Connect with us

Locafest.co.id

[Review] Kbs Drama Special: If We Were A Season (2017)

Chae Soo Bin

[Review] Kbs Drama Special: If We Were A Season (2017)

If We Were A Season yakni sebuah drama special yang ditunggu-tunggu oleh penggemar Love in the Moonlight alasannya yakni OTP Chae Soo Bin (Love in The Moonlight, Cheer Up!, Rebel: Thief Who Stole the People) dan Jin Young (Love in the Moonlight, Warm and Cozy, Persevere Goo Hae Ra) bermain dalam drama ini.
Selain itu drama ini ditulis oleh penulis Moonlight, Im Ye Jin yang dulu sempat menulis KBS Drama Special Contact Man dan drama School 2015.
Kalau alasan saya menonton drama ini sih alasannya yakni kayaknya asik aja gitu melihat teasernya. HAHHAHAHAHA. Nggak ada alasan khusus.
Tapi sehabis menontonnya, saya merasa kalau Jang Dong Yoon (School 2017, Solomon’s Prejury, Beautiful Days) ini mempunyai aura Kim Soo Hyun banged.
Saat menonton aktingnya dalam drama ini, saya inget KIm Soo Hyun HAHHAHAHAHA.

KBS Drama Special merupakan drama mingguan yang tayang di KBS, biasanya hanya 1 episode saja tapi untuk beberapa drama ada yang 2,3,4 atau lebih episodenya. Jangan salah ya, meski 1 episode, ini yakni drama, bukan movie.
Biasanya tema yang diambil kebanyakan mengenai keluarga. Aku sendiri tidak rutin menonton KBS DRama Special, saya menonton kalau saya suka castnya aja LOL.
KBS Drama Special terakhir yang saya tonton sebelum ini yakni Red Teacher yang dibintangi Jung So Min dan Lee Dong Hwi 🙂
Favorite saya sepanjang masa masih Puberty Medley hehehhehehe.
Aku pernah menciptakan sinopsisnya duluuuu banged di blog pertama, tapi dihapus google dan saya lupa back up. Sebenarnya file tulisannya masih saya simpan, tapi file gambarnya ga ada lagi HAHHAHAHA.

Oke, kali ini saya akan membahas mengenai KBS Drama Special If We Were A Season yang berdasarkan saya cukup membingungkan.
Aku sudah menonton RAW tapi alasannya yakni nggak ngerti jadi saya sabar menunggu subtitlenya. Awalnya saya mencoba sofsub yang rilis, tapi alasannya yakni bahasanya awut-awutan jadi saya sengaja menunggu versi KBS World dan semalam pas saya cek, untung udah ada. Makara saya menontonnya tadi pagi HAHAHAHAHA.
Berikut ini sinopsis singkatnya dan berisi 100% spoiler, alasannya yakni saya ingin membahas mengenai endingnya yang membingungkan hohohoho

SINOPSIS

Drama ini menceritakan kisah 2 anak yang lahir dihari yang sama, Uhm Gi Seok (Jang Dong Yoon) dan Yoon Hae Rim (Chae Soo Bin). Orang renta mereka berdua berteman dan rumah mereka tetanggaan, jadi semenjak kecil, Gi Seok dan Hae Rim sudah bersama dan mempunyai korelasi yang special.
Tapi dikala SMP, mereka berdua sempat perang masbodoh dan tidak saling bicara hingga kelas 3 Sekolah Menengan Atas dihari pertama masuk sekolah, rem sepeda Hae Rim blong dan ia hampir terjatuh, untung Gi Seok yang ada disana menyelamatkannya. Dan semenjak dikala itu mereka berdua berbaikan kembali.

Hubungan Gi Seok dan Hae Rim ini sangatlah unik. Mereka merasa nyaman satu sama lain.
Mereka berdua selalu bersama-sama dan saling pengertian. Hae Rim punya kebiasaan meninggalkan ikat rambutnya dimana saja dan Gi Seok yang selalu memungutnya.
Gi Seok entah kenapa tidak bakir mengikat tali sepatunya sendiri dan HAe Rim selalu membantunya.
Hubungan mereka baik-baik saja hingga suatu hari seorang anak pindahan muncul di kehidupan mereka.

Hal ini terjadi dikala Hae Rim dan Gi Seok terlambat masuk sekolah alasannya yakni sepeda Gi Seok rusak ditengah jalan (Karena sepeda HAe Rim rusak dikala jatuh di hari pertama masuk sekolah, jadi ia kesekolah bareng Gi Seok).
Mereka berdua masuk ke area sekolah dengan memanjat dinding sekolah dan disana mereka melihat wajah tak dikenal yang sedang merokok. Ternyata laki-laki itu yakni Oh Dong Kyung (Jin Young) seorang siswa pindahan dari Seoul.
Gi Seok semenjak pertama melihat Dong Kyung sudah tidak tenang, alasannya yakni entah kenapa ia merasa ia harus waspada pada Dong Kyung. Ia mengkhawatirkan Dong Kyung menyukai Hae Rim.
Makara Gi Seok sengaja bermanja-manja pada HAe Rim kalau ada Dong Kyung dan kalau Dong Kyung mau bicara pada Hae Rim, ia selalu menghalanginya.

Suatu hari, guru menghukum Gi Seok untuk menciptakan essay 5W1H mengenai kiprah yang ia berikan. Guru memperlihatkan kiprah pada pada siswa untuk menuliskan apa yang ingin mereka lakukan di semester pertama dan Gi Seok malah menulis ‘passionate kiss’ HAHHAHAHA. Makanya guru murka dan sengaja menciptakan Gi Seok mengerjakan kiprah tambahan.
Selagi mengerjakan tugasnya dengan penuh penghayatan, dan kita terperinci tahu kalau Gi Seok ingin kisseu dengan HAe Rim, ia hampir menulis nama Hae Rim dikala Hae Rim muncul di kamarnya tanpa mengetuk pintu dan menciptakan jantung Gi Seok hampir copot.
Kebiasaan Hae Rim yakni nongkrong nonton film di kamar Gi Seok, ia bahkan menyuruh Gi Seok memasakkannya  cup ramyun.
Saat itu mereka menonton film barat yang ada adegan kiss-nya dan Gi Seok beneran nggak hening LOL
Tapi Hae Rim menyampaikan ia tidak suka sebuah film berakhir dengan adegan kiss, ia ingin kelanjutan sehabis itu. Sementara Gi Seok sendiri malah suka yang berakhir dengan kiss, yang artinya happy ending
Tapi bagi Hae Rim, ending idelanya yakni sebuah pelukan erat, yang membuktikan kalau kisah itu belum berakhir dan masih ada kelanjutannya.

Suatu hari, HAe Rim melihat sebuah sms mencurigakan di HP ayahnya dan ia sengaja mengikuti ayahnya dikala keluar rumah dan melihat ayahnya bersama perempuan lain yang ternyata yakni ibu Dong Kyung, alasannya yakni ia bertemu Dong Kyung yang juga mengikuti ibunya.
HAe Rim mengira kalau ayahnya menduakan dengan ibu Dong Kyung, tapi ternyata tidak sama sekali. Hae Rim menjadi lega, hari itu ia menghabiskan waktu bersama Dong Kyung.
Sementara itu ternyata Hae Rim berbohong pada ibunya menyampaikan ia ke perpustakaan. Ibu menyampaikan itu pada Gi seok dan Gi Seok mulai khawatir. Ia mencoba menghubungi Hae Rim tapi Hae Rim menolak panggilannya.
Gi Seok yang resah curhat pada ibu Hae Rim dengan menyampaikan ‘ini yakni problem temannya’ tapi tentu saja ibu mengetahui kalau Gi Seok menceritakan wacana perasaannya sendiri.
Gi seok menyampaikan kalau ia tidak tahu apakah ia harus mengatakannya pada gadis itu atau tidak mengingat korelasi mereka selama ini. Ibu menyampaikan pada Gi Seok kalau tidak tahu jawabannya maka bertanyalah, tapi tunggu hingga kuliah nanti.

Suatu hari Gi Seok sakit flu dan ia tidak menemani Hae Rim berguru di perpustakaan, biasanya Gi Seok selalu menemani Hae Rim meskipun kerjanya cuma tidur aja.
Dan hari itu kebetulan hujan, Hae Rim pulang kemalaman dan ternyata Dong Kyung menunggunya (Sebelumnya dikala mereka bersama-sama dikala menguntit ibu dan ayah mereka, Dong Kyung pernah bertanya kalau pulang sekolah Hae Rim kemana dan Hae Rim menyampaikan ia ke perpustakaan).
Dong Kyung mengajaknya pulang bersama, jalan kaki biar romantis wkkwkwkwkwk.
Tepat di depan rumah Hae Rim, Dong Kyung menyatakan perasaannya pada Hae Rim. Disini kita belum melihat balasan Hae Rim tapi di adegan lain kita tahu kalau Hae Rim menolak Dong Kyung sambil menatap ke arah rumah Gi Seok.

Gi Seok yang merasa kalau Dong Kyung menjadi bahaya baginya shock melihat Hae Rim menonton pertandingan bola Gi Seok dengan bersemangat. Ia jadi terbakar api cemburu. Ia tidak tahu kalau alasan Hae Rim menonton gotong royong yakni alasannya yakni HAe Rim khawatir Gi Seok akan main bola, alasannya yakni Gi Seok masih demam.
Gi seok malah masuk sebagai pemain dengan tujuan mengalahkan Dong Kyung. Ia bermain sangat bersemangat meski kesannya kepalanya membentur tiang gawang dan pingsan.
Hae Rim kesal sekali Gi Seok bermain bola dikala ia demam 39 derajat. Terjadi pertengkaran kecil diantara mereka di ruang kesehatan. Awalnya Gi seok ingin menanyakan sesuatu pada Hae Rim disana tapi ia kemudian meminta HAe Rim menemuinya di taman jam 10 malam ini.

Malam itu yakni pesta ulang tahun ibu Hae Rim dan disana hatinya benar-benar tidak hening alasannya yakni ayahnya tidak ibarat biasanya. Selama ini dikala ulang tahun ibunya, ayahnya selalu memperlihatkan hadiah syal, tapi tidak untuk tahun ini.
Karena khawatir, Hae Rim teringat mengenai percakapan ayahnya dan ibu Dong Kyung, dikala itu mereka membicarakan mengenai piano piece sheet yang sulit dicari, ibu Dong Kyung membantu ayahnya mencarinya.
Ibu Hae Rim gotong royong belakangan ikut les piano dan Hae Rim malam itu pergi ke kawasan les piano itu. Ia melihat si guru les memegang sheet piano yang dicari ayahnya dulu dan ayahnya juga ada disana malam itu.
Hae Rim benar-benar terkejut dan ayah berusaha menjelaskan kalau ini tak ibarat yang dibayangkan Hae Rim. Tapi tentu saja Hae Rim tidak percaya.
Ayah menyampaikan ia mencari sheet piano itu alasannya yakni guru itu menginginkannya ia juga tak tahu kenapa ia melakukannya. Intinya sih ia jatuh hati begitu saja tanpa tahu alasannya.
Hae Rim yang terluka pergi ke taman untuk menemui Gi Seok tapi alasannya yakni ia terlalu sedih, ia memutuskan tidak menemuinya dan menangis meninggalkannya.

Keesokan harinya, Hae Rim berubah, ia tidak ingin berangkat bersama Gi Seok lagi dengan alasan sepedanya sudah diperbaiki. Tapi Gi Seok tahu alasannya alasannya yakni Hae Rim gotong royong menyukai Dong Kyung.
Tapi saya merasa Hae Rim sama sekali tidak menyukai Dong Kyung, ia hanya mencari alasan biar hubungannya dan Gi Seok tidak berubah, tetap berteman saja, alasannya yakni cinta itu dapat berubah ibarat ayah dan ibunya, jadi ia takut akan hal itu.
Karena itu Hae Rim sengaja mengaku kalau ia menyukai Dong Kyung semenjak pandangan pertama dikala Gi Seok bertanya semenjak kapan Hae Rim menyukainya.
Sebenarnya, dikala Hae Rim tidak jadi menemui Gi Seok di taman, ia bertemu dengan Dong Kyung dan bertanya kapan Dong Kyung mulai menyukainya, Dong Kyung menyampaikan semenjak kejadian di dinding sekolah itu. Makanya Hae Rim menyampaikan hal yang sama pada Gi Seok.
Ini adegannya murung banged, alasannya yakni Gi Seok percaya dan menangis, sementara Hae Rim juga terluka alasannya yakni ia juga menyukai Gi Seok.

Waktu berlalu sehabis dikala itu, korelasi keduanya kembali berubah. Hae Rim yang berharap mereka tetap berteman, tapi malah menciptakan korelasi keduanya benar-benar semakin jauh alasannya yakni Gi Seok terus menghindarinya untuk menata perasaannya.
Bahkan hingga dikala kelulusan, keduanya tidak pernah bicara, mereka hanya bertemu di sekolah, itu pun tidak pernah saling pandang.
Suatu hari Gi Seok memanggil Hae Rim dari jendela kamarnya untuk memperlihatkan rekaman pada Hae Rim, selama ini Gi Seok selalu merekam acara HAe Rim dibidang olahraga alasannya yakni HAe Rim ingin menjadi seorang guru.
Gi Seok menasehari HAe Rim kalau Hae Rim tidak cocok menjadi seorang guru olahraga alasannya yakni Hae Rim tidak dapat olahraga, jadi ia meminta Hae Rim memikirkannya kembali mengenai rencana masa depannya.
Disini saya sempat berfikir kenapa HAe Rim ingin menjadi guru olahraga padahal ia tak bisa/tidak menikmati olahraga?
Aku merasa jawabannya yakni alasannya yakni Gi Seok menyukai olahraga, Gi Seok itu meski gitu ia anggota tim sepak bola, alasannya yakni ia selalu bawa sepatu bola kalau saya lihat LOL.

DAn keduanya tidak pernah bicara lagi semenjak dikala itu.
Suatu hari sebelum keberangkatannya ke Seoul, Hae Rim menatap kamar Gi Seok yang tidak pernah terbuka. Ia melihat mainan masa kecil mereka, mainan telpon pake tali gitu dan menyadari kalau tali itu ternyata pernah putus dan disambung kembali.
Lalu adegan beralih di stasiun kereta api dimana Gi Seok tiba untuk mengantar kepergian Hae Rim ke Seoul.
Ia menatap Hae Rim dengan senyuman dan berjalan ke arahnya sambil diperlihatkan kilasan-kilasan masa lalu.

Dimana yang memperbaiki tali telpon mainan itu yakni Gi Seok sendiri, dikala SMP, dikala keduanya tidak saling bicara alasannya yakni kesalahpahaman kecil.
Kemudian kita juga melihat kalau Gi Seok yang sengaja menunggu Hae Rim berangkat ke sekolah dan sengaja lewat di depan pintu pagar biar mereka bertemu kebetulan dan berangkat sama-sama.
Sebenarnya Gi Seok melihat Dong Kyung yang menjemput Hae Rim di perpustakaan dikala hujan. Saat Hae Rim bersama Dong Kyung dimalam ia meminta Hae Rim ke taman, ia juga melihat keduanya.
Makanya Gi Seok yakin kalau itu yakni balasan HAe Rim atas perasaanya.

Ending drama ini memperlihatkan kalau Gi Seok memperlihatkan ending ideal yang dibutuhkan oleh Hae Rim, sebuah pelukan dekat yang menghangatkan hati. Dan ibarat kata Hae Rim, itu artinya kisah mereka tidak hanya berakhir hingga disana. Intinya sih open ending.
Tapi disini saya dapat melihat kalau Gi Seok sudah merelakan cinta pertamanya sementara Hae Rim tidak ingin merubah korelasi mereka. Intinya sih mereka tetap berteman, tapi alasannya yakni ini bukan akhirnya, kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi selanjutnya kan? Mengingat ibu Hae Rim juga meminta Gi Seok nanti bertanya pada Hae Rim kalau mereka sudah kuliah HAHHAHAHAHA.
Tapi pada kesannya keduanya berpisah, HAe Rim akan ke Seoul dan Gi Seok tetap di desa mereka.

Nah, banyak yang bertanya bagaimana gotong royong korelasi Gi Seok-HAe Rim-Dong Kyung di drama ini. Aku sudah menjelaskan sebagian diatas dan akan saya ulangi lagi disini.
Makara berdasarkan aku, berdasarkan saya ya, Hae Rim itu menyukai Gi Seok. Aku tidak mencicipi HAe Rim menyukai Dong Kyung sama sekali, bahkan dikala ia bertanya mengapa Dong Kyung menyukainya, gotong royong itu untuk mencari tahu kenapa ayahnya menyukai si guru piano itu padahal belum usang kenal. Dan balasan Dong Kyung kalau cinta tak pernah punya alasan dan dapat terjadi di pandangan pertama menciptakan Hae Rim yakin kalau ayahnya menyukai perempuan itu. Can’t help but fall in love.
Kenapa Hae Rim menolak Dong Kyung?
Ya alasannya yakni ia memang nggak mencicipi cinta pada Dong Kyung, alasannya yakni gotong royong Hae Rim itu menyukai Gi Seok.
Lalu kenapa Hae Rim menolak Gi Seok dalam artian berbohong pada Gi Seok kalau ia menyukai Dong Kyung?
Karena Hae Rim tahu cinta dapat berubah. Ia masih dalam masa trauma melihat ayahnya mengasihi perempuan lain, ayahnya yang selama ini selalu mengasihi ibunya, cinta ayahnya berubah. Karena itu ia takut menjalin korelasi dengan Gi Seok, alasannya yakni perasaan akan berubah, jadi lebih baik mereka berteman ibarat kini ini. Ia tidak mau hubungannya dan Gi Seok berubah alasannya yakni cinta. Hae Rim sengaja mengakui kalau ia menyukai Dong Kyung dengan memperlihatkan balasan yang sama kapan Dong Kyung menyukainya.
Gi Seok percaya alasannya yakni ia memang sudah merasa tidak hening semenjak awal dan ia juga sering melihat keduanya bersama-sama.

Makara pada dasarnya Gi Seok dan HAe Rim itu bagaimana?
Mereka tetap berteman. Gi Seok merelakan cinta pertamanya tanpa tahu Hae Rim juga menyukainya dan Hae Rim tidak akan menyampaikan ia menyukai Gi Seok. Tapi alasannya yakni HAe Rim pernah menyampaikan bila pelukan yakni ending sebuah film, maka kisah mereka belum berakhir hingga disana, jadi kita ya cuma dapat menebak apa yang terjadi selanjutnya. Sayang sekali KBS Drama Special nggak akan ada season 2 HAHHAHAHAAHHAHA, saya hanya dapat berharap ada yang meremake-nya menjadi kisah yang lebih panjang.

Tapi gotong royong saya baca banyak yang bilang Hae Rim beneran suka sama Dong Kyung tapi tidak mau melukai Gi Seok yang menyukainya, makanya ia menolak keduanya. HAl ini dapat saja sih, tapi sayang sekali saya sama sekali tidak mencicipi Hae Rim menyukai Dong Kyung HAHAHAAAHAH, Makara saya tetap pada teori pertama.
Mengenai yang menelpon dikala Hae Rim dikamar, banyak yang bilang itu Dong Kyung. Tapi di subtitle sama sekali nggak ada nama Dong Kyung dan kita sama sekali tidak tahu siapa yang ditelpon. Dong Kyung memang pindahan dari Seoul dan ada kemungkinan ia kembali ke Seoul untuk kuliah.
Tapi ada kemungkinan juga kalau orang yang ditelpon yakni sobat Hae Rim, yang mungkin kuliah di Seoul juga. Makara ya saya nggak dapat memastikan HAHAHHAHA.

Kalau berdasarkan saya drama ini menggantung banged dan memusingkan.
Kalau saya sih nggak kaget ya, alasannya yakni ini KBS Drama Special, biasanya drama special kbs memang begini formatnya. Lompat-lompat dan memusingkan juga. Tapi nggak separah ini sih drama yang lain wkwkkwkwkwk.
Yang saya suka dari drama ini yakni cinematography-nya, indah bangeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeddd!!!
Cara pengambilan gambarnya manis berdasarkan saya dan sama sekali nggak membosankan mau berkali-kali nonton juga XD
Awal nonton drama ini saya juga akan kecewa sih alasannya yakni openingnya, cara pengenalan bagaimana Hae Rim dan Gi Seok tumbuh bersama itu miriiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiip banged sama opening Tamako Love Story. Aku aja kaget lho, begitu download, nyoba nonton RAW saya ternganga dan saya sempat berhenti nonton  gara-gara itu. Kemudian lanjut nonton pas buat FMV-nya dan nonton lagi pas subnya udah rilis.
Menurut saya ceritanya sih not bad ya, tapi memang butuh energi untuk mikir HAHHAAHAHA
Yang nggak suka kisah sad ending mending ga usah nonton, tapi saya merasa ini drama endingnya menarik dan memang menggantung banged, butuh kelanjutan.
Karena pada kesannya Gi Seok sama sekali tidak pernah menyampaikan ia menyukai Hae Rim lho, mungkin dari sikapnya kita tahu tapi ngomong eksklusif itu memang belum pernah. Semoga di masa kuliah mereka Gi Seok bilang deh, sekali aja HAHHAHAHHAHHA. Meski kita ga akan melihatnya.

Continue Reading

More in Chae Soo Bin

To Top