoko Kida

Aku sudah merasa semenjak awal kalau gadis ini bermuka dua. Ia yaitu puteri kepala sekolah, sahabat Sho dan Haru semenjak tahun pertama di SMA. Ia gadis yang bagus dan baik. Ia menyukai Haru, tentu saja, tapi ia tidak pernah mengatakannya. Ia sudah cukup senang berada disamping Haru sebagai gadis yang paling bersahabat dengannya.

Tapi semenjak Haru muncul, ia menjadi kahwatir. Awalnya ia menjadi sahabat bagi Koto dan membantu Koto dikala di bully juga. Atas seruan Haru ia juga mengajak Koto makan bersamanya meski sebetulnya ia merasa kalau ia tidak tulus. Setelah tahu Haru dan Koto berpacaran, ia menjadi hilang nalar dan memanfaatkan Motoi untuk memisahkan mereka, meski Motoi melaksanakan lebih dari yang ia minta.

Awalnya saya pikir ia merasa bersalah sesudah mengetahui apa yang terjadi, tapi ternyata ia malah makin parah. Sengaja menyampaikan pada Koto kalau semenjak Koto datang, Koto merebut Haru darinya, padahal dulu mereka pasangan yang mesra dan lain sebagainya. Aku benar-benar membenci gadis ini sesudah itu, ia tak berhenti pada kesalahan pertama dan malah melaksanakan kejahatan keduanya. Aku nggak peduli ia dimaafkan oleh Haru dan Koto, saya tetep benci sama ia huh!

Haru sebetulnya tahu kalau Kida menyukainya tapi ia tetap ingin sebagai teman. Ia juga tahu kalau Kida ada dibalik semuanya, alasannya ia tahu bagaimana gerak-gerik Kida kalau gugup, tapi Haru ingin Kida mengaku sendiri jadi ia menunggunya.

Kurihara Goro as Takaya Motoi

Teman sekelas Koto yang menyukainya. Ia selalu terlihat membantu Koto di kelas tapi ia tak terlihat membantunya kalau Koto sedang di bully. Ia sangat menyukai Koto dan malah menjadi terobsesi padanya. Ia sangat cemburu melihat Koto bersama Haru dan memperingatkan Koto kalau Haru yaitu seorang ‘rapist’.

Ia menyatakan perasaannya pada Koto dan meski sudah ditolak, Motoi tidak menerimanya alasannya ia ingin alasan yang jelas. Koto dengan terang menolaknya dan menyampaikan ia menyukai orang lain. Motoi menjadi makin kesal alasannya Koto lebih menentukan Haru darinya. Ia menjadi terobsesi dan dengan sumbangan Kida ia mengetahui ruang diam-diam mereka dan mengacau disana.

Ia melaksanakan hal tidak senonoh pada Koto dan membuat Koto shock sehingga kehilangan suaranya. Sejak dikala itu Koto tidak masuk sekolah dan mengunci diri di kamar-nya, ia trauma. Ia juga menolak bertemu dengan Haru semenjak hari itu, sementara Haru tidak tahu apa yang sebetulnya terjadi. Meski Haru merasa asing dan yakin ada sesuatu dengan Motoi. Tapi semenjak hari itu Motoi tidak sanggup ditemui, bahkan di kamar rawat inap-nya tidak boleh ada yang mengunjunginya.

Dari awal hingga akhir, saya sangat sangat sangat membenci si Motoi! Bahkan melebihi si nenek sihir Kida!
Aku kesal ia sama sekali tidak pernah menyampaikan maaf pada Koto atas apa yang dilakukannya –“

Yoshizawa Ryo as Sho Yanagihashi

Sahabat Haru semenjak tahun pertama bersama Kida. Ia anggota klub sepak bola. Ia selalu mendukung Haru dan kadang menjadi sahabat curhat Haru. Ia sedikit kesal alasannya Haru menyembunyikan mengenai daerah diam-diam dan bahkan shock dikala tahu sahabatnya berpacaran dengan Koto. Sho menyukai Kida semenjak tahun pertama, tapi ia tahu mata Kida hanya tertuju pada HAru.

Erina Nakayama as Saori Ueno

Ueno yaitu sahabat sekelas Koto. Ia tahu Koto di bully tapi ia tak sanggup melaksanakan apapun. Meski begitu, Ueno mulai mendekati Koto dan membantunya kalau Koto dibully di kelas. Tapi ia tak punya banyak keberanian melawan yang lain. Dulu Ueno di bully dikala SMP, alasannya itu ia masih trauma.

Tapi alasannya merasa sudah keterlaluan, Ueno mulai buka verbal dikala sasaran bully selanjutnya yaitu ia dan itu membuat sahabat sekelas mereka juga mulai kesal pada 3 orang tukang bully di kelas. Ueno banyak membantu Koto dan menjadi sahabat baik Koto pada akhirnya.

Apakah kalian sudah pernah menonton drama taiwan ‘Mars’?
Nah, kalau kalian sudah pernah menontonnya, maka drama ini sedikit banyak menyerupai dengan Mars, mengambil tema lebih ke arah psikologis para karakternya tapi ini versi anak SMA.
Saat menonton drama ini, saya mulai memikirkan Mars dan menemukan seidkit kemiripan didalamnya.
Intinya, dua orang terluka kemudian bertemu dan menemukan kalau mereka berdua lebih daripada yang mereka bayangkan, alasannya mereka nyaman dan merasa healing kalau bersama.

Koto yaitu gadis yang baik, tapi ia selalu menyampaikan ‘aku tidak apa-apa’ meski kita tahu kalau ia tidak baik-baik saja. Ia tidak mau menjadi beban orang lain alasannya efek bagaimana ia dibesarkan dirumah. Meskipun anak dan ibu, keduanya terlihat menyerupai orang asing.
Karenanya Koto sedikit iri pada Haru, meski bukan ibu kandungnya, tapi ibu Haru sangat baik dan begitulah seharusnya seorang ibu. Haru menyadari betapa beruntungnya ia dan mulai bersikap baik pada ibunya.

Haru sangat kesal pada ibu Koto yang selalu menganggap Koto tak ada, selalu meremehkan Koto dan menyampaikan kalau semuanya salah Koto alasannya ia dilahirkan, anak dari laki-laki yang membuangnya. Haru masih merasa bagaimana pun keduanya yaitu ibu dan anak. Ia menyampaikan kalau selama ini Koto di bully di sekolah meski begitu ia tetap berusaha terlihat baik-baik saja dan bahkan masih tiba ke sekolah, meski ia takut melangkah masuk ke ruang kelas.
Setidaknya dengan mengetahui hal itu ibu Koto menjadi sedikit peduli pada puterinya yang kehilangan suaranya.

Pertemuan Haru dan Koto, kebersamaan mereka di ruang klub dan membesarkan dua ikan mas yang mereka dapatkan bersama, hal-hal sederhana ini ternyata sanggup membuat keduanya bahagia, hanya dengan membisu dalam ruang klub. Ini menyerupai sejenak mereka sanggup melupakan kesedihan dan ketakutan yang terjadi di luar ruangan klub. Karena itu Koto menyampaikan Haru membuat sebuah daerah untuknya. Disana, ia sanggup merasa nyaman.

Hubungan cinta Haru dan Koto lebih besar lengan berkuasa dari yang saya perkirakan. Dengan persoalan yang mereka hadapi, meski Haru hanya anak Sekolah Menengan Atas yang tak memiliki kekuatan apa-apa, ia berusaha melindungi gadis yang ia sukai dan membuatnya tersenyum. Ia tidak mengalah meski Koto menolak bertemu dengannya. Ia tetap berusaha mencari jalan keluar bagaimana semoga ia sanggup melindungi gadis itu. Haru soooooo sweeeeeeeeeeeeet banged!!!!!!

Tema ini memang sedikit berat bagi anak Sekolah Menengan Atas ya, tapi hal ini memang banyak terjadi di jepang lho, mengenai bully2 begini. Aku masih penasaran, kemana para guru ?
Mungkin alasannya saya memang nggak sanggup nonton drama dengan tema bully, alasannya saya kurang suka, jadi ini memang drama berat banged bagi aku. Tapi Koto dan Haru imut banged, korelasi meerka juga sweet dengan sendirinya, jadi dikala menonton saya senyam senyum sendiri. apalagi bab kiss mereka berdua, aduuuuuuuuuuuuuuuhhh, kissu penuh air mata sebagai konfirmasi, sangat manis XD XD XD XD

Satu lagi yang saya suka dari drama ini yaitu BGM-nya!
Aku suka banged kalau drama banyak BGM. Drama jepang jarang lho ada BGM-nya dan drama ini memperlihatkan BGM Instrumental yang cocok banged dengan suasananya, saya suka banged sama BGM pas judul drama ini akan keluar. Musik-musik yang duka itu lho XD
Aku pengen download tapi nggak tahu judulnya hhahahhahaaha

Link download drama ini sangat sulit >.<
Aku cek di google juga nggak ada yang upload drama ini hingga selesai, ada sih beberapa tapi link-nya mati T_T
Ada blog indonesia yang membuat sub drama ini, sayangnya hanya hingga episode 3. Dan akhirnya, saya mendownload melalui gooddrama (pake idm).
Jadi, bagi yang bertanya dimana saia mendownload drama ini, silakan cek di doramax264 (pilih tusfiles, tapi banyak yg mati link-nya) atau sekalian aja streaming di gooddrama (english hardsub). Atau kalau kalian menemukan RAW file-nya, engsub-nya ada di d-addict. Untuk sub indonesia, saia tidak tahu dimana XD

Overall ini drama bagus banged. Aku rekomendasikan bagi kalian yang menyukai drama anak Sekolah Menengan Atas yang tidak pure love, tapi lebih ke arah kehidupan kelam sebagai anak SMA, terutama bagi yang suka dengan tema-tema bullying. Aku menentukan drama ini juga alasannya ada kisah cintanya HAHAHHAHAHA.
Tapi drama ini juga banyak kekurangannya, salah satunya ya itu, masa bully gitu gurunya ga nyadar sih. GA ada tugas guru dalam drama ini, jadi fokusnya lebih ke arah Haru dan Koto. Aku suka banged sama Koto. Chemistry Jingi dan Yuiko keren booooooooooooooooooo! Kapan-kapan main drama bareng lagi plisssssss

“I decided to walk not letting go the hand that’s right in front of me.”

Continue Reading

More in Dorama

To Top