Connect with us

Locafest.co.id

[Trivia] Japanese Movie Recommendations List

J-Movie

[Trivia] Japanese Movie Recommendations List

Karena ada banyak yang menanyakan rekomendasi untuk J-Movie, jadi saya memutuskan untuk membuat list rekomendasi Japanese Movies dari . Disini hanya list saja, saya tidak menjelaskan secara detail. Kalau ingin lebih detail-nya, beberapa sudah saya masukkan dalam tag recommended.

List ini saya buat menurut pendapat langsung aku, bahwa ini movie yang bagus dan bisa dicoba bagi yang ingin menontonnya, sebagai rujukan movie^^

Sebagai catatan, saya memang menyukai movie jepang tapi bukan berarti saya menonton semua movie jepang, jadi list disini hanya sebagian kecil dari movie jepang, dan tentu saja yang pernah saya tonton hehehehe.

Latest Update: 10 November 2017

Bagi yang menyukai ‘Romance School-Life’ movie:

  • Close Range Love / Kinkyori Renai – Kisah cinta antara seorang siswa pandai tapi buruk dalam pelajaran bahasa inggris dan seorang guru bahasa inggris di sekolahnya. Aku menonton ini alasannya ialah dibintangi oleh Komatsu Nana LOL.
  • Blue Spring Ride / Ao Haru Ride – kisah sahabat masa Sekolah Menengah Pertama yang bertemu kembali di Sekolah Menengan Atas yang sama, tapi sang laki-laki sikapnya sudah berubah dari ketika Sekolah Menengah Pertama dulu. Sang gadis terus berusaha mendekatinya dan kembali mengingat perasaan cinta mereka ketika SMP. Aku tertarik menonton ini alasannya ialah animenya bagus, tapi Kou versi anime lebih bikin baper daripada versi movie. Tapi tentu saja Masahiro Higashide ialah alasan utama saya menuntaskan movie ini LOL.
  • Say, I Love You / Sukitte Ii na yo – kisah cinta laki-laki paling terkenal disekolah dan seorang gadis yang tidak punya sahabat alasannya ialah beliau pendiam. Ceritanya cukup cepat alasannya ialah mereka berdua karenanya pacaran dan banyak duduk kasus gres yang muncul, termasuk rasa iri pada sang gadis. Tidak sebagus animenya, tapi lumayanlah.
  • From me to You / Kimi ni Todoke – kisah seorang gadis yang wajahnya ibarat sadako dan ditakuti dikelas alasannya ialah dianggap pembawa kutukan dan seorang anak laki-laki terkenal dikelas yang tertarik padanya. Ini movie wajib ditonton bagi penggemar romance movie dan bagi newbie dalam movie jepang hehehehhehe.
  • Orange – seorang gadis yang menemukan surat dari dirinya di masa depan, memintanya untuk mengubah nasibnya dengan menyelamatkan seorang siswa pindahan yang akan pindah ke kelas-nya hari itu. Tao dan Kento cocok banged, banged banged banged XD
  • Strobe Edge – bisa saya bilang ini tema movienya ialah mengasihi pacar orang HAHAHAHHA. Karena sang gadis menyukai seorang laki-laki yang sudah punya pacar, ia menyatakan perasaan meski ia tahu akan hal itu dan meski ia ditolak, ia tetap ingin berteman dengan laki-laki itu dan masih mencintainya.
  • L-DK – Seorang gadis yang menantang siswa paling terkenal di sekolahnya, alasannya ialah si laki-laki menolak cinta temannya dengan kasar, tapi berakhir dengan kenyataan kalau mereka berdua ternyata tinggal di apartemen yang sama. Sang gadis tak sengaja membuat kekacauan di apartemen si laki-laki dan si laki-laki terpaksa tinggal di apartemen Aoi hingga kamarnya selesai diperbaiki.
  • We Were There / Bokura ga Ita Part 1 – Kisah cinta polos dua sejoli ketika masa Sekolah Menengan Atas mereka. Kisah cinta di Part 1 sangat manis, ala-ala anak Sekolah Menengan Atas gitu, tapi mereka kemudian harus berpisah alasannya ialah sang laki-laki harus pergi dari desa itu. Teaser drama ini ialah alasan saya excited menantikannya, tapi movienya tidak exciting teasernya lol.
  • Wolf Girl and Black Prince – seorang gadis yang berbohong pada temannya kalau ia punya pacar dan menyampaikan sebuah foto random pada mereka, dan ternyata laki-laki di foto itu satu sekolah dengannya dan ialah siswa terkenal di sekolah.
  • Senpai to Kanojo – Seorang gadis yang gres menjalani masa SMA-nya, masuk ke sebuah klub ‘aneh’ alasannya ialah ia menyukai si senpai yang ternyata tak bisa melupakan senpai-nya yang sudah lulus.
  • Half-Way –  kisah cinta antara sepasang kekasih ketika Sekolah Menengan Atas dan masalah-masalah mereka, dimana sang gadis ingin masuk ke sebuah universitas di kota dan si laki-laki tidak. Aku bahwasanya udah agak lupa ini film ceritanya gimana, tampaknya perlu nonton ulang, alasannya ialah saya nonton movie ini sekitar 6 tahun kemudian HAHAHAHAAH.
  • Love for Beginners – seorang gadis yang jatuh cinta pada laki-laki terkenal di sekolahnya, mereka berdua punya nama yang sama. Ia gadis yang kuno dan tidak punya pengalaman pacaran sementara si laki-laki terkenal playboy.
  • The Graduates / Lemon no Koro – kisah beberapa siswa Sekolah Menengan Atas di tahun terakhir mereka. Tentang seorang gadis yang ingin memulai relasi gres dengan seseorang yang ternyata sahabat mantan kekasihnya dan ia harus ke Tokyo untuk melanjutkan kuliah. Seorang gadis yang menyukai musik dan jatuh cinta pada seorang laki-laki yang mengerti akan impiannya itu, tapi si laki-laki sudah punya pacar.
  • My Pretend Girlfriend – seorang gadis yang menjadi pacar kedua seorang anak laki-laki terkenal di sekolahnya, alasannya ialah si laki-laki itu sudah punya pacar. Ia tak peduli menjadi yang kedua asalkan ia bisa pacaran dengannya. Untuk merahasiakan hal itu, ia memaksa salah satu temannya untuk berpura-pura menjadi pacarnya. Movienya cukup menarik, saya menontonnya alasannya ialah ada Osamu Mukai sih hehehehhehe.
  • My Love Story!! – seorang siswa Sekolah Menengan Atas yang bertubuh besar ibarat orang remaja tidak percaya diri akan relasi percintaan alasannya ialah gadis yang ia suka selalu berakhir dengan menyukai sahabatnya. Ia kemudian jatuh cinta pada seorang gadis mungil sesudah membantu menyelamatkan gadis itu dari laki-laki mesum dan berjanji mendukung percintaan si gadis dengan sahabatnya.
  • Touch – seorang gadis yang berteman dengan si kembar dari tim baseball, rumah mereka berdekatan. Mereka berjanji pada sang gadis akan membawanya ke koushien. Tapi semuanya berubah sesudah salah satu si kembar meninggal dunia.
  • The Black Devil and White Prince – seorang gadis yang ingin berubah dari gadis kuno ke gadis modern, pindah ke sebuah asrama ketika ia memasuki dunia Sekolah Menengan Atas dan menjadi budak salah seorang penghuni asrama yang merangkap menjadi ketua asrama disana.
  • Enoshima Prism – menonton ini alasannya ialah Shunei Nomura dan Fukushi Sota. Menceritakan perihal 3 sahabat semenjak Sekolah Menengan Atas dan salah satu dari mereka meninggal dunia dan mengubah semuanya. Ia mendapat kesempatan kembali ke masa kemudian untuk mengubah masa depannya dan menemukan fakta bahwa ingatan perihal dirinya akan terhapus jikalau ia mengubah masa lalu.
  • A Gentle Breeze at the Village – Tentang para siswa di sebuah pedesaan, dimana sekolah mereka SMA, Sekolah Menengah Pertama dan SD bergabung dan kalau nggak salah para siswanya hanya 5-6 orang. Hanya ada 1 siswi Sekolah Menengan Atas disana, kemudian seorang anak gres dari kota pindah kesana, duduk di dingklik SMA. Sang gadis bahagia alasannya ialah karenanya beliau punya sahabat sekelas.
  • Yell for the Blue Sky / Aozora Yell – perihal dua sejoli yang bertemu di hari pertama masuk SMA, seorang gadis pemalu dan seorang anak laki-laki dengan senyuman manis, membuat kesepakatan kalau mereka akan ke koushien bersama-sama. Sang gadis masuk ke klub brass grup band sekolah meski ia ialah pemula dan si anak laki-laki masuk klub base ball sekolah mereka. mereka sama -sama berjuang menggapai impian dan kesepakatan mereka, saling menyemangati satu sama lain.
  • Your Lie in April / Shigatsu Kimi no Uso – Seorang jenius piano yang tidak bisa mendengar bunyi painonya lagi. Suatu hari seorang gadis masuk dalam kehidupannya dan memaksanya untuk bermain piano lagi. Tapi si gadis punya banyak kebohongan, kenapa ia muncul di hadapan si anak laki-laki itu.
  • Heroine Disqualified / No Longer Heroine – seorang gadis yang merasa dirinya heroine dalam kehidupan percintaannya, ia menyukai sahabat masa kecilnya, tapi harus mendapatkan kenyataan temannya pacaran dengan gadis lain dan ia menyadari kalau ia hanya aktor pembantu. Kemudian seorang siswa terkenal malah tiba mendekatinya dan tertarik padanya. Yang bikin seru di movie ini ialah imajinasi si tokoh utama perempuan HAHHAAHA.
  • High School Debut – Tentang seorang gadis yang ingin punya pacar dan karenanya menemukan seseorang yang bisa mengajarinya untuk mendapatkan pacar, dengan syarat jangan jatuh cinta padanya. Tentu saja kalian tahu karenanya bagaimana hahahhahahah.
  • Silver Spoon – bahwasanya ini nggak banyak romancenya, tapi mengambil latar belakang sekolah dan uniknya, ini perihal sekolah pertanian. Idenya bagus. 
  • One Week Friend –  seorang gadis yang ingatannya hanya bertahan 1 ahad dan seorang anak laki-laki yang ingin berteman dengannya. Disini Yamaken jadi anak kalem yang nggak terkenal tapi bikin baper. Chemistrynya sama Haruna Kawaguchi lumayan, sayang endingnya friendzone HAHAHAHA
  • ReLIFE – seorang laki-laki 27 tahun diberi kesempatan untuk mengulang kehidupan SMA-nya dan ia menjadi anak Sekolah Menengan Atas 17 tahun, menemukan sahabat gres dan jatuh cinta. Sebuah kisah perihal masa muda.
  • Hirunaka no Ryuusei / Daytime Shooting Star – kisah seorang gadis desa yang pindah ke Tokyo, ia jatuh cinta pada guru yang merupakan sahabat pamannya, tapi sang guru menolaknya dan ia menemukan cinta-nya yang baru, sahabat sekelasnya yang duduk disampingnya, yang sangat pemalu kalau didekat wanita.
  • Peach Girl – seorang gadis yang kulitnya lebih gelap dari anak perempuan lainnya dan ia tidak mempunyai sahabat alasannya ialah rumor buruk perihal dirinya yang merupakan playgirl. Ia menyukai temannya semenjak Sekolah Menengah Pertama dan seorang anak laki-laki lebay mendekatinya.

Bagi yang menyukai ‘Drama-Romance’ movie:

  • We Were There / Bokura ga Ita Part 2 – lanjutan dari part 1 dimana mereka menjalani relasi jarak jauh tapi tidak berjalan lancar dan karenanya berpisah. Tapi rasa cinta itu masih ada dan mempersatukan mereka kembali.
  • Hanamizuki – kisah cinta dua sejoli ketika SMA, dimana sang gadis punya impian suatu ketika nanti ingin keluar dari desanya dan masuk ke sebuah universitas. Sementara itu sang laki-laki tidak terlalu pandai dan ia ingin meneruskan bisnis nelayan ayahnya. Pada karenanya keduanya berpacaran dan menjalani relasi jarak jauh
  • I Just Wanna Hug You / Dakishimetai – kisah cinta antara seorang gadis cacat tapi punya semangat yang tinggi dan seorang supir taksi. Kisah cinta mereka sederhana tapi menuju jalan yang serius hingga karenanya keduanya menikah. Aku suka lead female-nya, meski ia cacat tapi ia selalu percaya diri dan tidak lemah.
  • Evergreen Love – kisah perihal seorang gadis yang hidup sendiri dan menampung seorang laki-laki yang gres ia kenal dan tidak punya rumah. Si laki-laki menyukai tumbuhan dan berakal memasak. Karena sang gadis memintanya tinggal di rumahnya, si laki-laki setuju, tapi hanya 6 bulan saja. Movie yang secara mengejutkan sangat saya sukai, ceritanya mengalir dan makanannya itu lho, bikin lapeeeer.
  • Su-ki-da / Dear Blue – perihal seorang gadis yang menyukai seorang anak laki-laki satu sekolah dengannya. Sang gadis sering melihat laki-laki itu bermain gitar di pinggir sungai (?) dan ia bahkan mengambil inisiatif untuk duduk bersamanya disana. Anak laki-laki itu sering menyanyikan satu lagu tapi hanya beberapa bait saja.
  • Paradise Kiss – perihal seorang gadis yang selaluu dituntut untuk mendapat nilai terbaik oleh ibunya, suatu hari secara tidak sengaja ia bertemu kelompok ‘orang aneh’ yang ternyata designer dari sebuah universitas seni. Ia dipaksa menjadi model mereka untuk pameran alasannya ialah sang designer sendiri merasa kalau si gadis ialah muse-nya.
  • Clover – kisah cinta seorang pegawai dan bos-nya yang kaku. Aku mencoba menonton movie ini alasannya ialah Takei Emi.
  • Love Letter – seorang perempuan gres kehilangan kekasihnya dan ia mengirim surat ke alamat rumah usang keluarga kekasihnya, ia terkejut alasannya ialah beberapa hari kemudian ia mendapatkan jawaban atas suratnya. Ia menemukan fakta bahwa wajahnya ibarat dengan sahabat masa Sekolah Menengan Atas kekasihnya  yang namanya sama dengan nama gadis itu. Kisah masa Sekolah Menengan Atas beliau Itsuki benar-benar bikin baper XD
  • Beyond the Memories / Kiyoku Yawaku – kisah antara laki-laki dan perempuan yang mempunyai luka dalam mengenai kisah cinta masa remaja mereka, dan mereka tak bisa melupakanya. Mereka dipertemukan dan mulai membuka hati satu sama lain, berharap mereka bisa mengibati luka hati masing-masing. Alasan saya menonton movie ini bahwasanya alasannya ialah Furukawa Yuki lho HAHAHAHHA.
  • The Girl in Sunny Place / Hidamari no Kanojo – saya menonton movie ini alasannya ialah Ueno Juri dan Matsumoto Jun. Menceritakan perihal dua sahabat masa Sekolah Menengah Pertama yang bertemu kembali ketika mereka sudah memasuki dunia kerja. Sang gadis yang dulu dibully ketika Sekolah Menengah Pertama kini bahkan lebih sukses darinya. Awalnya saya tidak tahu apa-apa tentag movie ini dan cukup kaget alasannya ialah genre-nya menjelma fantasy HAHAHHA.
  • Rainbow Song – dua orang yang berkenalan dan bertemu secara tidak sengaja, memulai relasi dari stalker, berteman, membuat film bersama-sama, hingga karenanya mereka bersahabat. Tapi sang gadis menyukai si laki-laki meski si laki-laki tidak menyadarinya, hingga karenanya sesudah sang gadis pergi meninggalkannya. Ini movie sangat unik, saya suka.
  • I Have to Buy New Shoes – kisah movie ini mengambil latar belakang kota Paris. Dimana seorang fotografer bersama adiknya pergi ke Paris untuk liburan dan adiknya meninggalkannya sendirian, kabur bersama taksi menuju rumah pacarnya. Sang laki-laki yang tak tahu jalan kemudian bertemu dengan seorang perempuan dan tak sengaja menginjak paspor si laki-laki itu hingga rusak.
  • My Rainy Days – seorang siswa Sekolah Menengan Atas yang menjual tubuhnya untuk mendapatkan uang dan mencari anak gres untuk dijadikan psk, jatuh cinta pada seorang dosen sejarah.
  • Yellow Elephant –  kisah cinta unik perihal seorang gadis yang bisa mendengar bunyi flora dan hewan, bertemu dengan seorang laki-laki patah hati yang mengajaknya menikah dihari pertama mereka bertemu dan ia menerimanya, hanya alasannya ialah mereka sama-sama menyukai bulan kuning dimalam pertama mereka bertemu.
  • Heavenly Forest / Tada Kimi wo Aishiteru – seorang laki-laki yang punya penyakit kulit, sulit baginya mendekati orang lain alasannya ialah salep obat yang ia gunakan bau. Ia bertemu dengan seorang gadis yang kesulitan menyeberang. Ia nyaman bersama gadis itu dan mereka mulai berteman. Keduanya menyukai fotografi dan punya tempat rahasia sendiri.
  • Hot Road – seorang gadis yang tidak diperhatikan ibunya alasannya ialah ibunya sibuk dengan pacar barunya dan seorang laki-laki yang keluar dari rumah, anggota geng motor yang akan menjadi pemimpin geng motor generasi berikutnya. Mereka berdua saling tertarik dan menemukan kenyamanan dalam relasi mereka.
  • Only You Can Hear Me – kisah seorang gadis yang tidak berakal bersosialisasi dan kesulitan bicara didepan umum sehingga ia tak punya teman, suatu hari mendapatkan telpon dari hp mainan milik adiknya. Ia bicara pada laki-laki di telpon dan sering curhat dengannya. Dan ternyata si laki-laki itu ialah laki-laki bisu.
  • Forget me Not – seorang agdis tiba-tiba muncul di hadapannya dan mengajaknya berteman, sang gadis ternyata punya penyakit dimana ia orang akan melupakan dirinya sesudah sehari. Sang laki-laki berusaha terus untuk tidak melupakan sang gadis.
  • It All Began When I Met You – movie yang mengambil tema dibulan desember dimana kita melihat kisah banyak tokoh perihal kejadian sebelum malam natal. Ada banyak permasalahan dalam movie ini, jadi tidak hanya fokus pada 1 tokoh saja.
  • Oboreru Knife – seorang model amatir di sebuah majalah yang terkenal harus berhenti dari pekerjaannya alasannya ialah keluarganya pindah ke sebuah desa. Ia kemudian tertarik dengan seorang laki-laki berambut pirang yang merupakan anak penjaga desa mereka, alasannya ialah mereka berdua sama sekali tidak takut untuk melewati batas masuk ke tempat terlarang di desa.
  • Tomorrow I Will Date With Yesterday You – mengisahkan pertemuan dua pasangan dimana sang laki-laki jatuh cinta pada pandangan pertama dan semenjak itu mereka semakin dekat. Tapi sang gadis menyimpan sebuah rahasia besar. Fans Fukushi Sota dan Komatsu Nana harus nonton nih.
  • The 100th Love with You persahabatan dua sejoli semenjak masa kecil mereka, mereka berdua menyukai musik dan membentuk sebuah grup band bersama 3 sahabat mereka. Di hari penampilan mereka, program tidak berjalan dengan lancar. Si gadi menghilang dari tempat program dan meninggal dunia. 
  • Kyou no Kira-kun –  awalnya saya low expectation banged sama movie ini, tapi ternyata sangat bagus. Menceritakan perihal seorang anak laki-laki yang sakit jantung semenjak kecil dan diprediksi akan meninggal 1 tahun lagi. Seorang gadis yang menyukainya, berjanji akan selalu berada disisinya hingga ia meninggal. Chemistry Taishi Nakagawa dan Marie Itoyo disini bagus banged!

    

Bagi yang menyukai ‘Romantic-Comedy’ movie:

  • Heroine Disqualified / No Longer Heroine – seorang gadis yang merasa dirinya heroine dalam kehidupan percintaannya, ia menyukai sahabat masa kecilnya, tapi harus mendapatkan kenyataan temannya pacaran dengan gadis lain dan ia menyadari kalau ia hanya aktor pembantu. Kemudian seorang siswa terkenal malah tiba mendekatinya dan tertarik padanya. Yang bikin seru di movie ini ialah imajinasi si tokoh utama perempuan HAHHAAHA.
  • High School Debut – Tentang seorang gadis yang ingin punya pacar dan karenanya menemukan seseorang yang bisa mengajarinya untuk mendapatkan pacar, dengan syarat jangan jatuh cinta padanya. Tentu saja kalian tahu karenanya bagaimana hahahhahahah.
  • Cyborg She – seorang laki-laki yang kesepian dan seorang cyborg yang tiba dari masa depan. Di movie ini, akting Hayase Haruka TOP banged, beliau tanpa emosi dan lucu banged hehehhehe.
  • Lovely Complex / Love.Com – ini movie seru abis, bikin ngakak. Movie ini berkisah perihal gadis paling tinggi dikelas dan anak laki-laki paling pendek di kelas. Mereka sering laga verbal dan bertengkar, pada karenanya mereka membuat taruhan siapa yang paling cepat mempunyai pacar.
  • Blindly in Love – kisah perihal seorang laki-laki yang tidak punya niat menikah dan ingin hidup sendiri selamanya tapi orang tuanya memaksanya ikut perjodohan alasannya ialah khawatir anaknya tidak berakal bersosialisasi. Ia dijodohkan dengan seorang gadis buta. Meski perjodohan berakhir dengan kekacauan, keduanya mencoba saling bertemu kembali sesudah itu.
  • Himitsu no Akko-chan – seorang siswa SD yang ingin cepat dewasa, ia menemukan cermin yang bisa mengubahnya menjadi dewasa. Ia berkenalan dengan manajer dari perusahan kosmetik dan mulai bekerja disana.
  • Ranma Half – ini movie ada actionnya tapi banyak lucunya. Tentang seorang gadis yang sangat hebat beladiri yang dijodohkan ayahnya dengan seorang perjaka yang akan menjelma perempuan jikalau tersiram air. Mereka mencari sumber air yang bisa menghentikan kutukan itu.
  • April Fools – aneka macam kisah yang terjadi pada 1 april. Tentang seorang perempuan yang punya penyakit malu, seorang laki-laki pecandu sex, penculik anak, anak yang tidak disayang orang tuanya, pasangan gay, suami istri yang ingin menikmati hari mereka dengan gaya orang kaya, supir taksi dan lain sebagainya.
  • Bittersweet – ini termasuk romcom perihal makanan, seorang gadis yang tertarik pada seorang laki-laki dan memaksa tinggal bersama di rumah si laki-laki yang ternyata seorang gay + si laki-laki ialah vegeratian sementara sang gadis benci sayuran.

Bagi yang menyukai dongeng kehidupan sehari-hari /slice-of-life movie:

  • A Story of Yonosuke – Menceritakan kehidupan sehari-hari Yokomichi Yonosuke, seorang mahasiswa gres dari pedesaan, pertemuannya dengan orang-orang yang berbeda dan mengubah kehidupan orang-orang tersebut.
  • Daily Live High School Boys – kisah pertemanan 3 siswa Sekolah Menengan Atas khusus laki-laki yang selalu ingin tau akan perempuan dan sekolah mereka yang heboh alasannya ialah tahun ini pameran sekolah mereka akan digabungkan dengan Sekolah Menengan Atas wanita.
  • Twilight: Saya in Sasara – seorang ibu muda yang gres kehilangan suaminya dan menjadi ibu tunggal. Karena orang renta suaminya ingin mengambil anaknya, ia melarikan diri ke desa Sasara dan memulai kehidupan disana. Ia disambut dengan hangat di desa itu, meski kebanyakan awalnya para warga ingin tau padanya. Arwah suaminya mengikutinya dan masuk ke badan orang-orang yang bisa melihatnya untuk bertemu kembali dengan Saya.
  • Kimi to Boku – kisah seorang mangaka dan kucing kesayangannya.
  • Our Little Sister / Umimachi Dairy – 3 abang adik yang mendengar kabar kematian ayah mereka dan mereka mendapatkan seorang adik perempuan baru. Mereka mengajak sang adik untuk tinggal bersama mereka.
  • April Fools – aneka macam kisah yang terjadi pada 1 april. Tentang seorang perempuan yang punya penyakit malu, seorang laki-laki pecandu sex, penculik anak, anak yang tidak disayang orang tuanya, pasangan gay, suami istri yang ingin menikmati hari mereka dengan gaya orang kaya, supir taksi dan lain sebagainya.
  • Usagi Drop – seorang pekerja kantoran yang kembali ke desa alasannya ialah kakeknya meninggal dunia. Ia menemukan kalau kakeknya mempunyai anak berusia 5 tahun dan seluruh keluarga menolak merawatnya. Karena kasihan, ia bersedia merawat anak kecil itu.
  • Bakuman – mengisahkan kehidupan mangaka yang gres memulai serius untuk menulis manga dan bercita-cita untuk menulis manga bagi majalah bulanan shonen jump.
  • Kirishima Thing – menceritakan kehidupan sehari-hari di sebuah sekolah yang menganut sistem kasta dan menghilangnya seorang siswa berjulukan Kirishima yang menghipnotis seluruh siswa disana kecuali klub penelitian film.
  • Still Walking – menceritakan perihal pasangan suami istri yang kembali ke rumah orang renta sang suami untuk mengenang kematian sang kakak. Hubungan sang suami dan ayahnya tidak baik. Movie ini berisi percapakan mereka di rumah, selama membuat makanan, makan malam dan pergi ke makam keesokan harinya.
  • Kiki’s Delivery Service –  seorang penyihir muda yang harus meninggalkan desa penyihir untuk berlatih selama 1 tahun dan menentukan kota dimana penyihir belum pernah singgah disana. Satu-satunya kemampuannya ialah babat dengan sapu terbang dan ia mulai membuka bisnis delivery apa saja, dimana saja dan kapan saja.
  • Umi no Futa – seorang perempuan yang bosan dan lelah dengan kehidupan di Tokyo, kembali ke kampung halamannya dan membuka kedai es serut. Ia bertemu dengan anak sahabat ibunya yang gres kehilangan nenek yang merawatnya.
  • Princess Jellyfish – kisah seorang gadis yang sangat menyukai ubur-ubur, ia tinggal di asrama yang isinya orang-orang dengan penampilan absurd dan mempunyai ketertarikan dengan sesuatu yang absurd juga, pada dasarnya kepribadian mereka berbeda-beda dan mereka tertarik dengan sesuatu yang tidak biasa. Sang gadis membawa pulang seorang gadis, ia pikir sih begitu, ternyata beliau laki-laki yang suka berdandan ibarat seorang pria. Kalau nggak salah mereka dari jurusan fashion designer dan akan melaksanakan fashionshow.
  • One Million Yen Girl – seorang gadis yang berusaha hidup berdikari dengan catatan kriminal dalam dirinya, ia hidup berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain sesudah ia mengumulkan 1 juta yen dari pekerjaan part-timenya.
  • Moriyamachu Driving School –  Pertemuan dua sahabat ketika Sekolah Menengan Atas di sebuah sekolah mengemudi berjulukan Moriyamachu. Kisah ini mengambil latar belakang musim panas selama mereka di sekolah mengemudi hingga mendapatkan SIM.
  • A Gentle Breeze in the Village – kehidupan sehari-hari pasa siswa disebuah sekolah dan sesudah mereka pulang sekolah, disebuah desa terpencil.
  • Wood Job – kisah sehari-hari seorang laki-laki yang awalnya menentukan pekerjaan penebang kayu alasannya ialah tertarik dengan gadis di poster, tapi ia bertahan menjadi penebang kayu yang sebenarnya. Kisah ini menunjukkan kehidupannya selama setahun di desa di pegunungan yang jauh dari keramaian.  
  • The Woodsman and the Rain – kisah kehidupan sehari-hari seorang penebang kayu yang alasannya ialah kebaikannya, ia membantu kru film yang syuting di desa mereka dan karenanya terlibat di dalamnya. Persahabatan unik antara penebang kayu dan sutradara film. Ini movie dibintangi Shun Oguri, wajib ditonton!
  • Sweet Bean – perihal pertemuan 3 orang asing yang bisa mengubah kehidupan masing-masing. Seperti judulnya, ini movie perihal selai kacang merah yang menjadi awal mula kisah ini.
  • Always Sunset on Third Street 1,2,3 – mengambil latahr tahun 50an,seorang gadis berangkat dari desa untuk bekerja di Tokyo. Ia dirawat oleh keluarga bosnya dan bergaul dengan baik bersama para tetangga. Kisah dengan rasa-rasa asadora. 

Movie yang bikin ngakak alias comedy movie dengan sedikit romance di dalamnya:

  • 700 Days of Battle: Us vs the Police – ini movie bikin ngakak perihal geng anak muda yang bertanding dengan polisi. Ini wajib sih ditonton hahahahhhaha.
  • April Fools – aneka macam kisah yang terjadi pada 1 april. Tentang seorang perempuan yang punya penyakit malu, seorang laki-laki pecandu sex, penculik anak, anak yang tidak disayang orang tuanya, pasangan gay, suami istri yang ingin menikmati hari mereka dengan gaya orang kaya, supir taksi dan lain sebagainya. Ini movie juga ada komedianya dan bahwasanya sederhana, tapi ngakak berat.
  • Daily Live High School Boys – kisah 3 sahabat dan para siswa laki-laki sukses membuat tertawa, alasannya ialah ini ibarat mereka pertama kali melihat perempuan LOL.
  • Wood Job – kisah perihal seorang laki-laki yang gagal masuk universitas dan tidak mau menghabiskan satu tahun berguru untuk persiapan ujian, ia memutuskan bekerja dibidang kehutanan alasannya ialah jatuh cinta pada gadis di poster. Ia tipe yang tidak serius dan lemah, bahkan berkali-kali ingin kabur dari pelatihan. Tapi seiring berlalunya waktu, ia menjadi salah satu dari 3 orang yang bertahan sepanjang 1 tahun training kehutanan itu.
  • What A Wonderful Family – sebuah keluarga besar yang terlihat sangat dekat dari luar, tiba-tiba ketika ulang tahun sang istri, sang istri meminta hadiah sebuah perceraian dari suaminya.
  • Princess Jellyfish – ini movie cukup bikin saya ngakak alasannya ialah ulah para tokoh utama yang tinggal di rumah yang sama.
  • The Woodsman and the Rain – dijamin ngakak abis nonton movie ini. Di movie ini nggak ada romacenya tapi seru banged, persahabatan tiba-tiba penebang kayu dan kru film. 
  • Moriyamachu Driving School – ini film romancenya sedikit dan banyak komedinya, bahwasanya sederhana sih tapi entah kenapa saya ketawa-ketawa nonton movienya. 
  • Tokyo Family – kisah slice of life pasangan renta di Tokyo ketika mereka mengunjungi bawah umur mereka yang tinggal di Tokyo. Bertemu cucu sesudah 10 tahun, bergiliran menginap di rumah mereka dan menuntaskan perselisihan antara ayah dan anak.

Bagi yang menyukai movie yang bikin baper, sedih, dan membuat kau menangis tersedu-sedu

  • Sky of Love / Koizora –  Kisah cinta dua sejoli yang berkenalan secara tidak sengaja, saling mencitntai satu sama lain tapi berakhir dengan bencana dan perpisahan yang panjang, tapi pada karenanya mereka dipersatukan kembali.
  • I Give My First Love to You – perihal seorang laki-laki yang mempunyai gangguan penyakit jantung semenjak kecil, ia berjanji akan menikahi anak gadis dokter yang merawatnya. Mereka berjanji terus bersama hingga maut memisahkan.
  • Crying 100 Times: Every Raindrop Falls – menceritakan perihal seorang laki-laki yang mengalami kecelakaan motor dan kehilangan sebagian ingatannya. Ia bertemu dengan seorang gadis dan gadis itu menyukainya, terus mendekatinya dan ingin pacaran dengannya. Pada karenanya sesudah mereka pacaran, sang gadis menghilang dan perlahan ingatan si laki-laki kembali.
  • Be with You – kisah cinta mengharukan antara seorang ayah dan istrinya. Setelah istrinya meninggalkannya dan anaknya, ia bertemu kembali dengan seorang perempuan yang ibarat dengan almarhum istrinya.
  • Tears for You / Nada So So – kisah usaha seorang abang laki-laki untuk adik perempuannya, meskipun mereka bukan saudara kandung. Sang abang sangat mengasihi sang adik dan selalu ingin yang terbaik bagi adiknya. Tapi sang adik kasihan melihat kakaknya bekerja banting tulang setiap hari dan memutuskan meninggalkan rumah sesudah ia diterima di universitas, semoga sang abang tidak mengkhawatirkan biaya hidupnya lagi. Hati-hati ini movie bikin baper akut.
  • Heavenly Forest / Tada Kimi wo Aishiteru  – Aku sudah memasukkan movie ini di kategori lain, tapi movie ini juga akan membuat kau menangis tersedu-sedu di selesai T_T
  • If Cats Dissapear From This World – seorang laki-laki yang menemukan kalau ia akan segera meninggal dunia dan devil yang tiba memperpanjang usianya dengan tanggapan sesuatu dari rumah itu harus hilang dari dunia. Hal ini membawanya kembali ke kenangan masa lalunya, kenangan perihal kekasihnya, temannya, ibunya, ayahnya dan kucing kesayangan mereka.
  • April Fools – saya sudah memasukkan ini di tag comedy movie, tapi bahwasanya ini juga mengandung unsur kisah yang murung didalamnya, lebih tepatnya mengharukan kali ya, hiks.
  • My Little Sweet Pea – seorag gadis yang kembali ke kampung halaman ibunya untuk mengubur bubuk ibunya dan disana ia mendengar kisah masa kemudian ibunya.
  • Crybaby Pierrot’s Wedding – seorang gadis yang punya impian membuat orang lain tertawa dan ia bekerja sebagai badut, bertemu dan jatuh cinta pada seorang pasien dialisis yang tidak pernah tersenyum.
  • Little DJ – seorang anak Sekolah Menengah Pertama yang menyukai baseball alasannya ialah ayahnya menyukai baseball tiba-tiba didiagnosis menderita leukimia. Ia menghabiskan hari di rumah sakit dan menjadi DJ radio khusus rumah sakit itu.
  • Itazura na Kiss The Movie – kayaknya ini udah pada tau ceritanya perihal apa, paling banyak di buat remakenya, perihal gadis terbelakang yang jatuh cinta pada laki-laki paling pandai di sekolahnya, ditolak dalam 1 detik dan ia berakhir tinggal di rumah sang laki-laki idaman itu.
  • Crying Out Love in the Center of the World – kisah pertemuan dua sejoli di masa Sekolah Menengan Atas mereka dimana sang gadis didiagnosis menderita leukimia dan bagaimana ia tidak mau dilupakan oleh kekasihnya. Setelah kekasihnya meninggal, si laki-laki tetap tidak bisa melupakannya bahkan hingga ia bertunangan. 
  • Sweet Beans – inti dari movie ini ialah orang asing yang tiba-tiba tiba dalam kehidupan dan bisa mengubah cara berfikir kita, ditambah dengan bagaimana cara kita menghadapi orang yang mempunyai sebuah penyakit dan diasingkan seumur hidupnya. Sebuah movie sederhana yang bisa menyentuh hati setiap penontonnya.
  • Always Sunset on Third Street 1,2,3 – siapin tissu ini sedihnya lebih ke arah keluarga, dimana orang-orang yang tidak punya relasi menghabiskan waktu bersama dan menjadi keluarga. Movienya sendiri ada 3 season. Maki Horikita disini manis banged XD
  • Tomorrow I Will Date With Yesterday You – ini movie mengambil tema takdir terpahit antara pasangan. Aku yakin kalian akan pusing ketika pertama kali nonton movie ini, nggak fokus sama sekali. Makara sebaiknya nonton lebih dari 2 kali.
  • The 100th Love with You – pada dasarnya seberapa keras kau berusaha, kau nggak akan bisa mengubah masa lalu.Sakaguchi Kentaro berusaha mengubah masa kemudian mengenai kematian sang kekasih, Miwa.
  • Her Love Boils Waterbath – cinta seorang ibu pada anaknya memang tiada duanya. Bahkan pada orang asing yang gres ia temui. Ini movie keren, siapin tissu. Aku menonton movie ini bahwasanya cuma alasannya ialah Hana Sugisaki main disini, nggak nyangka baguuuuuuuus banged.
  • Zenin, Kataomoi – movie ini berisi 8 kisah cinta tak terbalas yang berbeda dan tidak saling berhubungan. Siap-siap patah hati.
  • Tokyo Family – movie perihal keluarga selalu akan membuat kita banjir air mata, saya benar-benar menyukai movie ini dan membuat kita merenung apakah kita pernah melaksanakan hal ibarat itu pada orang renta kita.

Bagi yang menyukai movie perihal usaha sang tokoh utama:

  • Miracle Apples – Menceritakan usaha seorang petani apel yang memulai bertani dengan cara organik demi istrinya yang sakit-sakitan alasannya ialah alergi pestisida, sementara ketika itu belum ada lahan pertanian organik di wilayahnya sama sekali.
  • Flying Colors –  kisah perihal seorang gadis yang cukup pembangkang di sekolah, ia mewarnai rambutnya menjadi pirang, ia mendapat nilai rendah dan suka hura-hura. Suatu hari ia membuat keputusan untuk masuk ke Universitas Tokyo alasannya ialah permasalah keluarganya. Ia berjuang selama 1 tahun untuk masuk ke universitas Tokyo.
  • The Eternal Zero / Eien no Zero – Mengambil latar perang dunia II, salah satu prajurit perang yang harus meninggalkan istrinya untuk berperang.
  • Little DJ – seorang anak Sekolah Menengah Pertama yang menyukai baseball alasannya ialah ayahnya menyukai baseball tiba-tiba didiagnosis menderita leukimia. Ia menghabiskan hari di rumah sakit dan menjadi DJ radio khusus rumah sakit itu.
  • The Great Passage – usaha para pembuat kamus dalam membuat sebuah kamus baru. Kisah yang menyentuh dan menghangatkan hati, membuat kita berfikir untuk lebih menghargai kamus dan buku-buku.
  • Oshin – usaha seorang gadis dari keluarga miskin yang harus menjadi pembantu di usianya yang masih kecil, menghadapi majikannya yang memperlakukannya tidak baik. Tapi ia tidak menyerah, ia berjuang untuk hidupnya dan perlahan-lahan ia berguru membaca dan menulis. Movie ini diangkat dari kisah kasatmata yang pernah dijadikan drama tv oleh NHK.
  • Moshidora – usaha tim baseball sebuah sekolah yang tidak punya rasa percaya diri untuk menang dalam pertandingan alasannya ialah mereka tim yang lemah.
  • Wood Job – kisah usaha seorang laki-laki biasa-biasa saja yang tiba-tiba harus bekerja sebagai penebang kayu dan tinggal 1 tahun di sebuah desa terpencil di gunung.
  • Sweet Beans –  Perjuangan sang tokoh utama kita, seorang laki-laki agak angker membuka bisnis dorayaki, seorang gadis Sekolah Menengah Pertama biasa yang ingin melanjutkan SMA, seorang nenek yang ingin menjalani kehidupan normal.
  • The Woodsman and The Rain – usaha seorang tukang kayu yang menjadi tim produksi sebuah film.
  • Chihayafuru Part 1 dan Part 2 – perihal 3 sahabat semenjak kecil yang suka bermain karuta tapi satu diantara mereka berpisah, sang gadis tidak mengalah dan berusaha untuk bermain karuta sendirian dan ia mengumpulkan teman-teman di Sekolah Menengan Atas untuk bermain bersamanya membentuk tim.
  • Silver Spoon – usaha para siswa di Sekolah Menengan Atas pertanian, demi impian mereka. 
  • Let’s Go Jets –  usaha seorang gadis dan tim cheerdance-nya untuk meraih juara dunia. Mereka mendapat banyak kesilitan ibarat berkurangnya anggota, guru mereka yang melatih dengan sangat kejam, klub hampir dibubarkan dan sang gadis yang kesulitan untuk berkembang. Disisip dengan kisah cinta sederhana antara Hirose Suzu dan Mackenyu Arata.
  • Haruchika / Bring on The Melody – usaha seorang gadis disebuah klub musik instrumental untuk bisa menyusul teman-temannya, alasannya ialah perkembangannya sangatlah lambat.
  • Somebody / Nanimono – kisah para fresh-graduate dalam mencari pekerjaan. Movie ini bintangnya keren-keren, ada Takeru Satoh, Kasumi Arimura, Suda MAsaki, Fumi Nikaido, Masaki Okada dll.
  • March Comes in Like A Lion 1&2 – Kisah seorang pemain shogi profesional berbakat yang tidak disukai oleh orang disekitarnya dan selalu sendirian, suatu hari bertemu dengan sebuah keluarga yang sangat baik padanya.

Bagi yang menyukai movie perihal pencarian jati diri:

  • One Million Yen Girl – pencarian jati diri seorang gadis yang gres saja keluar dari penjara dan berjuang dengan catatan kriminal dalam dirinya. Ia berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya. 
  • Wood Job – seorang anak yang gagal masuk universitas tertarik bekerja di hutan alasannya ialah gadis poster sangat cantik. Ia terlihat lemah pemalas dan tidak serius tapi ia berhasil menemukan apa yang ingin ia lakukan selanjutnya. 
  • Maestro – seorang pemain biola pro sebuah orkestra yang selalu ditolak oleh orkestra lain padahal orkestra mereka sudah dibubarkan. Ia kemudian bergabung dengan anggota  orkestra lamanya yang sudah renta dan tak punya cukup bakat, alasannya ialah seruan seseorang dan mulai bermain musik bersama-sama. 
  • Little Forest Summer, Autumn, Winter, Spring – seorang gadis yang kembali ke kampung halamannya di desa alasannya ialah ia trauma dengan kehidupan kota. Ia tinggal sendirina, bertani, mengurus sawah, memasak dan lain sebagainya sambil mengingat ibunya dan ia melawan pertarungan dalam dirinya sendiri. 
  • Moriyamachu Driving School – seorang mahasiswa yang ingin berkeliling untuk menjadi penulis dan seorang yakuza yang masih ragu apakah ia harus berhenti atau tidak, bertemu secara tidak sengaja dan sama-sama mengambil les mengemudi di sebuah sekolah mengemudi. Mereka ialah mantan sahabat SMA. 
  • The Woodsman and the Rain – seorang penebang kayu yang menjalani kehidupan sama setiap hari dan sutradara yang tidak bersemangat, tidak percaya diri dan ingin kabur dari sebuah tim produksi  film. 
  • Sweet Beans – pencarian jati diri seorang laki-laki yang tidak menyukai masakan manis tapi terpaksa membuka bisnis dorayaki. Ia menjalani kehidupan dengan pencarian untuk apa ia hidup selanjutnya.
  • Departures – seorang pemain cello dari orkestra pro yang kembali ke kampung halamannya dan memulai kehidupan gres dimana ia bekerja sebagai pengurus jenazah. Ini film keren banged!
  • Silver Spoon – pencarian jati diri seorang siswa dari sekolah ternama yang memutuskan melanjutkan ke Sekolah Menengan Atas pertanian alasannya ialah Sekolah Menengan Atas itu ada asramanya. Ia masuk kesana untuk melarikan diri dari tuntutan ayahnya akan prestasinya. 

Bagi yang menyukai movie yang berlatar belakang kehidupan pedesaan / movie dengan pemandangan yang indah:

  • A Gentle Breeze at the Village – Tentang para siswa di sebuah pedesaan, dimana sekolah mereka SMA, Sekolah Menengah Pertama dan SD bergabung dan ada seorang siswa pindahan gres disana.
  • Little Forest Summer & Autumn dan Winter & Spring – Tentang kehidupan seorang gadis di sebuah desa yang jauh dari keramaian, bertani, bercocok tanam, memasak dan lain sebagainya.
  • Miracle Apples – Menceritakan usaha seorang petani apel yang memulai bertani dengan cara organik demi istrinya yang sakit-sakitan alasannya ialah alergi pestisida, sementara ketika itu belum ada lahan pertanian organik di wilayahnya sama sekali.
  • Wood Job – kisah perihal seorang laki-laki yang gagal masuk universitas dan tidak mau menghabiskan satu tahun berguru untuk persiapan ujian, ia memutuskan bekerja dibidang kehutanan alasannya ialah jatuh cinta pada gadis di poster. Ia tipe yang tidak serius dan lemah, bahkan berkali-kali ingin kabur dari pelatihan. Tapi seiring berlalunya waktu, ia menjadi salah satu dari 3 orang yang bertahan sepanjang 1 tahun training kehutanan itu.
  • Yellow Elephant – mengambil latar di pedesaan, perihal pasangan suami istri yang gres menikah dan pindah ke desa.
  • I Have to Buy New Shoes – mengambil latar belakang dongeng di kota Paris. Pastinya indah donk ya^^
  • Oboreru Knife – mengambil lokasi di pedesaan tepi pantai yang sangat memanjakan mata, dan lagi cara pengambilan gambarnya sangat menarik. Menceritakan seorang model manis yang pindah ke desa alasannya ialah orang tuanya dan bertemu seorang laki-laki pirang di tempat terlarang di desa.
  • Heavenly Forest – lokasi syuting di hutannya sangat indah, saya menyukai tempat rahasia OTP di movie ini. 
  • The Woodsman and The Rain – Mengambil lokasi syuting di pedesaan, hutan, sungai, padang rumput, pokoknya pemandangannya menyejukkan hati.
  • Silver Spoon – pemandangan pedesaan dan peternakan sangat kental disini alasannya ialah temanya sendiri perihal Sekolah Menengan Atas pertanian.  
  • Zenin, Kataomoi – dalam movie ini ada 8 dongeng dan beberapa diantaranya mengambil lokasi syuting di pedesaan dengan pemandangan yang indah.

Bagi yang menyukai movie dengan tema musik yang memanjakan telinga:

  • Control Tower – menceritakan perihal dua anak muda, seorang anak laki-laki yang merasa kehidupannya membosankan dan seorang gadis yang bersemangat untuk melaksanakan sesuatu. Keduanya menyukai musik dan mulai membuat lagu.
  • Solanin – perihal seorang gadis yang kehilangan kekasihnya dan menyembuhkan rasa kehilangannya dengan bermain musik.
  • Swing Girls – para siswa kelas komplemen di musim panas yang tiba-tiba harus menjadi anggota brass grup band sekolah dan pada karenanya mereka membuat kelompok brass grup band sendiri alasannya ialah mereka menyukai musik jazz.
  • Yell for the Blue Sky / Aozora Yell – perihal dua sejoli yang berjanji akan saling mendukung di koushien, dimana salah satunya ialah pemain baseball dan salah satunya akan masuk ke kelompok brass grup band sekolah.
  • Midnight Sun / Taiyou no Uta – kisah cinta antara seorang gadis yang punya penyakit alergi matahari, jadi malam ialah siang baginya dan seorang anak laki-laki dimana si gadis sering belakang layar mengintip anak itu dari rumahnya. Sang gadis menyukai musik.
  • The Liar and His Lover – perihal seorang laki-laki yang trauma dengan dunia entertaiment yang bertemu dengan seorang gadis yang sangat menyukai musik dan punya impian suatu hari ia bisa rekaman bersama band-nya.
  • Have a Song on Your Lips – seorang pemain piano yang kembali ke kampung halamannya alasannya ialah ia tak bisa bermain piano lagi, menjadi guru sebuah paduan bunyi sekolah dan menghadapi aneka macam permasalahan para siswanya yang tetap ingin menyanyi meski mengalami kehidupan yang sulit.
  • Linda Linda Linda –  sebuah kelompok grup band sekolah yang akan melaksanakan pertunjukan 3 hari lagi di pameran sekolah, tapi mereka tidak punya vocalist dan secara random menentukan siswi pertukaran pelajar dari Korea untuk menjadi vocalist mereka.
  • Sing Salmon Sing!! – seorang gadis yang sangat suka menyanyi, ia berfikir ia kelihatan anggun ketika menyanyi. Tapi suatu hari laki-laki yang ia sukai menyampaikan ia ibarat salmon yang sedang bertelur ketika sedang menyanyi dan ia kehilangan rasa percaya dirinya.
  • Maestro – yang suka musik klasik, ini cocok banged. Alunan musik klasik disebuah orkestra memanjakan telinga. 
  • Your Lie in April – dengan tema musik klasik, seorang gadis yang pemain biola dan anak laki-laki pemain piano, membuat kenangan mereka sendiri. 
  • The 100th Love with You – Ada banyak lagu-lagu bagus disini alasannya ialah temanya perihal sebuah kelompok band. Apalgi bunyi Miwa yang merdu, adem. 
  • Haruchika / Bring on The Melody –  mengambil kisah mengenai sebuah klub musik instrumental yang sudah bubar, seorang gadis yang menyukai musik mencoba menghidupkan klub kembali bersama sahabat masa kecilnya.

Bagi kau yang menyukai movie perihal ‘friendship/persahabatan’ :

  • Orange – ini movie rasa persahabatannya cukup kental, alasannya ialah tema utamanya ialah menyelamatkan sahabat mereka yang akan meninggal.
  • Hana and Alice – mengisahkan persahabatan Hana dan Alice, kehidupan mereka di sekolah, di tempat les balet mereka dan juga duduk kasus percintaan mereka. Masalah cinta mereka lucu, Hana menyukai seorang laki-laki yang mengalami amnesia dan menyampaikan kalau ia ialah pacarnya.Untuk membuat laki-laki itu makin yakin, ia meminta Alice berbohong, menjadi mantan pacar si laki-laki itu. Tapi siapa sangka si laki-laki malah jatuh cinta pada Alice.
  • Control Tower – ini movie juga perihal persahabatan. Aku malah merasa tampaknya dua tokoh utama saling menyukai lebih ke arah persahabatan dari pada cinta.
  • A Gentle Breeze at the Village – persahabatan dari aneka macam golongan usia, dari anak SD, Sekolah Menengah Pertama dan SMA
  • Daily Live High School Boys – kisah pertemanan 3 siswa Sekolah Menengan Atas khusus laki-laki yang selalu ingin tau akan perempuan dan sekolah mereka yang heboh alasannya ialah tahun ini pameran sekolah mereka akan digabungkan dengan Sekolah Menengan Atas wanita.
  • Chihayafuru – mengambil latar belakang permainan karuta sebagai tema utamanya. Seorang gadis yang berusaha menghidupkan klub karuta di sekolahnya, demi janjinya pada sahabatnya yang berpisah dengannya ketika masih SD.
  • Honey and Clover – kisah persahabatan para mahasiswa seni dari angkatan yang berbeda. Tentang impian, masa depan dan kisah cinta yang menyentuh hati. Kalau di versi animenya sih saya bilang romance paling menyakitkan alasannya ialah semua tokoh patah hati HAHAHHAHAHHA.
  • Enoshima Prism – menonton ini alasannya ialah Shunei Nomura dan Fukushi Sota. Menceritakan perihal 3 sahabat semenjak Sekolah Menengan Atas dan salah satu dari mereka meninggal dunia dan mengubah semuanya. Ia mendapat kesempatan kembali ke masa kemudian untuk mengubah masa depannya dan menemukan fakta bahwa ingatan perihal dirinya akan terhapus jikalau ia mengubah masa lalu.
  • Moriyamachu Driving School – persahabatan dua sahabat Sekolah Menengan Atas yang hanya pernah ngobrol sekali dan bertemu lagi beberapa tahun kemudian dan sama-sama mengambil les mengemudi. 
  • The Woodsman and the Rain – persahabatan unik seorang penebang kayu yang tertarik dengan dongeng film dimana kru film sedang syuting di desa mereka dan seorang sutradara film yang tidak percaya diri, lemah, terabaikan dan ingin kabur dari pembuatan film tersebut. 
  • Haruchika / Bring on The Melody – persahabatan antara sahabat masa kecil dan anggota klub musik instrumental.
  • The 100th Love With You – persahabatan antara sahabat masa kecil dan sahabat satu universitas yang membentuk sebuah band.
  • ReLIFE – persahabatan antara seorang laki-laki yang diberi kesempatan mengulang masa SMA-nya dan teman-teman sekelasnya.
  • Let’s Go Jets – persahabatan para anggota klub cheerdance.
  • One Week Friends – movie ini perihal bagaimana menjadi teman, seorang laki-laki yang terus berusaha menjadi sahabat seorang gadis yang selalu menolak menjadi temannya.

Bagi kau yang menyukai movie perihal makanan:

  • Evergreen Love – kisah perihal seorang gadis yang hidup sendiri dan menampung seorang laki-laki yang gres ia kenal dan tidak punya rumah. Si laki-laki menyukai tumbuhan dan berakal memasak. Karena sang gadis memintanya tinggal di rumahnya, si laki-laki setuju, tapi hanya 6 bulan saja.
  • Little Forest Summer & Autumn dan Winter & Spring – Tentang kehidupan seorang gadis di sebuah desa yang jauh dari keramaian, bertani, bercocok tanam, memasak dan lain sebagainya.
  • Bittersweet – Tokoh utama di movie ini ialah vegetarian dan gay, sementara sang gadis memaksa tinggal dirumah laki-laki itu dengan syarat kalau si gadis harus makan semua masakan yang ia masak. si gadis sangat membenci sayuran tapi jikalau laki-laki itu yg masak, ia jadi menyukainya. 
  • Sweet Beans –  yang suka dorayaki dan selai kacang merahnya, ayo nonton ini^^ 
  • Zenin, Kataomoi – ada 8 kisah dalam movie ini dan kisah Asahan no Yuge makanannya bikin lapeeeeeeeer.

Bagi yang menyukai movie mistery/crime/fantasy/action :

  • Time Traveller – perihal seorang gadis yang bisa kembali ke masa kemudian / menjelajahi waktu. Aku menonton movie ini alasannya ialah saya suka animenya, ternyata movienya berbeda dengan animenya. Kalau di versi movie sang gadis ibarat ingin menemukan sesuatu di masa lalu.
  • Death Note – kisah perihal pemilik buku kematian yang awalnya hanya ingin memberi pelajaran pada kriminal jahat tapi kemudian keserakahan membuatnya ingin menguasai dunia.
  • Rurouni Kenshin – Kenshin Himura, seorang pembunuh berdarah cuek yang sudah pensiun dan tidak ingin membunuh lagi. Ia berkelana dengan pedang tumpulnya, tapi orang-orang mengenalinya alasannya ialah luka di wajahnya yang terkenal. IA harus menghadapi musuh-musuhnya yang ingin balas dendam. Dan perjalannya membawanya berkenalan dengan Kaori, seorang gadis pemilik dojo.
  • Boku Dake Ga Inai Machi seorang laki-laki dituduh membunuh ibunya sendiri, tiba-tiba kembali ke masa lalu, masuk ke badan dirinya yang berusia 10 tahun. Ia mulai mengungkap duduk kasus salah satu sahabat sekelasnya yang mengalami kekerasan dalam rumah tangga.
  • Crows Explode – bagi yang suka movie action nih. Aku menonton alasannya ialah Higashide MAsahiro sih, meski saya kurang ngerti juga ini movie perihal apa. Tapi keren juga ada sekolah Sekolah Menengan Atas kayak gitu HAHHAHAH.
  • Detective Conan Live Action Movie – Bagi yang suka movie detective, saya rasa kalian harus mencobanya. Tentu saja yang suka anime/manga detective conan, tidak ada salahnya mencoba melihat live actionnya.
  • Ranma Half – ini movie ada actionnya tapi banyak lucunya. Tentang seorang gadis yang sangat hebat beladiri yang dijodohkan ayahnya dengan seorang perjaka yang akan menjelma perempuan jikalau tersiram air. Mereka mencari sumber air yang bisa menghentikan kutukan itu.
  • Oboreru Knife – bahwasanya ini ga bisa dibilang masuk ke genre ini sih, tapi bagi saya sendiri ini movie penuh misteri, hahahahaahahah
  • Ikari / Rage – sebuah pembunuhan keji terjadi di sebuah rumah dan pelakunya berhasil melarikan diri, setahun kemudian 3 orang asing ibarat pelaku muncul di tiga tempat berbeda di Jepang. Tapi inti movie ini bahwasanya ialah bagaimana orang-orang menghadapi orang asing yang muncul di lingkungan mereka.

10 J-Movie untuk pemula (Newbie) pilihan admin:

  • Kimi ni Todoke
  • Wood Job
  • Evergreen Love
  • Orange
  • The Liar and His Lover
  • I Give My First Love To You
  • Heavenly Forest
  • Swing Girls
  • Paradise Kiss
  • Usagi Drop

Sepertinyang kalian ketahui, saya tidak terlalu menyukai genre movie yang berat, horror, yang berdarah-darah, haahahaha, alasannya ialah itu harap dimaklumi :’)
Kalau ada rekomendasi kategori, bisa direkomendasikan^^

Continue Reading

More in J-Movie

To Top